[JOI Spotlight] Robot Buddy Edition

March 11, 2017 17:55
[JOI Spotlight] Robot Buddy Edition

Masuk minggu kesembilan. Kebanyakan seri anime Winter Season akan tamat dalam 3-4 minggu lagi, dan seperti biasa JOI Spotlight akan memberikan impresi untuk berbagai seri yang kami nikmati untuk minggu ini.

Sangatsu no Lion 20

edcard20

Kaptain

Now that was heartbreaking. Entah saya harus kagum atau takut dengan Shimada yang sulit menentukan mana yang mimpi buruk antara hidup berkeluarga dan karir shoginya.

Berbeda dengan bayangan semua orang, sang monster bisa dikalahkan, namun Shimada memutuskan untuk menyerah tepat sebelum dia menyadari hal itu. Rei sendiri dapat mengintip seperti apa Habitat para atlit rank A. On that note, endcard kali ini adalah wallpaper untuk PC saya.

Gundam Iron Blooded Orphan 46

joispibo46
bukan_randy

Well, 1 dari 2 tebakan siapa yang bakal mati benar. Good enough, I guess.
A rather uneventful episode, intinya mempersiapkan setting untuk final battle yang lebih “final” dari kemarin.

Kaptain

Guess who’s getting war crime surgery on her soon? Kudelia agaknya akan kembali episode depan. Is it just me or Atra hamil?

Tiger Mask 21

1488663036124

Kaptain

20 episode sudah lewat dan feud antara Naoto dan Takuma baru mulai sekarang. Berhubung beberapa episode sebelumnya benar-benar bagus, seperti biasa saya tidak optimistis dengan 2-3 episode selanjutnya, because Toei gotta Toei.

Little Witch Academia 9

5IlPPgX

Kaptain

Kembali ke formula standar LWA yaitu “Akko mengacaukan sesuatu dan harus memperbaikinya, ujung-ujungnya tetap dihukum”. Sayangnya episode kali ini tidak didukung dengan animasi Imaishi sehingga kualitasnya cenderung terbanting bila dibandingkan episode kemarin.

And Chumlee is back, yay.

Konosuba 9

oTtuRD8

Kaptain

Aqua akhirnya (seperti biasa) mengakibatkan insiden parah. Efek dari jatah 10 episode sangat terasa di episode ini, beberapa plotpoint arc ini seperti manager onsen, Wolbach, Wiz, dan Rookie Killer sayangnya jadi terlewat atau tidak mendapat cukup fokus.

Walaupun episode ini tidak sesensual season sebelumnya, saya cukup kagum dengan cara DEEN “menyensor” bagian vital tiap karakter. Tidak ada sinar dewa, tidak ada kabut, hanya ada timing animasi dan editing yang sangat kompeten. Semoga saja pengumuman season berikutnya juga akan ada di akhir episode berikutnya, atau malah movie melihat popularitas Megumin.

Onihei 9

Onihei - 09 (Amazon).mkv_snapshot_20.14_[2017.03.10_20.10.09]

Kaptain

Kali ini menceritakan bagaimana seorang remaja yang urakan berubah menjadi Heizo seperti sekarang. Dia baru benar-benar berubah setelah melihat manusia seperti dirinya hancur akibat mengambil keputusan yang tidak bisa ditarik lagi. Secara pribadi saya senang dengan cerita “Turning Point” semacam ini.

ACCA 9

1488896722376

Kaptain

Tension? In my ACCA? Akhirnya terjadi juga sebuah plot-twist yang memuaskan. Jean mulai sadar dengan posisinya dan para konspirator mulai semakin ekstrim dalam menjalankan agenda mereka. Lotta sendiri menjadi nominator terbaik untuk penghargaan “Dumbass in Distress”, orang-orang yang datang untuk membunuh umumnya tidak peduli dengan kerusakan properti mbak.

Kemono Friends 09

__serval_kemono_friends__sample-ae038b39ae318fb4a6a5855f685ea52f

Holyhell that chase sequence was terribad. “Baju” para Friends sebenarnya adalah aspek yang saya kira masuk ke daerah “Suspension of Disbelief”, sebuah aspek cerita yang tidak perlu dijelaskan; hanya saja Kemono Friends menjawabnya di episode ini. Begitu juga dengan fakta bahwa ya, para Cerulean benar-benar bisa membunuh para Friend.

Seiren 10

[HorribleSubs] Seiren - 10 [480p].mkv_snapshot_15.16_[2017.03.11_16.00.07]

Kaptain

Timeskip 3 bulan. Kekuatan dari arc ini kurang lebih adalah dengan lebih banyaknya adegan dari perspektif sang heroine, jadi arc ini sangat terbantu dengan fakta bahwa pasangan kali ini sama-sama berusaha untuk mendekati satu sama lain.

