Welcome to Youkoso [JOI Spotlight]

February 25, 2017 19:11
Welcome to Youkoso [JOI Spotlight]

JOI Spotlight untuk minggu ketujuh ini seperti biasa akan memberikan impresi singkat dari seri yang kami lihat, baca, dengar, dan mainkan pada minggu ini. Kali ini kami juga menghadirkan impresi game yang sudah ditunggu-tunggu dan sleeper hit musim ini.

Tiger Mask 19

[HorribleSubs] Tiger Mask W - 19 [480p].mkv_snapshot_02.15_[2017.02.19_19.28.45]

Kaptain

It’s back, the glorious insanity is back. Masih inget momen seperti memanjat gunung es dan men-suplex beruang di episode pertama? That sort of thing is back. Kali ini cerita berfokus pada Takuma yang harus bertarung di Battle Royal mematikan yang menggunakan satu gunung sebagai ring-nya. Terlihat jelas sekali perubahan kualitasnya saat Toei bisa berkreasi sesuka hati dan bukan membuat episode karena dimandat oleh NJPW.

Secara teknis, pertarungan kali ini adalah sebuah Boss Rush untuk Takuma yang harus melawan semua Boss yang sudah dikalahkan Naoto.

Sangatsu no Lion 17

[HorribleSubs] 3-gatsu no Lion - 18 [480p].mkv_snapshot_10.16_[2017.02.19_19.53.40]

Kaptain

“Latihan” antara Shimada dan Rei merupakan penggunaan metafora favorit saya dari seri ini. “Air” adalah elemen yang paling sering digunakan untuk menggambarkan emosi karakter yang seringkali melankolis/depresif, penggunaan simbolisme tersebut dalam sebuah sesi konflik terasa menyegarkan (heh) di sini.

Hayashida-sensei never stops being great.

Little Witch Academia 7

74

Kaptain

Untung pelajaran dari episode sebelumnya tetap nempel. Akko mulai serius belajar dan tentunya dia gagal pada mayoritas mata pelajarannya, namun setidaknya sekarang dia bisa menggunakan beberapa sihir dan fasih berbahasa ikan. Entah hal ini menunjukkan bahwa dia berbakat dalam bahasa atau dia adalah tipe orang yang harus belajar lewat bekerja. Begitu juga dengan Ursula yang akhirnya menunjukkan bahwa dia bisa menjadi Guru yang baik.

Luna Nova kembali menunjukkan kelemahannya sebagai institusi pendidikan dengan menunjukkan bahwa mayoritas staf pengajarnya sama sekali tidak mampu mendidik murid seperti Akko, tidak suka bila muridnya terlalu “kreatif”, dan lebih mempedulikan reputasi sekolah dibandingkan kelakuan baik muridnya. Diberitahukan juga bahwa para calon Witch pada dasarnya bersekolah di sini untuk mendapatkan sertifikasi penggunaan peralatan sihir dan bukan sekedar gelar saja.

Kemono Friends 1-7

zNeddCp

Kaptain

Disclaimer: Saya menonton “anime” ini dengan double speed karena framerate-nya membuat saya sakit kepala. Itu juga kenapa saya menggunakan gambar best girl sebagai headerKemono Friends adalah seri 3D yang mengadaptasi mobage yang sudah tutup. Melihat berbagai materi promosinya, banyak yang melihat seri ini tayang hanya untuk mati.

Yet against all odds, mereka yang bisa menolerir kekurangan pada animasinya menemukan sebuah seri semua umur yang sangat kompeten. Ini adalah seri petualangan yang sangat, sangat optimistis, ledakan fanworks dari episode ini sendiri cukup mengagumkan dan berhasil menarik banyak penonton (termasuk saya). Cerita dan progresi ceritanya bisa dibandingkan sengan seri Adventure Time atau Pacifist Run dari Undertale dan- Oh god, this is Japan answer to My Little Pony isn’t it?

