[Forbidden Saturday] Boys’ Love Manga: Sweet High School Stories

March 18, 2017 5:04 pm
[Forbidden Saturday] Boys’ Love Manga: Sweet High School Stories

Hello, hello! Long time no see, my fellow fujoshi and fudanshi. Setelah satu bulan saya hiatus karena harus mengurus tesis saya yang baru saja memulai masa sibuknya, akhirnya saya bisa menulis kembali di JOI. Tentu saja tesis saya belum selesai, tetapi setelah selang beberapa waktu, saya sudah bisa mengatur waktu saya dengan cukup baik agar saya tidak hiatus terlalu lama di JOI. Sekalipun sebagai tumbalnya, saya terpaksa menghiatuskan original BL story saya di Wattpad. Well, tak apa, JOI lebih penting carmuk mode on.

Untuk edisi kali ini, seperti dari judulnya, Forbidden Saturday akan mengulas tentang manga BL yang ceritanya berpusat di kehidupan siswa-siswa SMA (gak pake siswi) yang memadu kasih dengan manis. Jujur, sweet highschool boys’ love adalah sub-genre favorit saya, dan ini adalah bias yang bisa membuat saya mengisi penuh keranjang belanja Animate dengan manga bersampul brondong berseragam sekolah. では、はじめよう!

joi-schoolboy-01

What is sweet highschool BL manga?

Hmmm, sebenarnya saya tidak bisa memberikan definisi tepat yang bisa menjelaskan sub-genre ini, tetapi tentu kita bisa menebak dari namanya, seperti apa syarat-syarat sweet highscool BL manga. Syarat pertama, tentu saja ceritanya mengenai kisah cinta antara pelajar laki-laki SMA, dan sebagian besar setting-nya adalah di sekolah.

Dari penjelasan tersebut, sebenarnya kisah cinta dua cowok SMA yang berbeda sekolah masih termasuk di dalamnya. Namun, untuk artikel ini saya membatasi diri untuk membahas cerita yang kedua tokoh utamanya berada di sekolah yang sama. Dengan begitu memberikan feel bahwa takdir memang mempertemukan mereka di tempat yang sama.

joi-schoolboy-02

Pertemuan takdir antara senpai dan kouhai di koridor sekolah, diiringi angin musim panas yang berhembus perlahan. INDAH BANGET KAN!!!

Syarat kedua adalah sweet, yang berarti ceritanya harus membuat hati yang membacanya terenyuh oleh rasa manis yang membuat bahagia, full of gentle romance, dan bebas dari hal-hal yang kurang menyenangkan seperti nonconsensual activities, physical or emotional abuse, ataupun taboo relationship. Tentu saja, ada banyak cerita highschool BL berkualitas yang mengandung unsur-unsur ‘gelap’ tersebut terutama untuk fujo yang maso. Sayangnya hal-hal tersebut sudah keluar dari konteks sweet yang ingin kita bahas. Namun, untuk cerita yang mengandung angst ataupun character death, asalkan berakhir manis, untungnya masih bisa berada di dalam diskusi kita.

Untuk taboo relationship, hal ini berarti kita tidak akan mendiskusikan cerita seorang siswa yang jatuh cinta terhadap gurunya, saudara kandung, sepupu, orang yang sudah sangat tua (kepala sekolah misalnya), atau pun shota. Well, sebenarnya masyarakat umum menganggap kisah cinta antar sesama laki-laki juga tabu sih, tetapi saya yakin untuk pembahasan di artikel ini, fujoshi dan fudanshi cukup bijaksana untuk menutup mata akan fakta tersebut.

joi-schoolboy-03

Nah, yang guru×murid kayak gini gak boleh nih, tydac mendydyc

Dari syarat-syarat tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa selama masih konsensual, segala aktivitas yang terjadi di antara seme dan uke bisa diterima di sub-genre sweet highschool BL. Karena bagi saya pribadi, sekalipun saya suka cerita yang manis-manis dan bikin butuh suntikan insulin, saya tetap saja ingin melihat dua remaja yang dipenuhi gejolak masa muda itu untuk… nggg… enjoying each other

Angela’s top 10 list

Setelah membahas syarat-syaratnya, saatnya saya membagikan rekomendasi sepuluh sweet highschool BL manga terbaik. Tentu saja, ini semua hanyalah berdasarkan pendapat pribadi saya, bukan berdasarkan voting apalagi survey statistik. Sebagai catatan, daftar di bawah tidak diurutkan berdasarkan apapun. Pokoknya, semuanya recommended banget.

