Makoto Shinkai Memuji Animator Korea yang Bekerja dalam Film Buatannya

February 16, 2017 2:25 pm
Makoto Shinkai Memuji Animator Korea yang Bekerja dalam Film Buatannya

Sutradara Makoto Shinkai mengunjungi Korea Selatan di hari Rabu lalu. Dia muncul dalam sebuah program televisi yang tayang di stasiun SBS pada hari Kamis, dan menggelar sebuah konferensi pers di Seoul pada hari Sabtu. Dalam kunjungannya, Shinkai menceritakan betapa pentingnya studio Korea Selatan terhadap anime Jepang.

Shinkai juga berkomentar saat ditanyakan mengenai kenapa ada nama orang Korea Selatan yang muncul dalam credits dari film Kimi no Na wa. Shinkai kemudian mengatakan:

Seorang wanita Korea telah menjadi anggota tetap staf dari studioku selama 10 tahun. Aku juga ingin menambahkan kalau animasi Jepang tidak bisa dilepas dari studio animasi Korea. Kalau tidak ada studio Korea, membuat sebuah animasi akan menjadi sulit. Korea menanggung beban besar (dari animasi Jepang) di bahu mereka. Walaupun staf Korea Selatan banyak yang mengerjakan anime Jepang, namun mereka jarang mendapatkan apresiasi di Jepang. Animasi yang diproduksi sepenuhnya oleh Korea Selatan juga biasanya gagal merebut popularitas di Jepang.

JOI - makoto shinkai memuji animator koreanya (2)

Shinkai juga menawarkan beberapa kata kepada penggemarnya di Korea Selatan:

Kita hidup sangat dekat, hidup sebagai negara tetangga, dan aku kira kita memiliki nilai-nilai yang mirip. Apa yang kamu rasa di Korea itu lezat, apa yang kamu rasa indah, selalu ada hal-hal indah yang mirip. Karena itu, sepanjang film yang kita rasa menyenangkan, aku percaya kalau karya ini (film buatannya) dapat dinikmati oleh orang Korea.

Korea Selatan sudah mengangkat pelarangan film Jepang untuk tayang di negaranya sejak tahun 1998. Penayangan dari Kimi no Na wa telah terjual lebih dari 3,5 juta lembar tiket di Korea. Film tersebut kini adalah film Jepang dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa di Korea Selatan. Shinkai berjanji untuk kembali ke Korea Selatan bila film tersebut mengalahkan rekor Howl’s Moving Castle sebanyak 3,01 juta lembar tiket.

Sumber: ANN