Walaupun target pasar seri ini adalah untuk anak, ceritanya yang sederhana tidak terasa membuat saya merasa dibodohi, bahkan saya malah belajar hal baru, sesuatu yang bahkan kebanyakan anime tidak mampu melakukannya. Desain karakter yang konsisten untuk sebuah game Mobage juga sangat membantu karakterisasi seri ini.

Nobunaga no Shinobi 21

[HorribleSubs] Nobunaga no Shinobi - 21 [480p].mkv_snapshot_01.37_[2017.02.25_17.27.00]

Kaptain

Hi there Mitsuhide. Kontribusi terbesar Chidori pada seri ini menurut saya adalah “Merangkum segala kejadian era Sengoku seringkas mungkin”.

ACCA 7

ACCA 13-ku Kansatsu-ka - 07 - Large 09

Kaptain

Plot reveal yang kemungkinan besar sudah disadari semua orang yang perhatian dengan berbagai kejadian yang sudah terjadi akhirnya terungkap juga, yet everything is still super chill. Jean juga cukup dermawan pada awal episodenya dengan melakukan recap berbagai plot-point penting yang dia sadari.

Kalau dipikir-pikir lagi, bila sang raja mati dan tahta jatuh ke sang “keturuna pria tertua”, apa hal ini masih bisa dibilang kudeta?

Konosuba 7

C5S8zmPVMAAVWUK

Kaptain
Episode dengan kualitas model karakter terbaik. Kazuma & Aqua yang kena penyakit orang kaya baru memutuskan untuk membayar adventurer lain untuk mengerjakan quest mereka menunjukkan kecerdasan yang lebih tinggi dari protagonis seri lain, sekaligus ketidaksadaran bahwa mereka berada di seri komedi, sebuah genre yang membutuhkan penderitaan pada karakternya. Apa kalian siap dengan Kota Suci Aqua?

bukan_randy
Episode di mana hampir semua cast ceweknya di-bully secara terpisah, terutama Aqua, sampai-sampai Crunchyroll “mendirikan” yayasan anti-bullying untuk Aqua

Mobile Suit Gundam Iron Blooded Orphans 44

joispgibo44
bukan_randy

Jadi rencana McGillis untuk mengambil alih sebuah organisasi yang ia anggap sudah korup adalah berharap organisasi korup tersebut bakal nurut dengan sebuah simbol tanda kepemimpinan… uhh…

Oh well, setidaknya nampaknya mulai episode berikutnya kita akan masuk ke bagian-bagian final battle, dan masih ada sisa 6 episode. This should be fun.

Kaptain

Holy hell McGillis, that’s one way to traumatize a girl. Sekali lagi para faksi mulai bersiap-siap untuk sebuah “final battle” walaupun jatah episodenya masih banyak. Ngomong-ngomong, si Space Hitler ilang kemana ya? Kalau dia balik di episode akhir sambil naikin Mobile Armor, i will love this show forever.

Onihei 7

Onihei - 07 (Amazon).mkv_snapshot_21.16_[2017.02.25_15.41.52]

Kaptain

Setelah dua episode yang komedik dan optimistik, saatnya episode tentang tragedi akibat berbagai faktor diluar kontrol para pelakunya kembali. Kali ini giliran Heizo yang dihantui masa lalunya, sekuat dan sebaik apapun Heizo dia tidak mampu berada dimanapun dan kapanpun, dan kriminal kali ini dihasilkan oleh hal itu.

Otomatsu yang memilih untuk mati adalah kegagalan terbesar Heizo dari semua cerita yang sudah terjadi pada anime ini. Memang usaha terakhirnya untuk menghancurkan keluarga Heizo gagal akibat cinta antar anggota keluarga yang lebih kuat dari dugaannya, namun Heizo sendiri menyadari bahwa tragedi ini terjadi akibat kenaifan dia bahwa “perlindungannya” pada Otomatsu di masa lalu akan cukup untuk membuatnya tumbuh dengan baik sebagai manusia.