Oh iya, dalam artikel ini pun, saya juga hanya membatasi diri dengan manga yang full volume, sehingga bukan oneshot maupun doujinshi. Manga yang sudah diadaptasi menjadi anime, atau merupakan hasil adaptasi dari anime, juga out of our discussion, karena mungkin kita bisa membahasnya di kemudian hari. Then, check this out, fellas.

1. これは恋に含まれますか (Kore wa Koi ni Fukumaremasuka : Is this Included in Love?) by Sonoichi Susuki

joi-schoolboy-04

Manga ini bermulai dari Hiiragi yang menolong teman sekelasnya, Asahina, yang hampir saja diperawani oleh kakak kelas yang akrab dengannya, Iida-senpai. Asahina yang pendiam akhirnya bercerita bahwa dia memang sering ditembak oleh cowok, dan kasus percobaan pemerkosaan inilah yang terparah. Setelah Hiiragi menolong Asahina sekali lagi dari terkaman Iida-senpai, dia menyarankan agar Asahina berpura-pura pacaran dengannya agar dia tidak dikejar-kejar cowok lainnya, yang tentu saja tawaran itu ditolak.

Namun, ketika Asahina ditembak oleh seorang otaku mesum yang sudah menyediakan kostum drag untuknya, Asahina pun menyerah dan menerima saran Hiiragi. Dan seperti yang kita duga, cinta murni pun timbul.

joi-schoolboy-05

Adegan legendaris kabe-don, di kamar Hiiragi

Ceritanya sangat menarik dan lucu, apalagi saat Hiiragi sampai mimpi basah segala, dengan isi mimpinya yang… ah sudahlah. Perasaan tertekan karena dia merasa sama saja dengan cowok-cowok mesum lainnya yang juga mengejar Asahina, memberikan konflik ringan tapi cukup menguras kekuatan batin. Nilai plus untuk manga ini, Hiiragi is a really good kisser.

2. 明日はどっちだ! (Ashita wa Docchi da : Tomorrow, Which Way!) by Kotetsuko Yamamoto

joi-schoolboy-06

Saat masih kecil, Kirara yang sangat manis selalu diikutsertakan ke kids bauty pageant oleh ibunya, dan dia selalu menang. Dalam kesehariannya pun, ibunya hanya memakaikan baju perempuan ke anaknya. Karena kesal dan marah, akhirnya saat Kirara berlari ke sekolah hanya dengan celana dalam, dia bertemu tetangga baru, keluarga Tosayamada, yang merupakan keluarga preman. Merasa keluarga tersebut keren, Kirara memutuskan untuk mengikuti jejak dua anak keluarga itu, yang salah satunya seumuran dengannya, Ken.

Setelah berkali-kali ditolong oleh kedua kakak-beradik itu, terutama oleh Ken, Kirara mulai merasakan getar-getar cinta. Namun sayangnya, suatu ketika Ken bercerita bahwa dia dan kakaknya membenci ayahnya sendiri, karena ayahnya bercerai dengan ibunya, dan memiliki seorang pacar laki-laki. Hal ini tentu saja membuat Kirara merasa bahwa perasaannya terhadap Ken haruslah dihilangkan.

joi-schoolboy-07

Yamamoto-sensei selalu deh bikin karakter seme yang baik hati, meleleh saya

Tentu kita tidak bisa meragukan hasil karya Yamamoto-sensei, cerita yang sweet ditambah humor yang banyak. Dan humor paling lucu adalah karena sekalipun sudah SMA, Kirara masih saja kawaii, bahkan nipple-nya yang berwarna pink menjadi topik hangat di sekolah. Dan dari segi story development, kita akan dihadapkan pada fakta bahwa Ken mencium bibir Kirara dengan penuh kesadaran, padahal Kirara saat itu sudah siap melupakan perasaan sukanya terhadap Ken. Well, kita tunggu saja kelanjutannya, saya sendiri penasaran.

