3-Gatsu no [JOI Spotlight]

March 4, 2017 19:56
3-Gatsu no [JOI Spotlight]

Bulan Maret adalah bulan dimana berbagai anime Winter Season tahun ini akan tamat. Sebentar lagi kita akan memasuki Spring Season yang dipenuhi berbagai sekuel seri yang sudah di tunggu-tunggu. Untuk sekarang, JOI Spotlight seperti biasa akan memberikan impresi untuk berbagai seri yang kami konsumsi untuk minggu ini.

Tiger Mask 20

1488060379262

Kaptain

A Happy Ending for Odin, saya sendiri tidak menyangka Tora no Ana mau menepati janji mereka. Hal ini juga yang menunjukkan bahwa organisasi ini memang sudah berkembang menjadi organisasi yang hanya peduli dengan uang dan rating, tidak seperti versi orisinalnya yang nampaknya ada hanya untuk mengumpulkan orang paling brengsek sejagat raya.

Main card kali ini adalah “handicap” match dengan Robo-Ladybeard yang dengan sekejap harus jobbing untuk The Third. Ini cara terbaik untuk “menjual” seorang karakter tanpa harus menginjak pegulat NJPW lainnya.

Sangatsu no Lion 19

3-gatsu no Lion - 19 - Large 15

Kaptain

Latar belakang Shimada ditelusuri lebih lanjut. Dia adalah orang yang menghancurkan tubuhnya untuk Shogi, atau lebih tepatnya menekan habis-habisan dirinya untuk membalas budi pada kampung halamannya. Sekarang dia berada di posisi dimana dia tidak bisa menang, namun dia belum sepenuhnya dikalahkan oleh “monster” yang satu generasi dengannya.

Arc ini sejauh ini lebih banyak melibatkan Rei yang belajar dari usaha dan penderitaan orang lain, dia juga terbukti bisa merawat orang lain.

Gundam IBO 45

ss (2017-03-04 at 03.41.45)

bukan_randy

Kayaknya staff Gundam.info yang ngurus upload video ke channel youtube mesti diajarin caranya bikin thumbnail yang ga bikin spoiler/rada menunjuk spoiler. Dah berapa kali kejadian ini ;=_=

Anyway, meski sudah kelihatan cukup jelas (thank you, thumbnail) eksekusi adegan kematiannya jauh lebih bagus dan bener-bener bikin hati nyelekit pas terjadi. Good job Sunrise. Ga cuma OTP straight, OTP homo juga ikutan diledakin, literally.

Dan setelah cukup lama Tekkadan nge-curb stomp hampir semua musuh-musuh yang hadir di s2 ini, akhirnya giliran Tekkadan (dan McGillis) yang dihajar habis-habisan di episode ini. Mari kita lihat bagaimana mereka akan memutar balikkan keadaan (atau malah tidak) di beberapa episode berikutnya. Saya cukup yakin di episode berikutnya, asistennya McGillis (yang namanya ga pernah bisa saya ingat) dan Julietta bakalan mati konyol.

Kaptain

Well that didn’t end well. Tekkadan akhirnya kehilangan satu dari Leader Unit mereka. Berhubung saya sudah minta lebih banyak kejahatan perang di konflik ini, episode ini sudah menyediakan cukup banyak dari aspek tersebut.

Little Witch Academia 8

[Asenshi] Little Witch Academia - 08 [9BC06695].mkv_snapshot_09.22_[2017.02.27_14.10.55]

Kaptain

Episode dimana Michiyo Murase dan Imaishi bersenang-senang, jadi banyak momen sakuga yang sangat menarik. Progresi cerita yang minimal membuat episode ini terasa seperti filler, but hot damn it’s a damned good one.

Biasanya di cerita semacam ini Akko diajarkan bahwa semua kepribadian Sucy dan sosok lain dirinya  sama-sama asli. Hanya saja disini dia diajarkan bahwa ada kepribadian seseorang yang sudah seharusnya diredam bila mereka tidak ingin jadi gila.

