Berbagai Animasi Tertua Ditayangkan untuk Merayakan 100 Tahun Industri Anime

February 23, 2017 10:28 am
Berbagai Animasi Tertua Ditayangkan untuk Merayakan 100 Tahun Industri Anime

Pusat Film Nasional yang terletak pada Musium Nasional Seni Modern Tokyo baru saja membuka situs baru pada hari Rabu kemarin. Situs itu berisikan berbagai anime klasik buatan Jepang yang sudah diberikan subtitel Inggris. Situs direncanakan untuk terus dibuka sampai akhir tahun 2017.

Untuk menonton videonya, kalian cukup klik judul yang diinginkan lalu klik tombol play merah di sebelah kanan. Subtitel bisa dinyalakan dengan mengklik kata “With English subtitles” di bawah videonya.

Untuk ulang tahun yang keseratus ini ditayangkan film animasi tertua Jepang yang berhasil selamat dari kerusakan sampai hari ini, Namakura Gatana karya Junichi Kouichi. Animasi pendek ini pertama kali dirilis pada Juni 1917 dan versi yang dirilis pada situs adalah versi yang sudah direstorasi secara digital. Film ini ditemukan pada tahun 2008 di sebuah toko barang antik di Osaka bersama dengan film Urashima Taro (1918) karya Seitarou Kitayama.

Situs ini menayangkan 64 karya dari tahun 1917 sampai 1941. Sutradara yang dikedepankan oleh situs termasuk Ikuo Oishi, Shigeji Ogino, Hakuzan Kimura, Mitsuyo Seo, Yasuji Murata, Noburou Oofuji, Kenzo Masaoka, dan Sanae Yamamoto.

Sumber: ANN