3. 蜜的男子スパイラル (Hachimitsu Danshi Supairaru : Honey Boys Spiral) by Haruka Minami

joi-schoolboy-08

Sekalipun saya sering membaca karya Minami-sensei, tetapi hampir semuanya saya baca secara sekedarnya saja dan tidak menjadi favorit saya. Salah satu alasannya adalah karena karakter uke­-nya biasanya terlalu seperti perempuan, yang kalau mengutip kata-kata teman saya, “perempuan tapi atasnya diiris, bawahnya ditambal.” Namun, saya akui, Minami-sensei sangat berbakat menulis cerita yang penuh adegan panas. Jadi, jika saya sedang ingin membaca cerita yang PWP saja (Porn Without Plot), tanpa perlu memikirkan konflik atau development cerita, saya akan mencari karya beliau. Apalagi karakter seme buatan Sensei selalu ganteng bin sexy.

joi-schoolboy-09

See, ganteng banget kan, apalagi kalo baca halaman-halaman berikutnya

Untuk menghormati itu, saya memasukkan salah satu karya beliau di list ini, dan manga ini merupakan favorit saya di antara semua karya beliau (tetapi hanya volume 1-nya saja, entah kenapa saya tidak merasa cukup puas dengan volume 2-4). Hachimitsu Danshi Spiral ini, seperti karya Minami-sensei lainnya, memiliki konflik yang sangat ringan, yaitu mengenai daddy boy bernama Hinato yang baru pindah ke asrama, lalu mulai menjalin ‘pertemanan akrab’ dengan Kisaragi-senpai. Perlu diperhatikan, sexy time-nya cute abis. Saran saya, bacalah sambil mendengarkan BLCD-nya, dan siapkan obat penambah darah. Jangan lupa juga headset, penting tuh.

4. セブンデイズ (Sebun Deizu : Seven Days) by Rihito Takarai

joi-schoolboy-10

Saya rasa saya tidak perlu berbicara banyak tentang manga BL legendaris ini, saya yakin setiap fujoshi dan fudanshi yang sudah terpeleset ke dalam dunia nista cukup lama pasti pernah membacanya. Bagi yang belum, saran saya kalian harus bergegas membacanya. Ide Takarai-sensei mengenai bagaimana dimulainya hubungan Shino-senpai dan Seryou sangatlah unik. Begitu juga dengan kisah cinta mereka yang tumbuh dalam sepekan, semuanya terjalin dan tersimpulkan dengan cantik di akhir cerita.

joi-schoolboy-11

The climax, I was crying those time, I remember

Biasanya saya akan sedikit kecewa dengan cerita BL yang tidak ada adegan nganu-nya. Namun, untuk Seven Days, keindahan ceritanya sudah lengkap, sehingga saya pun merasa begini saja sudah cukup. Sayang, adaptasi live action-nya berada jauh di bawah ekspektasi. Sepertinya, kesempurnaan manga ini memang tidak perlu diganggu-gugat lagi.

5. サヨナラノート (Sayonara Nooto : Goodbye Notes) by Fumi Tomoe

joi-schoolboy-12

Saat kelas 2 SMP, Ken pindah sekolah dan bertemu dengan Taku. Ken yang pendiam dan sulit berbicara dengan orang lain, akhirnya didekati oleh Taku yang menawarkan untuk bertukar buku harian bersama, sebagai sarana bercerita dan mengakrabkan diri. Tentu saja, kedekatan yang berlangsung selama lima tahun itu, menumbuhkan benih-benih kasih sayang di antara mereka berdua.

Namun, ketika Ken mengetahui bahwa Taku bercita-cita untuk kuliah di kota besar, Ken memutuskan untuk melakukan sesuatu untuk mengakhiri hubungan homo-dachi mereka yang kyun-kyun itu. Dan adegan perpisahan pun muncul, adegan yang berhasil membuat saya baper berhari-hari. Cerita ini memang agak angst, tetapi untungnya rasa manis di akhir cerita mengobatinya.

joi-schoolboy-13

When uke doesn’t want to do ‘that’ once more. Nice move, Ken!

