Mangaka Jiro Taniguchi Meninggal pada Usia 69 Tahun

February 13, 2017 14:21
Mangaka Jiro Taniguchi Meninggal pada Usia 69 Tahun

Jiro Taniguchi, mangaka veteran yang telah membuat seri terkenal seperti Kodoku no Gourmet, meninggal pada hari Sabtu kemarin pada usia 69 tahun. Keluarganya merencanakan acara pemakaman pribadi untuknya.

Taniguchi lahir di Tottori pada tahun 1947. Setelah bekerja di butik pakaian barat di Kyoto, dia lalu pindah ke Tokyo untuk memenuhi impiannya untuk menjadi mangaka. Pada umur 24 tahun dia memulai debutnya dengan manga Karate Heya, dan terkenal berkat ciri khas gambarnya yang menggunakan line art dan shading tanpa tinta. Manga miliknya umumnya memiliki genre seinen dan menceritakan keseharian orang dewasa.

Taniguchi lalu bekerjasama dengan Natsuo Sekikawa untuk membuat Botchan no Jidai, yang memberikan mereka Tezuka Award dan Japan Excellence Award. Taniguchi lalu bekerjasama dengan Masayuki Kusumi untuk membuat Kodoku no Gourmet, sebuah manga kuliner yang telah mendapatkan adaptasi live action yang masih berjalan sampai hari ini.

Di luar negeri Taniguchi telah mendapatkan nominasi Ignatz Award & Eisner Award. Dia juga telah mendapatkan gelar kesatria dari Ordre des Arts et des Lettres pemerintah Perancis di tahun 2011.

Sumber: ANN

Sorry. No data so far.