‘Blue Reflection’ Ungkap Tips Pertarungan

February 28, 2017 15:37
‘Blue Reflection’ Ungkap Tips Pertarungan

Gust telah merilis informasi terbaru dari “Blue Reflection: Maboroshi ni Mau Shoujo no Ken.” Informasi kali ini berupa rekan yang bukan Reflector atau teman sekelas kalian, juga berbagai saran untuk pertarungannya.

Dukungan Teman

Hinako dan teman-temannya akan menghadapi musuh besar bernama Pure Breed. Kalian akan mempelajari cara menghadapinya melalui artikel ini.

blue-reflection-tips-battle-2

Pertarungan melawan Pure Breed sangat berbeda dengan pertarungan biasa yang terjadi di dunia lain. Kalian akan bertarung sama rekan kalian yang menjadi pendukung, tidak hanya bersama para Reflector lain saja. Rekan-rekan ini adalah teman sekelas yang kalian perkuat persahabatannya pada saat kehidupan sehari-hari sebagai seorang murid.

blue-reflection-tips-battle-3

Teman-teman yang membantu kalian akan memberi laporan dari proses pertarungan dan kondisi saat ini, termasuk saran. Mereka juga memiliki banyak efek seperti pemulihan dan peningkatan status. Tetapi dukungan ini akan memakan MP mereka. Ketika HP mereka habis, mereka akan melarikan diri.

Hinako, Yuzuki, dan Raimu masing-masing bisa memiliki hingga 4 rekan yang ditentukan sebelum pertarungan. Kalian bisa bebas menentukan karakter rekan, jadi cari kombinasi yang tepat.

Active Command & Overdrive

Jumlah variasi Active Command akan bertambah seiring cerita game-nya maju. Contoh dari Active Command adalah Guard dan Recovery, dan merupakan bagian penting pada saat bertarung, baik pada saat melawan musuh biasa atau pun Pure Breed.

blue-reflection-tips-battle-4

Berbeda dengan perintah biasa seperti Attack, Active Command dipilih pada secara real-time pada antar giliran karakter.

Tipe Active Command

  • Supporter Protection: Menyembuhkan HP dan MP dari karakter rekan selama kalian menekan tombolnya.
  • Recovery: Menyembuhkan HP dan MP dari Reflector selama kalian menekan tombolnya.
  • Guard: Mengurangi kekuatan serangan lawan. Tingkat efektifitas Guard akan meningkat setiap kali digunakan.
  • Timeline Control: Menggeser giliran rekan sambil memundurkan giliran musuh selama kalian menekan tombolnya.

Kalian memerlukan Ether untuk menggunakan Active Comand. Ketika giliran Reflector beraksi, kalian bisa menggunakan Ether Charge untuk mengisi Ether.

Ketika melawan Pure Breed, metode serangan akan berubah setiap kali HP lawan berkurang ke nilai tertentu. Tentunya serangannya juga semakin kuat.

blue-reflection-tips-battle-5

Sesempurna apa pun dukungan yang kalian dapatkan dari rekan, pasti kalian akan menghadapi pertarungan sulit yang tidak mungkin dimenangkan hanya dengan skill yang digunakan sekali saja. Kalian harus memanfaatkan Overdrive dengan cara mengumpulkan Ether.

Biasanya, kalian hanya bisa menggunakan skill sekali saja di setiap turn. Tetapi dengan Overdrive, kalian bisa menggunakan beberapa skill sekaligus dalam 1 turn. Pada saat Overdrive, kalian bisa memilih sejumlah skill yang akan digunakan secara berturut-turut. Semakin tinggi jumlah skill-nya, semakin tinggi kekuatannya.

Gambar pertama memperlihatkan 1 skill digunakan. Sedangkan gambar kedua memperlihatkan skill yang sama digunakan 3 kali melalui Overdrive. Kalian bisa melihat kekuatannya berbeda jelas (74 vs 138). Tetapi semakin banyak jumlah skill yang digunakan, jumlah Ether yang diperlukan semakin tinggi.

blue-reflection-tips-battle-6

blue-reflection-tips-battle-7

Tips Pertarungan

Dengan memanfaatkan sistem-sistem ini, kalian bisa menikmati pertarungan penuh tantangan melawan Pure Breed. Berikut adalah beberapa saran agar kalian bisa bertahan hidup.

