[JOI Music] Natsume Mito

March 30, 2017 6:51 pm
[JOI Music] Natsume Mito

Setiap hari kamis Jurnal Otaku akan memberikan rekomendasi musik dan membahas artis Jepang yang bisa kamu cicip dalam segmen JOI Music. Artis tersebut bisa terdengar baru di telinga kamu atau bahkan kamu sudah pernah mendengarnya dan mendapat featured di sini. Untuk edisi ke-68, JOI Music akan menampilkan solois merangkap model bernama Natsume Mito.

Siapakah Natsume Mito?

natsume mito joi 4

Natsume Mito adalah cewek kelahiran Perfektur Nara yang lahir pada tanggal 20 Februari 1990. Mito sendiri merupakan lulusan dari sekolah model dan fashion Ueda Yasuko Fukushoku Senmongakkou. Karir Mito sebagai model dimulai dari tahun 2010 saat ia menjadi model lokal di daerah Kansai, setelah ia pindah ke Tokyo pada tahun 2013 ia mendapat banyak tawaran untuk tampil di berbagai majalah fashion seperti mer, Zipper dan SEDA. Rambut Mito yang mempunyai gaya poni yang khas membuat nama dia melejit di dunia fashion. Cewek yang tidak jago bersih-bersih ini bertemu dengan produser yang membuat lagu untuk Perfume dan Kyary Pamyu Pamyu bernama Yasutaka Nakata pada tahun 2015, dari hasil pertemuan tersebut muncul lagu “Maegami Kirisugita” yang mengawali langkah Mito sebagai penyanyi.

Tidak tanggung-tanggung Mito merilis sebelas versi musik video dari “Maegami Kirisugita” dengan sutradara yang berbeda-beda yang terdiri dari versi detektif, era samurai, stylish, program anak,  stop motion animation, black and white animation, kawaii, shoujo manga, komik bergerak, pertandingan olahraga, dan ceria. “Maegami Kirisugita” berhasil duduk di posisi ke-36 di Oricon Single Chart.

Untuk single keduanya ia bercerita tentang kejayaan game 8-bit dalam “8-Bit Boy” dan memasukkan estetika video game 80-an yang penuh dengan glitch yang khas. Natsume menunjukkan kebisaannya dalam bermain gitar dalam lagu electro-accoustic “I’ll Do My Best” yang temanya mirip dengan lagu Perfume “One Room Disco” dan dirilis pada 6 April 2016.  Pada 22 Februari 2017 ia kembali merilis single keempatnya berjudul Puzzle/Hanabira. “Puzzle” menjadi lagu tema untuk anime “Puzzle & Dragons ” dan menjadi lagu Mito pertama yang menjadi soundtrack anime. Natsume Mito akan merilis album penuh pertamanya berjudul Natsumelo pada 26 April 2017.

Apa yang membuat ia menarik?

natsume mito joi

Selain mempunyai rambut yang unik dan khas musik Natsume Mito juga sangat enerjik berkat tangan dingin Yasutaka Nakata yang sudah menangani Capsule, Perfume, Kyary Pamyu Pamyu, meg, dan banyak lagu electropop lainnya. Mendengarkan Natsume Mito seperti mendengar Perfume di awal karirnya seperti lagu “8-Bit Boy” yang terdengar seperti lagu “Perfume” di album Complete Best tahun 2006. Musik electropop yang unik dan dalam taraf normal (jika dibandingkan dengan Kyary Pamyu Pamyu) serta tampilannya yang kawaii nan stylish membuat Natsume Mito menjadi semakin menarik.

Lagu mana aja yang direkomendasikan?

Jika kamu suka Perfume pasti kamu pasti suka dengan Natsume Mito seperti pada lagu “8-Bit Boy” yang menggabungkan Perfume, YMCK, dan Yellow Magic Orchestra ke dalam satu lagu yang bercerita tentang kejayaan video game 80-an lengkap dengan suara 8-bit pop.

Jika kamu suka Kyary Pamyu Pamyu tetapi tidak mau melihat sisi keanehannya bisa mendengar “Maegami Kirisugita”.

Kepiawaian Natsume Mito dalam bermain gitar juga ditunjukkan dalam dua lagu electropop santai yaitu “I’ll Do My Best” yang terdengar seperti lagu electrohouse-accoustic ala Avicii serta “Hanabira” yang terdengar seperti “Computer City” milik Perfume.

Diskografi Natsume Mito

Single (tanggal rilis, label, posisi di Oricon)

  1. Maegami Kirisugita (8 April 2015, Sony, 36)
  2. 8-Bit Boy (16 September 2015, Sony, 45)
  3. I’ll do my best (6 April 2016, Sony, 41)
  4. Puzzle/Hanabira (22 Februari 2017, 108)

Album (tanggal rilis, label, posisi di Oricon)

  1. Natsumelo (26 April 2017, Sony)

Situs Resmi
Twitter
Instagram
Spotify
YouTube

JOI Music diasuh oleh ikarifseiei dan terbit tiap kamis. Selain menulis untuk Jurnal Otaku di bagian musik, ikarifseiei juga seorang blogger yang kerjaannya mengulas anime, music dan terkadang movie di RE:PSYCHO. Ia dipilih sebagai Duta Musik Jepang di Indonesia oleh Recording Industry Association of Japan (RIAJ) berkat terus memberikan rekomendasi musik Jepang yang enak ke teman-temannya dan ke pendengarnya melalui program radio Zora Japan Beat di Zora Radio Bandung.