Tahun ini, Kuil Kanda di Jepang Berkolaborasi dengan Sword Art Online

March 22, 2017 2:50 pm
Tahun ini, Kuil Kanda di Jepang Berkolaborasi dengan Sword Art Online

Beberapa tahun belakangan ini, nama Kanda Myoujin atau Kuil Kanda sangat lekat dengan seri Love Live!. Karena dalam serinya, salah satu karakter yaitu Nozomi Tojo memang digambarkan bekerja di kuil tersebut sebagai seorang miko. Administrasi dari kuil Kanda bahkan menunjuk Nozomi sebagai maskot dari kuil tersebut. Saat saya datang ke kuil tersebut sendiri, mereka menjual papan permintaan atau ema yang memiliki relief karakter Love Live! di kuilnya.

Namun tahun ini, sepertinya kuil Kanda ingin image yang berbeda, dengan mengumumkan kalau mereka akan berkolaborasi dengan seri Sword Art Online” untuk festival Kanda Matsuri tahun ini. Mereka juga memperlihatkan sebuah poster yang memperlihatkan para karakter dengan baju miko yang terlihat cantik. Sayang kenapa Sinon nggak di tengah.

JOI - kanda matsuri kolaborasi sao (2)

Hal ini tentu menimbulkan beberapa reaksi dari netizen, berikut ini adalah reaksi mereka:

  • “Benar-benar raja harem.”
  • “Era SAO memang sudah datang.”
  • “Tahun ini bukan Sunshine…”

Reaksi ketiga tersebut memang menimbulkan pertanyaan, apa yang terjadi dengan era Love Live!? Apakah mereka tidak berencana untuk melanjutkan kolaborasi dengan seri Love Live! seperti biasa? Banyak yang berkata kalau mungkin inilah akhir dari era idol, termasuk dengan presiden Bushiroad yang menganggap ini adalah era dari girl band.

Festival Kanda ini dilaksanakan tiap tanggal 15 Mei di tahun ganjil, dan merupakan salah satu dari 3 festival besar kuil Shinto di Tokyo. Festival ini awalnya dilakukan Shogun Tokugawa Ieyasu untuk merayakan kemenangannya di peperangan Sekigahara di tahun 1600, dan festival ini cukup besar untuk dianggap sebagai festival negara.

Sumber: Yaraon!