Kobayashi-san Chi no Maid Dragon 4-6

joispkmd4-6

bukan_randy
Sebelumnya saya bilang anime yang satu ini cukup membosankan, tapi di tengah sibuknya pekerjaan baru saya, saya malah merasa ini anime terbaik di season ini untuk ditonton santai setelah bekerja seharian penuh sebelum tidur.

Seiren 8

[RO-Subs] Seiren - 08 (TBS 1280x720 x264 AAC).mkv_snapshot_18.58_[2017.02.24_20.09.25]

Kaptain

Crisis Averted, Seiren terbukti bisa membuat ending yang tidak rage-worthy. Hanya saja memuji sebuah seri karena seri tersebut tidak melakukan kesalahan fatal untuk yang kedua kalinya itu bukan pujian yang tinggi. Secara keseluruhan, arc Tooru merupakan arc yang baik walaupun bila dibandingkan dengan arc Amagami SS kualitasnya biasa-biasa saja. Shouichi jauh lebih baik di sini dan Tooru sendiri walaupun cenderung datar merupakan heroine yang cukup solid.

Arc berikutnya adalah moe-nee, melihat berbagai perilakunya di arc Tooru, i expect great thing. Koreksi: Damn you same-hair syndrome, arc selanjutnya ternyata untuk Kyouko. Terima kasih pada Rudi Anto atas koreksinya

NieR: Automata

WRaQvB6

Kaptain

Berhubung pada impression beberapa bulan lalu game ini sudah diberikan penilaian yang cukup positif, saya akan menjabarkan beberapa kekurangan game ini. Bagian open world terasa seperti padding dan bukan dunia yang menarik untuk dijelajahi, performanya juga suka turun bila kita kita sprinting atau menaiki binatang. Untuk kalian yang berencana untuk main dalam waktu dekat, pastikan semua update di download karena suka ada bug save data yang menyebalkan bila game ini dimainkan sebelum semua download selesai.

Saya sendiri baru memainkan playthrough pertama dan baru saja mengalahkan boss ketiga. It’s a Yoko Taro game indeed, hal aneh-aneh yang saya prediksi ada pada game butannya ternyata malah muncul lebih awal, padahal saya memprediksi hal semacam itu baru muncul di playthrough kedua atau ketiga. Saya juga menyukai interaksi para karakter yang ada. I’m going to be upset when they’re all going to die horribly per usual.

Melihat skala gamenya, mungkin saja saya perlu membuat first impression lebih dulu setelah mendapatkan ending pertamanya. Berhubung untuk mendapatkan true ending akan butuh waktu yang tidak sebentar.

Super Robot Wars V stage 1-14

joispsrwv1-14

bukan_randy

Nampaknya Banpresto benar-benar ingin memberikan image “SRW baru” di V kali ini. Banyak sound effect baru, beberapa sistem baru, dan juga kembalinya full sprite, bust portrait, dan map 3D di SRW non-OG (meski saya malah jadi kagok dengan map 3Dnya di tempat-tempat yang ketinggiannya berbeda-beda (gunung/laut). Ceritanya sendiri lebih menekankan seri-seri yang baru muncul di sini, sementara seri lama yang sebelumnya sudah muncul (terutama di Z3) kebanyakan ceritanya sudah selesai/hanya masuk sebagian.

Untungnya translasinya jauh lebih baik daripada SRWOG Moon Dwellers, meski sayangnya tetap ada typo di beberapa bagian (contoh: dairy di screenshot). Kabarnya juga ada terjemahan yang salah untuk SR Point di stage 20-an. Animasi unit-unit barunya jauh lebih niat dibandingkan Z3 kemarin-kemarin yang terhitung antiklimatik.

I’m definitely having tons of fun, dan itu cukup hebat setelah berentetan main Z3 Jigoku-hen & Tengoku-hen, ditambah lagi kemarin-kemarin sempat bosan memainkan SD Gundam G Generation Genesis yang terasa sangat pelan.

Untuk pertanyaan minggu ini, Apa opening anime favorit kalian untuk musim ini?  Saya sendiri masih menyukai “Sayonara Bystander”, silahkan post opening favorit kalian di komen di bawah.

Header: No-kan