Memang sih manga ini memiliki elemen angst yang cukup. Namun, karena kesedihan itu tidak terus berlanjut, saya pikir rasa manis dan sedikit humor di bagian akhir tetap membuat cerita ini tergolong sweet highschool boys story. Bagi yang ingin maso-maso dikit terus diobati dengan gula-gula, this manga is highly recommended.

6. 群青のすべて (Gunjou no Subete : All of Ultramarine) by Nagisa Furuya

joi-schoolboy-14

Seperti judulnya, manga ini dipenuhi warna biru laut (ultramarine), mulai dari cover-nya, sampai ceritanya yang membiru indah. Bercerita tentang Kai yang jatuh cinta dengan teman se-genk-nya sekaligus teman terdekatnya, Ren. Candaan Kai yang sering meng-kabe-don Ren, berubah perlahan menjadi keinginan untuk memilikinya seutuhnya dan menjadi seseorang yang lebih dari sahabat.

Sayangnya, Kai dan Ren yang selalu sekelas sejak kecil, tiba-tiba saja saat kelas 3 SMA, Ren berada di kelas yang berbeda. Konflik dimulai ketika Ren mulai sedikit terasa jauh karena berbeda kelas, ditambah dengan rumor bahwa Ren sudah memiliki pacar. Takut dan sedih menjadi satu, yang pada akhirnya Kai menyatakan perasaannya tanpa sengaja ketika Ren tampak sedang tertidur.

joi-schoolboy-15

Adegan akhir yang manis banget, jarang-jarang kan ada seme pemalu. Furuya-sensei, I need more kiss!! Anyway, ini masih lulus sensor kan, hahaha

Saya selalu terhipnotis art-nya Furuya-sensei, itulah mengapa saya selalu suka karya beliau. Hanya saja, beliau punya kebiasaan yang membuat saya haus dan geregetan, karena suplai adegan kissu-nya biasanya hanya ada secuil di bab akhir, and without any smexy scene at all. Seandainya Sensei menggambar adegan sakral itu, saya yakin hasilnya indah.

7. ギヴン (Givun : Given) by Natsuki Kizu a.k.a. Gusari

joi-schoolboy-16

Perlukah saya memberikan sinopsis untuk manga ini? Saya yakin perlu. Namun, sayangnya sinopsis saya sama sekali tidak bisa menggambarkan keindahan cerita karangan Gusari-sensei ini. Cerita tentang pertemuan dua tokoh utama, Uenoyama dan Mafuyu, di tangga sekolah; masa lalu Mafuyu yang pedih bersama pacar pertamanya yang sudah tiada; rasa cinta Uenoyama yang ikhlas dan lembut; ciuman Uenoyama untuk Mafuyu di panggung pertama mereka; semua keindahan itu tidak mampu saya tuliskan dengan baik. Saran saya, cobalah baca dan resapi ceritanya sendiri, juga art-nya, kalian pasti akan tenggelam di dalamnya.

joi-schoolboy-17

Secuil masa lalu Mafuyu bersama mantannya, Yuuki. Adegan ‘panas’ yang justru membuat hati saya sakit dan meneteskan air mata

Given memang angst banget, tetapi saya berfirasat, sekalipun manga ini masih ongoing dan volume 3-nya baru saja terbit dua pekan lalu, akhir cerita ini akan berbuah manis. Rasa manis yang saya yakin tidak akan membuat saya squealing seperti biasa, tetapi justru rasa manis yang membuat saya tersedu-sedan, dan akan selalu terpatri di dalam kenangan saya.

joi-schoolboy-18

Spoiler of volume 3: Mafuyu’s confession for Uenoyama

8. 花恋つらね (Hanakoi Tsurane : The Intertwined Flower Love) by Isaku Natsume

joi-schoolboy-19

Di antara semua karya Natsume-sensei, this is my number one. Rasa suka saya yang memang sangat tertarik dengan tanka, geisha, dan juga kabuki, membuat saya seketika menyukai cerita ini yang berpusat mengenai romansa aktor-aktor kabuki yang masih SMA. Cantik banget.

