Indonesia Dream Project: Membangun Bersama Pusat Informasi Event Jejepangan & Industri Kreatif Indonesia

March 1, 2017 7:04 pm
Indonesia Dream Project: Membangun Bersama Pusat Informasi Event Jejepangan & Industri Kreatif Indonesia

Pastinya kalian semua sudah tidak asing dengan MangaMon kan? Sebagai penyedia komik digital di Indonesia yang bekerja sama dengan Elex Media Komputindo dan m&c! milik penerbit Kompas Gramedia, MangaMon baru saja meluncurkan sebuah proyek terbaru bernama MangaMon Indonesia Dream Project (ドリプロ).

Duripuro 1.jpg

MangaMon Indonesia Dream Project (ドリプロ) yang dibuat dengan landasan komik bukanlah hanya sebatas bentuk media hiburan saja, tapi komik adalah sebuah bentuk budaya. Supaya budaya ini dapat tumbuh berkembang di Indonesia, bukan seniman dari negara lain yang mempopulerkan budaya tersebut, akan tetapi artis atau seniman Indonesia sendirilah yang harus membuat budaya ini populer di Indonesia ini. Karena itu, komik yang merupakan bagian dari media hiburan, tumbuh dari hobi belaka menjadi budaya yang diapresiasi dan dicintai oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Namun, saat ini di Indonesia, meskipun industri komik lokal perlahan-lahan tumbuh, masih sedikit platform yang menyediakan pembelajaran terpadu tentang proses pembuatan komik. Maka demi hal itu, MangaMon ingin berkontribusi dan memberikan dukungan bagi teman-teman yang memiliki bakat dalam industri kreatif tersebut, khususnya mereka yang ingin menjadi komikus profesional Indonesia dan teman-teman yang tergerak menjadi kreator dalam bidang industri kreatif.

Nantinya tidak hanya sebagai tempat untuk belajar, tetapi juga bersama-sama dengan artis dan seniman yang lain menciptakan tempat di mana para kreator mendapatkan informasi untuk menemukan wadah yang tepat untuk menunjukkan keahlian dan karya mereka, serta sebagai marketplace dimana promosi tentang jasa mereka bisa lebih di promosikan secara secara luas dan mereka berkesempatan untuk meraih pendapatan yang lebih banyak agar dapat melanjutkan kelangsungan hidup mereka sendiri. Ini adalah cara MangaMon untuk mendukung banyak bakat yang kurang dihargai oleh masyarakat Indonesia.

MangaMon Indonesia Dream Project (ドリプロ) terbagi menjadi empat (4) kategori:

1. LOMBA MANGAMON

duripuro 2

MangaMon rutin mengadakan lomba yang dilakukan secara online dan tidak dipungut biaya pendaftaran, seperti Lomba Komik, Lomba Desain Karakter, & Lomba Foto Cosplay dengan tujuan memberikan kesempatan dan wadah kepada para kreator muda di Indonesia. Karya-karya yang mengikuti lomba MangaMon akan permanen tersimpan di situs MangaMon dan dapat diakses secara gratis oleh masyarakat Indonesia.

2. LOMBA LAINNYA

duripuro 3

Dengan banyaknya informasinya lomba jejepangan yang tersebar di Indonesia. Banyak calon peserta banyak melewatkan kesempatan lomba tersebut disekitarnya. Karena itu, MangaMon ingin mengumpulkan semua informasi lomba yang ada di Indonesia agar calon peserta dapat mudah mencari informasi lomba yang dibutuhkan.

3. VIDEO TUTORIAL

duripuro 4

MangaMon akan mengkompilasi video-video tutorial yang berpusat pada dunia tutorial komik dan ilustrasi yang dibuat oleh para komikus atau artis profesional dari Indonesia, Jepang, dan negara-negara lainnya.

4. KALENDER EVENT

duripuro 5

MangaMon akan mengkompilasi upcoming event jejepangan yang ada di seluruh Indonesia, khususnya pasar komik dengan harapan para kreator Indonesia dapat tertarik dan mudah menemukan informasi tempat event yang ingin dihadirinya. Kedepannya akan diusahakan untuk para instansi atau event organizer yang menyelenggarakan acara atau lomba, dapat mengisi langsung info acara atau lombanya ke dalam form yang sudah dipersiapkan.