Kemono Friends 8

__emperor_penguin_kemono_friends_drawn_by_nylon__sample-3850a47decd1d7cc722198ea75512b52

https://twitter.com/nylon100per/status/837948784160038912

Kaptain

Episode paling lemah dari season ini, Kaban & Serval presence-nya nyaris tidak ada akibat screentime-nya disedot idol yang dimandat komite produksi. Masalah terbesar episode ini adalah, sejauh ini episode sebelumnya selalu melibatkan para binatang yang harus beradaptasi setelah berubah wujud menjadi Friends, sementara episode ini lebih terasa seperti cerita tentang idol manusia yang sedang cosplay.

Emperor is flipping hot though.

Konosuba 8

1488396729715

Kaptain

Saya senang melihat tone Akuatik (hah) dari kota baru ini bisa membuat areanya terlihat lebih besar akibat sumber air disekitarnya. Visual NPC kota baru ini juga memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan kota pertamanya..

Banyak gag dengan timing yang bagus seperti saat Darkness jadi umpan dan Wiz terkena Turn Undead. Repetisi gag tentang para pengikut Axis sebenarnya cukup beresiko di akhir episodenya, namun sangat dibutuhkan agar impact dari amukan Kazuma di akhir episode lebih terasa.

bukan_randy

Ini sekte agama atau MLM akut dah hahahahahaahahah

ACCA 8

[HorribleSubs] ACCA - 13-ku Kansatsu-ka - 08 [480p].mkv_snapshot_08.35_[2017.03.01_16.33.40]

Kaptain

There you go, and answer of sort. Banyak yang mengatakan pria dari 33 tahun yang lalu tersebut Grossular, namun melihat bahwa ada satu distrik yang terkenal karena laki-lakinya terlihat sama semua, saya pesimis dia adalah orang yang dimaksud. Saya sendiri cukup kaget melihat Nino yang secara teknis menghabiskan hidupnya sebagai mata-mata bisa tumbuh sestabil itu.

Staf produksi nampaknya tidak bisa membedakan apple pie dengan apple cake.

Onihei 8

Onihei - 08 (Amazon).mkv_snapshot_09.22_[2017.03.04_11.20.41]

Kaptain

Ini memang bukan pertama kalinya Heizo berbaik hati dengan kriminal, namun saya tidak menyangka dia juga cukup sportif dengan pencuri yang menargetkan dirinya. Entah ini karena aksi Tomogoro sendiri tidak melukai siapapun ataupun tidak menyebarkan hal jelek tentang Heizo. Here’s hoping the boatman joins the crew.

Seiren 09

1488589005283

Kaptain

Arc kali ini bisa dibilang Rihoko dan Sae dalam satu paket, bahkan para senpai(?) Rihoko juga hadir di sini. Kayaknya budget episode ini habis buat bayar Nakata Jouji doang melihat kualitas produksi episodenya. Pembukaan arc kali ini jauh lebih baik dari arc sebelumnya karena interaksi dengan Kyouko terasa selevel dan jauh lebih natural. Satu detil yang sangat saya suka adalah fakta bahwa stats dari arc sebelumnya (kemampuan akademis Shouichi, gaming dengan Tooru) terbawa juga di sini, saya jadi penasaran seperti apa Shouichi di arc terakhir nanti.

Was that crossdressing money-shot really necessary though?

Nobunaga no Shinobi 22

[HorribleSubs] Nobunaga no Shinobi - 22 [480p].mkv_snapshot_01.18_[2017.03.01_00.13.44]

Kaptain

Mitsuhide akhirnya bergabung. Tentu saja kualifikasinya untuk seri ini adalah “relatif lebih waras” dibandingkan dengan karakter lainnya.