Sougorou, seorang aktor onna-gata (pemeran wanita di kabuki) sangat membenci Gensuke yang memiliki kemampuan akting yang sangat bagus. Sebenarnya Sougorou juga sangat berbakat, tetapi rasa panik dan ketakutannya pada kegagalan membuatnya justru semakin gagal. Dia tidak mengetahui bahwa Gensuke justru merupakan fansnya, sampai akhirnya mereka diharuskan berakting dalam satu panggung.

joi-schoolboy-20

Setelah selesai pentas dan harusnya beristirahat, mereka malah… tindih-tidihan, ahahaha, lanjutin aja mas

Hubungan mereka pun semakin dekat saat akhirnya mereka bermain sekali lagi dalam satu pentas dan menjadi dua dari tiga tokoh utama di Sannin Kichisa. Kebetulan, kedua tokoh yang mereka perankan memang seperti sepasang kekasih sesama jenis, sehingga saat mereka berlatih, pupuk cinta disebar untuk bunga panggung yang terjalin di antara mereka. Dan kedekatan mereka pun didukung dan dipanas-panasi oleh kakeknya Sougorou, yang saya yakin meng-OTP-kan cucunya sendiri dengan Gensuke. Natsume-sensei dengan pandai meramu persaingan mereka menjadi sebuah cerita yang manis dan lucu. Sekalipun tentu ada konflik kesalahpahaman, tetapi saya yakin happy ending akan menyertai mereka.

joi-schoolboy-21

Spoiler of the last chapter in volume 2: beautiful uke on attack. Mudah-mudahan volume 3 cepet terbit, saya geregetan pingin melihat mereka going all-out #eh

9. こいものがたり (Koimonogatari : Love Story) by Tooru Tagura

joi-schoolboy-22

Another beautiful story, stunning art, yet can break your heart. Bercerita tentang Hasegawa yang tanpa sengaja menerka bahwa teman sekelasnya, Yoshinaga, adalah seorang gay yang menyukai temannya sendiri. Hasegawa yang berpikiran terbuka akhirnya menjadi tempat curhat juga teman dekat Yoshinaga. Bahkan Hasegawa ikut memikirkan, bagaimana Yoshinaga bisa bahagia di masa depan nanti. Cerita mereka juga dihiasi dengan konflik teman satu kerja sambilan Yoshinaga yang juga gay (tapi uke), yang membuat Yoshinaga dan Hasegawa ingin menolongnya.

joi-schoolboy-23

Kedekatan yang perlahan, akankah mereka akhirnya saling jatuh cinta? Sampai sekarang belum ada jawabannya

Jika ada satu kalimat yang menggambarkan Koimonogatari, itu adalah it is too realistic. Sementara manga BL pada umumnya mengangkat kisah tumbuhnya romantise antara dua laki-laki yang agak too good to be true, Koimonogatari justru mengangkat tema tentang betapa terkucilkannya, kesepiannya, dan tertekannya orang-orang seperti Yoshinaga. Kebingungan dan kekhawatiran Yoshinaga dan temannya, sampai sekarang merupakan inti cerita Koimonogatari.

Karena sangat realistis, ada sedikit ketakutan dalam diri saya ketika membaca manga ini. Ketakutan karena saya yakin saya akan sangat bersedih saat mengetahui detail beratnya menjadi orang-orang yang dikucilkan, tetapi di saat yang sama saya memang ingin mengetahuinya dan mencoba untuk memahami lebih dalam. Perasaan kontradiktif yang membuat hati saya terasa sakit. Dan cerita ini membuat saya semakin mengerti, bahwa yang mereka inginkan sama saja seperti manusia biasa, yaitu ingin hidup bahagia. Kalian harus membacanya.

joi-schoolboy-24

Untungnya di chapter terbaru, secercah harapan muncul di antara Yoshinaga dan Hasegawa. Bahkan berpura-pura bergandengan tangan begitu saja terlihat sangat romantis. Saya harap hal ini adalah pengantar menuju akhir yang indah

