Avex Pictures Melarang Pengiriman Untuk Blu-Ray, DVD, dan CD ke Luar Jepang

February 15, 2017 11:32 am
Avex Pictures Melarang Pengiriman Untuk Blu-Ray, DVD, dan CD ke Luar Jepang

Kabar buruk bagi kamu pecinta anime yang dirilis oleh Avex Pictures seperti YURI!! On ICE, One Piece, Osomatsu-san, Wake Up Girls!, Ansatsu Kyoshitsu, dan Noragami Aragoto.

Hari ini pelanggan yang biasa membeli di tempat resmi yang menjual CD, DVD, Blu-Ray dari Jepang untuk dijual ke internasional bernama CD Japan mendapatkan sebuah e-mail yang berisikan bahwa semua produk Avex tidak bisa dikirim ke luar Jepang. Larangan untuk mengirim ke luar Jepang ini akan dimulai pada tanggal 15 Februari 2017 jam 20:00 WIB dan berlaku untuk semua produk Avex mulai dari Avex Pictures sampai Avex Trax per tanggal 15 Februari 2017. Layanan pelanggan dari CDJapan dan Amazon.co.jp akan berusaha untuk memenuhi pesanan sebelum tanggal dan jam tersebut.

Belum ada kejelasan dari pihak Avex sendiri mengenai larangan ini. Berikut screenshot dari pengguna CD Japan dan Amazon.jp yang mendapatkan notifikasi larangan mengirim produk ke luar Jepang.

cdjapan ban joi

Akun Weibo CDJapan menyatakan bahwa larangan ini berlaku untuk karya yang dilisensi oleh Avex Pictures bukan label musik Avex Trax. Tetapi banyak pembeli di luar Jepang mengeluhkan bahwa mereka tidak bisa membeli CD rilisan Avex Trax.

ban avex joi 4 joi avex ban 2 joi avex ban 3

Avex adalah perusahaan penerbit entertainment terbesar di Jepang setelah Sony Music. Banyak judul anime populer yang diedarkan oleh Avex. Mereka juga selalu aktif dalam mengenalkan produk pop Jepang ke dunia lewat program Cool Japan yang diprakarsai oleh pemerintah Jepang. Aturan baru ini dapat membuat angka pembajakan bisa meningkat karena penggemar internasional tidak mendapatkan akses untuk membeli rilisan legal. Mudah-mudahan larangan ini hanya bersifat sementara dan tidak diikuti oleh label lain sehingga tidak menjadi permasalahan baru dan saya tidak lagi menulis rant tentang bagaimana kebobrokan distribusi dan ketersediaan home entertainment Jepang secara legal.

(Berita ini akan terus diperbahurui sambil menunggu kejelasan apakah larangan ini hanya berlaku untuk anime saja atau merembet ke musik)

Sumber: Arama Japan