Melihat kemunculannya yang jadi lebih sering dan image-nya sebagai Ayatsuji yang lebih ganas, saya sangat penasaran dengan arc Ruise nanti.

Nobunaga no Shinobi 23

[HorribleSubs] Nobunaga no Shinobi - 23 [480p].mkv_snapshot_02.32_[2017.03.11_16.21.35]

Kaptain

Setelah menghabiskan hampir dua season, baru sekarang shinobi faksi lain muncul. That’s one way to leak your master plan i guess.

NieR: Automata

C6mQnlBU0AAPDAa

https://twitter.com/nobita_4/status/840361978715549697?ref_src=twsrc%5Etfw

Kaptain

Selesai Playthrough kedua, dengan kata lain saya baru selesai “intro” game ini. Bukan game Yoko Taro namanya bila Act 2 tidak dimulai dengan insiden yang brutal. All aboard the soul-crushing depression express i guess.

Semua sistem gameplay game Platinum sebelumnya seperti Blade Parry milik Raiden, Witch Time Bayonetta, dan Taunt Jetstream Sam (Secara teknis saya sekarang memainkan Jetstream Sam game ini) bisa dipakai entah lewat kustomisasi plugin dan perkembangan cerita. Mungkin kelak Ukemi dari Wonderful 101/Viewtiful Joe juga bisa didapat.

Valthirian Arc: Red Covenant Demo

uhhhh

Kaptain

She got calcium strength, at her command, Skeleton Womaaaaaaan~. Saya menghargai akademi Valthiria cukup inklusif untuk menerima Undead.

Berhubung saya sudah lama tidak memainkan seri ini sejak SMA dulu, saya tertarik untuk mencoba demo-nya. Sejauh ini dari sistem yang sudah terpasang, game ini bisa disimpulkan sebagai “Valthiria Arc: Now in 3D”, satu satunya perubahan besar dari sistem yang saya perhatikan adalah sistem crafting, yang semoga saja kedepannya tidak ribet manajemennya.

Berbagai aspek yang kurang saya sukai sayangnya masih ada, seperti pembeda utama para murid hanyalah stats-nya, saya sendiri berharap tiap murid memiliki perk/quirk bawaan (semacam Darkest Dungeon) untuk memberi mereka lebih banyak kepribadian; banyaknya dead air saat semua murid berangkat quest errand yang membuat kita jadi idle, dan tidak adanya story update dari quest yang dimenangkan.

Paling tidak gamenya sudah tidak mengakibatkan memory leak lagi. Secara fundamental sistem yang ada di demonya cukup fungsional dan segala kekurangan yang saya utarakan diatas seharusnya bisa diperbaiki nantinya. Kickstarternya sudah setengah jalan, jadi semoga saja pada beberapa minggu terakhirnya target bisa tercapai.

Super Robot Wars V stage 37-42

joispsrwv3742
bukan_randy

Minggu lalu: SRW V rada gampang ya
Minggu ini: Dapet unit heavy hitter paling kuat di game. Well there goes any sense of difficulty out the window.

Zannen Jokanbu Black General-san

3

Kaptain

Black General-san menceritakan tentang Brave Man, seorang superhero yang “di-terror” oleh Black General, eksekutif dari organisasi RX yang kelewat mesum dan sering salah paham dengan aksi heroiknya. Beberapa dari kalian mungkin pernah membaca seri Ii Orc no Hi (Friendly Orc Daily Life) yang digambar mangaka-nya. Black General juga memiliki konsep yang mirip, Heroine yang kelewat agresif bertemu dengan pria yang kelewat serius.

Sejauh ini eksekusi gagnya cukup bagus harena fokus tidak hanya bergantung pada hubungan Brave Man dan Black General saja, Organisasi RX dan Hero juga sama-sama tidak beres dan berisikan berbagai karakter menarik. Bisa dibilang ini adalah Sunred generasi ini.

Denki Groove – N.O.

Ikarifseiei

Lagu Denki Groove yang diambil dari album terbaik mereka VITAMIN benar-benar menggambarkan kehidupan masa muda terutama di bagian liriknya yang cukup dalam seperti “Tidak bersekolah, tidak mempunyai keluarga, tidak mempunyai waktu luang, tidak mempunyai gorden, tidak ada vas untuk menaruh bunga. Aku tidak membencinya, aku tidak ingin terlihat keren”. Sebuah tembang anti-kemapanan di tengah riuhnya musik technopop yang simpel.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Hari ini lumayan banyak sekuel yang diumumkan. Staf JOI sendiri cukup kepayahan mengikuti berbagai game yang rilis bulan Maret ini baik dari barat maupun timur, bagaimana dengan kalian?

Header: Asanagi