[JOI Review] AKG K845bt P5 Futaba Sakura Editon

February 25, 2017 5:02 pm
[JOI Review] AKG K845bt P5 Futaba Sakura Editon

Artikel review kali ini merupakan kontribusi dari Masato, seseorang yang memiliki antusiasme cukup tinggi didalam dunia audio. Info lainnya diambil dari Gematsu.

Pendahuluan

Persona 5 merupakan game penuh hype dan ditunggu oleh para gamer khususnya para penggemar seri ini, namun kena PHP oleh Atlus karena versi Inggrisnya yang di-delay hingga April nanti. Sambil menunggu game versi Inggrisnya rilis, silahkan menikmati ulasan dari salah satu hal yang bisa bikin kalian salty yaitu AKG K845bt P5 Futaba Sakura Edition. Headphone collector edition ini dijual terbatas dan hanya dapat diorder di Atlus D Shop pada pertengahan tahun lalu seharga 39.800 Yen (sekitar 4,8 juta Rupiah).

16930787_10208432270626310_708550136_o

Package

Yang membedakan headphone AKG K845bt edisi Persona 5 dari produk edisi regularnya hanya satu, yaitu adanya earpad cadangan berwarna merah agar sama seperti yang digunakan oleh Futaba, sehingga barang ini tidak terlalu terlihat seperti barang limited edition biasanya. Kamu merasa kecewa? Tenang dulu, tidak usah khawatir karena isi collector edition dari headphone ini dijamin membuatmu menjadi seorang saltbae diantara teman-temanmu.

16936079_10208432268306252_1743391630_o

AKG K845bt edisi Persona 5 ini memiliki box berilustrasi special oleh desainer karakter Persona, Shigenori Soejima. Didalam box special ini terdapat box lagi yang berisikan satu unit headphone AKG K845bt, earpad cadangan P5 Sakura Futaba model berwarna merah, earpad utama berwarna hitam, dan sebuah kartu serial number.

Selain itu, juga terdapat CD Remix “P5 Remix Single for AKG” yang digarap oleh Shoji Meguro dan Ryota Kozuka yang hanya bisa didapatkan dari collector edition ini serta tapestry ukuran B2 dengan gambar Futaba Sakura oleh Shigenori Soejima yang sangat glorious ini.

16936081_10208432269786289_1962536115_o

Look at those tapestry…..*slurp*
Headphone AKG K845bt ini bisa digunakan dengan kabel maupun nirkabel, didukung bluetooth AptX dan konektivitas NFC membuat pairing dengan smartphone kalian begitu mudah dan cepat serta kualitas suara yang baik walaupun nirkabel. Build quality-nya cukup solid dan earpad yang nyaman sehingga tidak terasa panas walaupun digunakan dalam waktu lama. Headphone ini memiliki impendance yang cukup besar jadi sebaiknya kamu tambahkan headphone amp untuk suara yang lebih maksimal.

Headphone kolaborasi dari AKG dan Persona 5 ini memiliki suara yang terfokus pada bagian tengah/mid dan memilki soundstage yang cukup luas sehingga membuat lagu yang kamu dengar seperti lagu langsung dari penyanyinya yang berdiri dihadapanmu. Dikarenakan suara dari headphone ini terfokus pada bagian tengah/mid atau biasanya bagian vokal, mendengarkan suara penyanyi solo kesayangan kalian dari headphone ini terasa sangat menyenangkan.

Vokal yang terdengar terasa jelas, posisinya yang tidak terlalu mundur ataupun maju, dan manis apalagi kalau dipakai mendengarkan vokal wanita. Bass yang disajikan cukup terasa walaupun memang agak terasa kurang, dentuman bassnya terasa namun tidak terasa kuat, dan sub-bass-nya cenderung tidak terdengar sehingga kurang cocok untuk diajak lagu-lagu dengan bass yang banyak seperti EDM.

Untuk bagian treble-nya terasa lepas dan tidak tertahan namun tidak terlalu tinggi sehingga terasa seperti menusuk telinga. Selain itu, headphone ini juga memiliki separasi suara yang baik jadi buat kamu yang suka mendengarkan setiap alat musik dari lagu yang kamu dengar akan terdengar jelas. Secara umum, headphone ini suaranya cukup all-rounder sehingga cocok buat dipakai untuk banyak jenis lagu.

Kesimpulan

Collector edition yang satu ini menurut saya cukup worthy dengan harganya. AKG K845bt merupakan headphone yang cocok untuk digunakan untuk berbagai jenis lagu sehingga kamu tidak perlu ganti headphone atau earphone lain untuk setiap lagu kamu. Didukung opsi untuk kabel dan nirkabel, headphone ini juga cocok untuk digunakan outdoor ataupun indoor. Selain itu bonus yang diberikan dalam collector edition ini sangat membuat salty orang lain yang melihatnya, terutama tapestry-nya.