NieR: Automata

C579hltVMAA44PU

https://twitter.com/blade4649/status/837385341493370881

Kaptain

Akhirnya dapat fast-travel. Untuk kalian yang baru mulai dan ingin memainkan side-questnya, saya sangat menyarankan untuk terus memainkan story quest sampai fast travel di buka. Progresi minggu ini cukup seret akibat berbagai kesibukan, dan akibat side-quest yang saya terlalu ngeyel untuk melewati walaupun level dan equipment tidak mencukupi.

Super Robot Wars V stage 16-36

joispsrwv1636

bukan_randy

That was interesting. Dibanding Z3 yang kepanjangan dan cerita originalnya makan banyak screentime, di V ini malah cerita originalnya masih tampil sedikit sekali meski sudah lewat setengah gamenya.

Di awal-awal, balance difficulty SRW V terasa pas, mungkin sedikit mudah karena YAMA-freaking-TO. Tapi begitu sudah sampai stage 20-an, tampak jelas kalau SRW V ini adalah salah satu SRW termudah (untungnya nggak segampang SRW MX). Item-item yang biasanya baru muncul di endgame SRW lain seperti Hero’s Mark dan Haro muncul jauh lebih cepat di sini, belum lagi item-item super kuat dari factory seperti Hyper Generator yang bisa memulihkan EN hingga maksimal tiap turnnya. Ayo sini gwa spam Stoner Sunshine tiap turn.

Hal ini mungkin dilakukan karena SRW V memang SRW non-OG pertama yang juga ditujukan ke pasar luar Jepang, dan setidaknya meski terhitung mudah, V masih terasa fun dan lebih fresh daripada Z3 kemarin-kemarin berkat fokus cerita ke campuran story-story asli anime-nya untuk seri-seri yang baru muncul di SRW, dan juga twist-twist yang unik di karakter-karakter/seri-seri lama seperti Tetsuya dari Great Mazinger yang ceritanya bisa dibilang original dan juga interaksi dengan para anggota Titans.

Dan akhirnya Shin Getter dapet BGM Yuusou YYYEEEAAAAHHHH!!

Grand Blue

grand blue

NanaMiku

Manga ini ceritanya ditangani oleh kreator Baka to Test to Shoukanjuu, jadi gaya lawakannya sedikit mirip yang bakal bikin kalian tertawa terbahak-bahak. Ceritanya Iori Kitahara yang baru pindah ke kota Izu untuk memulai kehidupannya di kuliah. Dia menginap di tempat pamannya yang menyewakan jasa diving di laut.

Kalau kalian berharap ceritanya berupa tentang teknik diving, kalian mungkin akan sedikit kecewa. Anggota klub diving-nya ternyata dipenuhi orang tidak beres yang suka minum alkohol dan bertelanjang. Hampir setiap halaman akan membuat kalian tertawa lemas karena tingkah laku karakter yang tidak beres.

Kaptain

Saat saya menyadari manga ini ditulis oleh kreator Baka to Test to Shoukanjuu, saya akhirnya tahu kenapa para “mahasiswa” seri ini kelakuannya seperti anak SMP. Memang beberapa gag-nya cukup menghibur, hanya saja setting Universitas di sini terasa mubazir dipakai untuk gag yang ada.

It’s not bad. Hanya saja saya terus merasa materi cerita dan gag-nya tidak sebanding dengan kualitas art manga selama membacanya.

bukan_randy

Jujur, awal-awal membaca, saya merasa manga yang satu ini hitungannya sangat hit-and-miss sekali. Tapi untungnya setelah makin ke belakang, saya semakin attached dan tertarik dengan karakter-karakternya. Memang beberapa joke-nya terkadang tidak begitu lucu, tapi setidaknya saya bisa expect satu reaction shot yang bisa membuat saya tertawa di tiap chapternya.

Sekian impresi dari kami. Untuk pertanyaan minggu ini, menurut kalian siapa Best Boy season ini? taruh jawaban kalian pada komen di bawah.

Sorry. No data so far.