[JOI Music] The Oral Cigarettes

March 24, 2017 4:30 pm
[JOI Music] The Oral Cigarettes

Setiap hari kamis Jurnal Otaku akan memberikan rekomendasi musik dan membahas artis Jepang yang bisa kamu cicip dalam segmen JOI Music. Artis tersebut bisa terdengar baru di telinga kamu atau bahkan kamu sudah pernah mendengarnya dan mendapat featured di sini. Untuk edisi ke-67, JOI Music akan menampilkan band yang terkenal berkat menyanyikan lagu tema untuk Noragami Aragoto yaitu The Oral Cigarettes.

Siapakah The Oral Cigarettes?

the oral cigarettes joi 2

The Oral Cigarettes merupakan band alternative rock yang diisi oleh Takuya Yamanaka (vocal, guitar), Akira Akirakani (bass), Shigenobu Suzuki, (guitar), dan Masaya Nakanishi (drum). Mereka terbentuk pada Mei 2010 sewaktu mereka masih di SMA dan awalnya diisi oleh Yamanaka. Pada bulan Agustus 2010 Suzuki dan seorang drummer bernama Take melengkapi formasi dari The Oral Cigarettes. Mereka merilis indie single pertama mereka pada 10 Oktober 2010 berjudul “Nousatsu A-TYPE” dan membentuk label mereka sendiri bernama ZIG ZAG RECORDS. Pada 12 Maret 2011 mereka merilis indie album perdana mereka berjudul Tsuki ni hoete, Ai dan dilanjutkan dengan indie album kedua Shingetsu to Oushiza.

Kabar buruk menimpa Yamanaka pada Juli 2012, ia divonis mengidap penyakit hati dan harus dilarikan ke rumah sakit, akibatnya mereka terpaksa membatalkan penampilan mereka selama dua bulan. Belum selesai musibah tersebut drummer mereka Take memutuskan untuk berhenti dari band karena masalah percintaan. Kebingungan mencari drummer baru Yamanaka mengirim pesan ke Nakanishi untuk bergabung bersama The Oral Cigarettes tapi tidak dibalas karena Nakanishi tidak mengenal siapa yang mengirim pesan tersebut. Yamanaka semakin putus asa karena The Oral Cigarettes terancam bubar. Untungnya setelah pesan kedua Nakanishi mau menjadi drummer mereka.

Jika ada ungkapan yang mengatakan “setelah berhasil melalui cobaan, pasti kenikmatan selalu bermunculan” maka The Oral Cigarettes adalah salah satu contoh yang sesuai dengan ungkapan tersebut. Setelah mengalami musibah di sepanjang tahun 2012 mereka berhasil menjadi juara di ajang “MASH A&R” yang diselenggarakan oleh majalah MUSICA, label A-sketch, stasiun TV SPACE SHOWER TV dan manajemen serta publisher HIP LAND MUSIC. Kemenangan mereka di festival tersebut menjadi titik balik dari karir mereka, The Oral Cigarettes mendapat kontrak dengan label A-Sketch yang sukses menelurkan One OK Rock, Frederic, dan Flumpool pada pertengahan 2014 dan merilis single perdana dibawah label tersebut berjudul “Kishikaisei STORY” yang dirilis pada 16 Juli 2014 dan duduk di posisi ke-28 di Oricon Single Chart. Mereka merilis album perdana mereka The BKW Show!! pada 12 November 2014 dan menduduki posisi 20 besar di Oricon Album Chart.

Setelah merilis album tersebut nama mereka semakin popular dan dibuktikan dengan rangkaian tur mereka sepanjang tahun 2015 yang selalu penuh dan tiketnya terjual habis. Nama mereka semakin dikenal dunia terutama bagi para penggemar anime semenjak mereka merilis lagu pembuka Noragami Aragoto berjudul “Kyouran Hey Kids!!”. Lagu tersebut menjadi lagu yang paling sering diminta selama tiga bulan di program siaran lagu Jepang di Indonesia, musik video “Kyouran Hey Kids!!” juga berhasil diputar sebanyak 17 juta kali per Maret 2017 dan menjadi salah satu lagu tema anime yang paling sering diputar di YouTube.

“Kyouran Hey Kids!!” juga berhasil diputar sebanyak 400 ribu kali di Spotify hanya dalam waktu empat bulan. Pada 5 Januari 2016 mereka merilis album kedua mereka FIXION dan menjadi juara selama sehari di Jepang. FIXION terjual sebanyak 11 ribu kopi di minggu pertamanya dan masuk di posisi keenam. Rangkaian tur yang mereka buat dalam rangka mempromosikan album kedua ludes terjual di semua tempat.

the oral cigarettes joi 3

The Oral Cigarettes merilis album ketiga mereka UNOFFICIAL pada 1 Februari 2017 dan menjadi juara selama dua hari berturut-turut. UNOFFICAL duduk di posisi ketiga di Oricon Album Chart dan hanya terpaut 660 kopi dari juara pertamanya. UNOFFICIAL menjadi album pertama mereka yang berhasil menembus posisi tiga besar di Jepang.