10. るったとこだま (Rutta to Kodama : Rutta and Kodama) by Youko Fujitani

joi-schoolboy-25

Ada yang belum baca ini? Kalau belum, bacalah. This is probably the sweetest BL manga of all time, trust me. Cerita yang manis, healthy relationship, humor yang cukup, really nice and hot steamy smexy scenes almost in every chapter, cute adorable yet manly uke, stunningly handsome and cool seme, friendly supporting characters… I don’t know what else I have to write to describe how beautiful this story is. It’s… perfect. Well, I know there is no such thing in this mundane world that can be called as a perfection, but this story just… gives you almost all the sweetness you want.

joi-schoolboy-26

Rutta: Had enough?

Kodama: Ngghhh… no, do it harder

Mati berdiri gueh baca ini

Saya ingat, dulu saya membaca ulang manga ini regularly, sebulan minimal sekali, padahal saya saat itu masih BL fans in denial. Jika ditanya cerita apa yang benar-benar membuat saya terpana dengan BL, saya dengan yakin menjawab Rutta to Kodama. Bahkan, gara-gara itu, setiap kali saya mendengar nama ‘Kodama’, misalnya nama salah satu shinkansen yang memang bernama ‘Kodama’, pikiran saya langsung melambung ke arah yang ena-ena aneh-aneh.

joi-schoolboy-27

Ah… I’m so happy (Rutta’s last line in the manga). Me either, Rutta… Me either…

Honourable Mention

Sebenarnya top 10 list saya sudah selesai, tetapi saya masih memiliki beberapa rekomendasi yang ingin saya bagikan. Namun, karena dua judul yang akan saya perkenalkan ini sebenarnya bukan BL, sekalipun ceritanya benar-benar sweet dan highschool, serta BL hints-nya berlimpah, maka saya masukkan mereka ke kategori honourable mention.

Yang pertama adalah 刹那グラフィティ (Setsuna Gurafiti: Graffiti at the Moment) oleh Hinoki Kino-sensei. Beliau adalah artist dari manga legendaris No.6, dan cerita Setsuna Graffiti ini pun luar biasa. Untuk art-nya, hmmm, tak perlu ditanya, karena bagi saya art Kino-sensei adalah salah satu artwork terindah yang pernah saya tahu.

joi-schoolboy-28

Berkisah tentang Setsuna Kou yang punya trauma dengan api, yang akhirnya dipertemukan kembali dengan sorcerer’s apprentice bernama Kisaragi Ginga, yang ternyata adalah anak dari seorang pyrotechnician terkenal (pembuat kembang api) serta pemilik perusahaan kembang api. Pertemuan takdir Kou dengan orang di kenangan masa lalunya yang berharga, membuatnya memutuskan untuk belajar menjadi pyrotechnician, sekaligus berusaha menyembuhkan traumanya terhadap api. Sedikit spoiler, sampai manga ini tamat di volume 4, Ginga×Kou sayangnya belum menjadi canon, at least on-screen. Namun, saya yakin, entah off-screen atau di masa depan nanti, mereka pasti jadian. Wajib tuh.

joi-schoolboy-29

Lihat deh, jelas banget mereka lagi nge-date di festival kembang api

Saya dengar dari teman saya, volume pertama Setsuna Graffiti ini sudah diterbitkan oleh penerbit lokal dan tentu saja diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Jadi, bagi yang tidak bisa berbahasa Jepang, saya benar-benar menyarankan untuk membaca ini versi terjemahannya, saya jamin kalian tidak akan rugi.