Tahap 1: Buat Celah

blue-reflection-tips-battle-8

Ether sangat penting di pertarungan. Demi mengumpulkannya, gunakan skill untuk memundurkan giliran musuh dan membuat celah yaitu membuat mereka tidak bisa beraksi.

Tahap 2: Ether Charge

blue-reflection-tips-battle-9

Dengan mempercepat giliran Reflector sebelum musuh sambil menggunakan skill untuk memundurkan giliran musuh, kalian bisa mengumpulkan Ether dengan Ether Charge. Selain Ether, Reflector juga akan memulihkan MP ketika menggunakan Ether Charge.

Tahap 3: Active Command

blue-reflection-tips-battle-10

Gunakan Active Command seperlunya sambil membuat situasi untuk bisa menggunakan Ether Charge. Gunakan Recovery ketika kalian kena serangan tak terkira, gunakan Guard ketika akan kena serangan mematikan, dan lainnya. Baca situasi untuk memanfaatkan Active Command.

Tahap 4: Overdrive

blue-reflection-tips-battle-11

Ketika giliran Reflector dengan serangan tinggi tiba, gunakan Overdrive menggunakan Ether yang sudah dikumpulkan. Ketika menggunakan skill berturut-turut, kalian jangan lupa untuk menggunakan skill yang memundurkan giliran musuh untuk membuat celah. Selain itu, kalian juga disarankan juga untuk menggunakan skill dengan kekuatan tinggi yang memakan MP banyak sebagai skill yang terakhir digunakan. Jika kalian menggunakan sebuah skill berturut-turut hingga jumlah tertentu, sebuah serangan kombinasi dengan kekuatan besar akan diaktifkan di akhir serangan Overdrive kalian.

blue-reflection-tips-battle-12

Tetapi cara menghadapi Pure Breed tidak ada hanya satu saja. Kalian bisa menggunakan tips ini atau mencari cara sendiri. Jika kalian bisa terus menghadapi Pure Breed tanpa kalah, nanti akan muncul Reflect Counter di layar. Ini adalah teknik untuk menghabisi musuh dengan mengumpulkan kekuatan Reflector. Perhatikan adegan ketika kalian menggunakan serangan ini untuk mengalahkan Pure Breed.

Pure Breed baru: Cochma

blue-reflection-tips-battle-13

Cochmna memiliki tubuh seperti heavy tank dan bisa menembakkan serangan berbasis bom dari masing-masing titik tubuhnya.

blue-reflection-tips-battle-14

Interaction Level

blue-reflection-tips-battle-15

Dengan memperkuat relasi kalian dengan murid lain, kekuatan Hinako akan semakin kuat. Dalam Blue Reflection, tingkat relasi ditunjukkan sebagai Interaction Level. Semakin tinggi levelnya, semkain sering kalian mendapatkan bantuan ketika bertarung melawan Pure Breed.

Bond Episode

blue-reflection-tips-battle-16

Jika kalian berbicara dengan teman kalian setelah pulang sekolah, berbagai episode spesial bisa terjadi. Dalam beberapa episode, kalian harus memilih dialog dan perubahan Interaction Level akan bergantung pada pilihan kalian.

Date Event

blue-reflection-tips-battle-17

Setelah kalian berbicara dengan teman di waktu pulang sekolah, kadang juga kalian akan bisa diajak berjalan bersama. Setelah undangannya, kalian bisa menikmati event spesial di berbagai tempat.

Selain Bond Episode dan Date Event, masih ada banyak hal lainnya yang bisa kalian lakukan bersama teman.

Blue Reflection akan rilis di Jepang pada tanggal 30 Maret untuk PlayStation 4 dan PlayStation Vita. Versi Inggrisnya masih belum diumumkan.

Sumber: Gematsu

Sorry. No data so far.