[JOI Spotlight] RIP Edition

March 26, 2017 17:56
[JOI Spotlight] RIP Edition

Kembali lagi ke JOI Spotlight, dimana saya pertama-tama harus minta maaf spotlight kali ini lebih ramping akibat harus berangkat keluar kota, namun begitu kami akan tetap menghadirkan berbagai impresi untuk berbagai seri di minggu ini.

Gundam Iron Blooded Orphan 48

gibo487

bukan_randy

Disebarin banyak death flag, terus dikasih hope spot, terus dibanting di akhirnya. Whelp, dari sepanjang seri IBO, kita selalu melihat kalau Mika selalu bergantung ke Orga sebagai pengambil keputusan; mari kita lihat bagaimana Mika akan bertindak setelah ini

Kaptain

Getting super sketchy there Mcgillis. Ingat saat Biscuit mati dan efeknya terhadap Mika? Kali ini nampaknya kita akan mendapatkan versi lebih ekstrim dari pertarungannya dengan Carta.

Tiger Mask W 23

1489875664380

Kaptain

Untung kali ini sesi fillernya tidak kepanjangan. Kita langsung masuk ke arc battle royal yang gila-gilaan lagi, dan berhubung anime ini masih punya jatah 16 episode lagi, saya harap setelah arc ini selesai ceritanya benar-benar masuk ke tipe pertandingan endgame yang jauh lebih brutal.

Sangatsu no Lion 22

3-gatsu no Lion - 22

Kaptain

Salah satu kandidat terkuat untuk anime of the year saya saat ini. Berhubung Oktober nanti season keduanya akan tayang dan salah satu arc terkuat seri ini akan diadaptasi, rasanya sulit untuk seri ini mendapatkan kompetisi yang sepadan. Nantikan review akhir dari saya dalam beberapa minggu kedepan.

Episode terakhir ini menutup musim ini dengan Montage “Fighters”, sebuah chapter spesial buatan Chica Umino yang melingkupi dengan baik esensi dasar dari seri ini dan memberi sedikit teaser untuk para pemain shogi di cour selanjutanya.

Little Witch Academia 11

Little Witch Academia - 11

Kaptain

Endgame dari seri ini akhirnya diungkap juga. Sihir dunia ini sekarat dan sebuah ritual yang bisa mengubah dunia telah ditemukan. Akko sendiri telah menemukan 2 dari 7 bagian sihir yang diperlukan dan sebuah masa depan yang kurang menyenangkan hadir dihadapannya

Dalam penulisan cerita terdapat anjuran yang bernama “Rule of Three” dimana sebuah aspek atau plotpoint penting cerita diusahakan ada dalam tiga bagian atau dikedepankan tiga kali. Perkembangan Akko dimulai dengan kesadaran bahwa sihir adalah keahlian yang sulit dikuasai, bahwa tidak ada jalan lain untuk menguasainya selain dengan kerja keras, dan akhirnya dengan episode ini Akko membuktikan pembelajaranya ini dengan menolak “jalan pintas” yang diberikan padanya. I’m so happy for her growth.

ACCA 11

ACCA 13-ku Kansatsu-ka - 11

Kaptain

Thank you Warbler for the recap. Walaupun pandangan pesimisnya tentang kudeta bisa dimengerti melihat distrik bagiannya sudah mengalami kepahitan dari proses kudeta.

Furawau yang merupakan Dubai setting ini akhirnya mengungkap agenda sebenarnya dibalik kudeta, “we got the oil, we’re the one in charge”. Tentunya rencana mereka hanya bisa sukses bila Jean adalah seseorang yang mudah dimanipulasi.

Kemono Friend 11

yUfLW6Hh

Kaptain

Saya semakin diyakinkan adaptasi anime ini adalah “darkest timeline” dari ending gamenya. Melihat puing-puing di episode ini nampaknya umat manusia gagal menanggulangi bencana yang menimpa Japari Park.

Sekarang yang menjadi pertanyaan utama adalah bagaimana episode selanjutnya merespon tragedi yang sudah terjadi, saya sendiri tidak menyangka bisa sangat emosional dengan seri “anak” ini.

Onihei 11

Onihei - 11 (Amazon).mkv_snapshot_08.23_[2017.03.25_19.17.27]

Kaptain

Fokus kembali ke keluarga Heizo, yang tentunya juga punya backstory tragis. Ancaman NTR yang menjadi fokus episode ini secara tidak mengejutkan dijawab dengan “so what?“. It feels oddly satisfying.

Seiren 12

[HorribleSubs] Seiren - 12 [480p].mkv_snapshot_19.15_[2017.03.26_17.46.51]

Kaptain

That was surprisingly great. Dialog nyentrik khas Seiren tentu masih ada, namun pada arc ini hal itu bisa menjadi bumbu pemanis untuk Heroine yang telah banyak berkembang sepanjang arc ini dan Shouichi yang jadi sangat manly. 

Setidaknya sekarang bila orang lain menanyakan apakah Seiren worth watching, saya bisa menjawab dengan “arc ketiganya cukup worthwhile, silahkan loncat langsung ke episode 9″.

Nobunaga no Shinobi 25

[HorribleSubs] Nobunaga no Shinobi - 25 [480p].mkv_snapshot_02.09_[2017.03.26_17.20.37]

Kaptain

Ingat tulisan saya dulu tentang sedikitnya detil tentang invasi ini? Ternyata itu karena Rokkaku sendiri kalah dengan sangat antiklimatik. Kemungkinan besar satu ninja Koga kemarin akan kembali lagi di episode kedepannya.

The Legend of Zelda: Breath of The Wild

breath of the wild spotlight

NanaMiku

Memang saya jarang mengisi JOI Spotlight karena berbagai kesibukan (alasan), tetapi akhir-akhir ini lagi ketagihan Zelda yang baru. Sedikit ga nyangka bisa ketagihan banget main game ini karena Zelda yang pernah gue mainin itu Majora’s Mask (sampe tamat tapi pake walkthrough karena bingung), Skyward Sword (hampir tamat tapi mager), Twilight Princess (cuman), dan Wind Waker (cuman coba). Tapi ini Breath of the Wild bener-bener bikin ketagihan padahal saya tidak begitu menikmati open world akhir-akhir ini karena jenuh.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Mari mengheningkan cipta untuk berbagai karakter yang tidak bisa hadir hingga ke akhir masa tayang seri tersebut.

Header: Ki_nu_go_shi