Honorable mention kedua digenggam oleh 佐々木と宮野 (Sasaki to Miyano: Sasaki and Miyano) oleh Shou Harusono-sensei. Bagi yang sering surfing di pixiv, cobalah temukan homepage beliau. Banyak sekali hasil goresan pena beliau yang memanjakan mata dan hati. Salah satunya tentu saja, sketsa cerita Sasaki to Miyano ini. Saking terpananya saya dengan art-nya dan juga oleh kegantengan Sasaki-senpai, saya jadi ikut-ikutan memasang dua anting di telinga kiri saya.

joi-schoolboy-30

Cerita dimulai saat Miyano, seorang fudanshi undercover, ditolong oleh Sasaki-senpai saat akan ditodong oleh segerombolan preman sekolah. Sasaki-senpai yang memang terkenal agak berandal, ternyata mempunyai hati yang sangat baik (dan ganteng banget lagi). Melihat wajah Miyano yang imut, Sasaki-senpai jadi senang untuk menggoda dan berteman dengan Miyano, dan selalu memanggilnya dengan panggilan manis, “Myaaa-chan”. Bahkan, karena begitu ingin mengenal Miyao luar-dalam, Sasaki-senpai meminjam banyak manga BL dari Miyano. Di akhir volume 1, terlihat jelas bahwa kedekatan mereka berakhir dengan Sasaki-senpai menerima diri, bahwa dia sudah jatuh cinta pada Miyano.

joi-schoolboy-31

Ampun deh, romatis banget sih Sasaki-senpai, sampe rela gak turun kereta. Myaa-chan, just love him back, please. Kurang apa coba Sasaki-senpai

Saya tahu genre resmi manga ini di Jepang bukanlah BL, apalagi ada tulisan di sampulnya BL展開断固拒否 (BL tenkai dankokyohi: BL is definitely refused). Namun, saya tidak peduli, saya akan terus berharap saat tamat nanti, Sasaki-senpai dan Miyano benar-benar menjadi sepasang kekasih seperti manga-manga yang sering dibaca Miyano. Apalagi, berdasarkan dua chapter terbaru dari majalah Gene Pixiv, wajah Miyano menjadi merah padam saat Sasaki-senpai menembaknya dalam bisikan yang lembut. Kemudian, Miyano mulai membayangkan jika dia menjadi seme.

Saya tidak tahu apa yang merasuki saya, tetapi saat chapter tersebut release, tanggal 10 lalu, saya dengan berani membacanya di ruangan lab saya. Mungkin karena ini bukan BL, sehingga alam bawah sadar saya membiarkan saya membacanya di sana, di antara teman-teman lab saya yang semuanya laki-laki. Akibatnya, pengalaman memalukan terjadi. Beneran dehSasaki to Miyano tidak baik untuk kewarasan jiwa saya.

Future Candidates

Terakhir, saya ingin merekomendasikan tiga manga baru yang jelas-jelas termasuk dalam kategori sweet highschool BL manga. Saya memang sudah membelinya, tetapi saya belum sempat membacanya. Namun, dari sekilas melihat-lihat, saya rasa ceritanya benar-benar menjanjikan.

joi-schoolboy-32

Dari kiri ke kanan, この星でいちばん明るいところ (Kono Hoshi de Ichiban Akarui Tokoro : The Brightest Place in this Star) oleh Nako Mike-sensei, 初恋カウンターアタック (Hatsukoi Kauntaa Atakku : Firstlove Counter Attack) oleh Ohana-sensei, dan いつでもきみが (Itsudemo Kimi ga : Anytime You are) oleh Kyouhei Azumi-sensei. Saya tidak bisa berbicara banyak karena saya sendiri belum membacanya. Namun, sebagai penutup edisi kali ini, saya berikan sedikit intipan Hatsukoi Counter Attack, yang saya yakin ceritanya pasti bikin doki-doki, apalagi ini karya Ohana-sensei.

joi-schoolboy-33

Kalian tahu kan mereka habis ngapain… olahraga

Sekian edisi kali ini. Senangnya saya bisa berbagi sedikit pengetahuan saya yang lumayan penting tentang BL. Bagi yang ingin berbagi top 10 sweet highschool BL manga versi kalian sendiri, sangat dipersilakan untuk menuliskannya di kolom komentar. Hitung-hitung berbagi saran dan pahala dengan fujoshi dan fudanshi seluruh Indonesia. Baiklah, sampai jumpa bulan depan. Doakan saya tidah hiatus lagi ya.

Salam sayang, Angela.