Apa yang membuat mereka menarik?

the oral cigarettes joi 4

Kamu tidak bisa menebak apa yang akan dirilis The Oral Cigarettes berikutnya. Mereka mencampurkan semua elemen musik rock seperti alternative rock, funk rock, pop punk, dance rock, mixture rock, emo ke dalam musik mereka. The Oral Cigarettes juga termasuk band yang unik karena dandanan mereka begitu gothic dan emo tetapi musik mereka terdengar cepat dan ritmis. Vokal Yamanaka yang khas dan mempunyai batas tipis antara emo dan alternative membuat The Oral Cigarettes terdengar universal dan tidak membatasi pada satu genre seperti bunglon.

Meski mereka memainkan jenis musik yang berbeda-beda di setiap single dan album tetapi semua itu masih terdengar enak dan mampu membius pendengarnya sesuai dengan filosofi dari nama The Oral Cigarettes yang ingin membuat orang kecanduan akan musik mereka layaknya orang yang kecanduan rokok melalui lisan (oral) dan musik.

Lagu mana aja yang direkomendasikan?

Pastinya kamu sudah mencoba “Kyouran, Hey Kids”. Tetapi selain lagu tersebut mereka banyak mempunyai lagu-lagu yang adiktif seperti “DIP-BAP”, “Kizukeyo Baby” dan “Mr. Phantom” yang memasukkan unsur dance-rock serta funk rock ke dalam satu paket.

Lalu ada “5150” bagi kamu yang suka dengan lagu bernada cepat dan bernuansa anisong.

Bagi kamu yang belum bisa move on dari “Kyouran, Hey Kids” kamu juga bisa mencoba lagu mereka “Licorice” yang mempunyai suasana yang sama dengan lagu tersebut.

Unsur post-punk revival yang cepat mereka lakukan di lagu seperti “Kantanna Koto” (yang mempunyai tema sosial yang cukup berat), “STARGET” dan “Kishikaisei STORY”.

Meskipun mereka bermain cepat mereka juga bisa menunjukkan sisi mellow-nya di lagu “Amy” yang mempunyai makna yang dalam dan emosional.

Jika kamu penasaran dengan lagu mereka sewaktu masih berkecimpung di indie label kamu bisa mencoba lagu “Sakaurami Kozou/mist…” dimana unsur raw mereka masih terdengar jelas.

Diskografi The Oral Cigarettes

Rilisan Indie (tanggal rilis, format)

  1. Nousatsu A-Type (10 Oktober 2010, demo)
  2. Tsuki no Hoete, Ai (12 Maret 2011, album)
  3. Shingetsu to Oushiza (12 Februari 2012, album)
  4. Kietamitai/N.I.R.A. (17 Desember 2012, single)

Rilisan Major Label (tanggal rilis, label, posisi di Oricon)

Mini Album

  1. Orange no Nukegara, Watashi ga Ikita ai no Akashi (28 Agustus 2013, A-Sketch, 95)

Single (tanggal rilis, label, posisi di Oricon)

  1. Kishikaisei STORY (16 Juli 2014, A-Sketch, 28)
  2. Amy (22 April 2015, A-Sketch, 29)
  3. Kyouran Hey Kids!! (11 November 2015, A-Sketch, 19)
  4. Dip-Bap (3 Agustus 2016, A-Sketch, 12)
  5. 5150 (16 November 2016, A-Sketch, 10)

Album (tanggal rilis, label, posisi di Oricon)

  1. The BKW Show!! (12 November 2014, A-Sketch, 20)
  2. Fixion (5 Januari 2016, A-Sketch, 6)
  3. Unofficial (2 February 2017, A-Sketch, 3)

Situs Resmi
Facebook
Twitter
Instagram
Spotify

JOI Music diasuh oleh ikarifseiei dan terbit tiap kamis. Selain menulis untuk Jurnal Otaku di bagian musik, ikarifseiei juga seorang blogger yang kerjaannya mengulas anime, music dan terkadang movie di RE:PSYCHO. Ia dipilih sebagai Duta Musik Jepang di Indonesia oleh Recording Industry Association of Japan (RIAJ) berkat terus memberikan rekomendasi musik Jepang yang enak ke teman-temannya dan ke pendengarnya melalui program radio Zora Japan Beat di Zora Radio Bandung.