[Celebrity Sunday] Takahiro Sakurai

March 5, 2017 3:49 pm
[Celebrity Sunday] Takahiro Sakurai

Celebrity Sunday kali ini akan membahas tentang seiyuu laki-laki yang terkenal dengan suara yang ikemen dan juga sering muncul di berbagai seri yaitu Takahiro Sakurai.

Pria kelahiran tahun 1974 berasal dari keluarga yang rumahnya juga berfungsi sebagai toko beras dan dia merupakan anak laki-laki paling tua. Suatu hari pada saat masih kecil, dia tidak sengaja melihat wawancara di TV terhadap seorang seiyuu. Merasa kagum, dia pun mulai tertarik dengan dunia seiyuu. Tetapi dia mulai bercita-cita menjadi seiyuu pada saat SMP, tepatnya pada saat guru bahasa Jepang memberi saran dan mulai serius untuk menjadi seiyuu.

Setelah lulus SMA, dia masuk ke 81 Actor’s Studio di Yoyogi Animation Gakuin cabang Nagoya. Sakurai debut secara resmi di anime Bakusou Kyoudai Lets & Go!! yang tayang pada tahun 1996. Setelah lulus, dia bergabung dengan agensi 81 Produce karena dia fans dengan seiyuu Toshihiko Seki yang berada di sana.

celebrity-sunday-takahiro-sakurai-3

Sebenarnya sebelum debut resmi di anime, Sakurai sudah beberapa kali mengisi di berbagai karya, contohnya di audio drama, pada saat masih belajar menjadi seiyuu. Tetapi setelah debut anime, Sakurai sering tidak mendapatkan pekerjaan meski sudah melakukan audisi. Pada saat umur 25 tahun, Sakurai sempat berpikir untuk berhenti menjadi seiyuu karena tidak mendapat pekerjaan. Tetapi karirnya berubah ketika mengisi karakter reguler di Digimon Adventure (Tentomon) dan Kaikan Phrase (Yoshihiko Nagai) secara berturut-turut. Kedua anime ini juga membuat Sakurai terkenal di kalangan laki-laki dan perempuan karena Digimon Adventure ditujukan untuk anak laki-laki, sedangkan Kaikan Phrase ditujukan untuk anak perempuan.

Nama Sakurai mulai melejit setelah mengisi suara di Cyborg 009 The Cyborg Soldier yang tayang di tahun 2001. Ini karena dia dipilih untuk mengisi tokoh utamanya yaitu 009. Tetapi pada tahun 2002 hingga 2004, Sakurai banyak mengisi suara di drama CD tipe boys love. Dia terkenal dengan suaranya yang sangat ekspresif dan menggambarkan keadaan mental karakter dengan jelas.

celebrity-sunday-takahiro-sakurai-1

Beberapa prestasi besar yang dicapai oleh Sakurai adalah tampil di red carpet Venice International Film Festival ke-62 karena Final Fantasy VII: Advent Children tayang di sana dan dia memerankan Cloud Strife. Dia menjadi salah satu seiyuu Jepang yang tampil di red carpet acara tersebut selain Koichi Yamadera. Prestasi kedua adalah di Seiyuu Award ke-6 pada tahun 2012, dia memeanngkan International Fans Award. Contoh terakhir adalah dia berjalan di red carpet Tokyo International Film Festival ke-27 bersama Yuichi Nakamura untuk film Genocidal Organ.

celebrity-sunday-takahiro-sakurai-2

Kalau kalian melihat foto atau video Sakurai, kalian mungkin sering melihat dia menggunakan kacamata. Tetapi sebenarnya pandangan Sakurai bagus. Dia hanya memakai kacamata untuk fashion saja, karena dia hobi juga mengumpulkan kacamata. Sakurai juga cukup jago gambar. Dia pernah menggambar eyecatch untuk Canvas 2, menjadi staff key animation untuk episode terakhir Code Geass: Lelouch of the Rebellion R2, dan juga logotype desain untuk Active Raid season 2.

Sakurai juga pernah ditanya bagaimana jika dia tidak menjadi seiyuu. Dia menjawab, “Mungkin akan meneruskan toko beras keluarga. Hal ini bagus juga.”

celebrity-sunday-takahiro-sakurai-4

Pada tahun 2014, Sakurai pindah agensi dari 81 Produce ke Intention. Ini karena agensi baru tersebut didirikan oleh sahabatnya yaitu Kenichi Suzumura.