[Celebrity Sunday] Tetsuya Kakihara

March 12, 2017 2:06 pm
[Celebrity Sunday] Tetsuya Kakihara

Celebrity Sunday kali ini akan membahas tentang Tetsuya Kakihara yang terkenal dengan suaranya yang hot dan cool secara bersamaan.

Seiyuu yang akrab dengan nama panggilan Kakki ini sedikit unik karena meski kedua orang tuanya adalah orang Jepang, dia lahir di Jerman, tepatnya di Dusseldorf dan dia juga memiliki adik perempuan. Waktu TK hingga kelas 1 SD, Kakihara memang tinggal di Jepang. Tetapi setelah itu, dia tinggal di Jerman hingga umur 18 tahun.

Pada saat tinggal di Jerman, dia bersama keluarganya kadang-kadang kembali ke Jepang untuk mengunjungi kampung halaman. Pada saat di Jepang, dia sering membeli manga hingga 300 buku yang kemudian dikirim ke Jerman. Karena pengaruh adik perempuannya, Kakihara juga gemar membaca shoujo manga. Dia sejak kecil memang sudah menyukai anime dan manga asal Jepang. Saat ini, seluruh koleksinya masih berada di Jerman di rumah orang tuanya. Salah satu manga favoritnya adalah JoJo’s Bizzare Adventure, bahkan dia sering mengutip berbagai kalimat terkenal dari manga-nya dalam blog yang ditulisnya.

celebrity-sunday-tetsuya-kakihara-3

Pada saat SMA di Jerman, dia mengikuti social study practice dan menjadi guru TK selama 1 tahun, muridnya meminta Kakihara untuk meniru suara karakter anime. Pada saat ini dia langsung berpikir untuk bekerja di “pekerjaan yang berhubungan dengan kebudayaan anime yang bisa dibanggakan Jepang ke seluruh dunia.”

Karena itu, dia pun langsung pulang ke Jepang. Setelah lulus SMA melalui program paruh waktu, Kakihara masuk kuliah dan sambil belajar di sana, dia masuk Amusement Media Academy untuk belajar menjadi seiyuu. Aktivitasnya sebagai seiyuu mulai berjalan di tahun 2003.

Pada saat kuliah, dia memiliki kakak kelas yang juga menjadi seiyuu yaitu Marina Inoue. Sedangkan pada saat belajar di Amusement Media Academy, dia 1 angkatan dengan Mai Kadowaki dan Tomoaki Maeno. Kakak kelas beda 1 tahun dari Amusement Media Academy juga ada yang masuk ke agensi yang sama yaitu Wataru Hatano.

Pada tahun 2007, Kakihara memenangkan Seiyuu Awards pertama untuk penghargaan Best New Actor Award. Dan pada tahun 2010, dia debut sebagai penyanyi. Di tahun 2013, dia keluar dari agensi 81 Produce dan menjadi freelance. Setahun kemudian, Kakihara mendirikan agensi baru yang bernama Zynchro.

Karena suaranya yang sangat khas, Kakihara sering memerankan karakter pahlawan yang penuh semangat seperti Natsu dari Fairy Tail dan Gaul dari Dog Days. Tetapi karena suaranya yang unik dan kepribadiannya yang penuh lawak, akhir-akhir ini dia juga sering mendapatkan peran komedi seperti Rundelhaus dari Log Horizon.

celebrity-sunday-tetsuya-kakihara-2

Karena dulu tinggal di Jerman, tentunya Kakihara cukup jago menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Jerman. Salah contohnya adalah dalam anime Mahou Shoujo Lyrical Nanoha A’s, dia mengisi suara untuk 4 karakter dan 2 di antaranya adalah Armed Device yang berbicara dalam bahasa Jerman.

Kalian bisa mengikuti Tetsuya Kakihara melalui blog-nya.