[JOI Spotlight] End of Winter Season 2017 Edition

April 1, 2017 7:14 pm
[JOI Spotlight] End of Winter Season 2017 Edition

Bertepatan dengan berakhirnya berbagai anime musim dingin, JOI Spotlight pertama untuk bulan April ini kembali memberi berbagai impresi untuk seri yang tayang dan berakhir pada minggu ini. Saya perlu tekankan bahwa artikel ini sama sekali tidak menyimpan rahasia ataupun joke apapun walaupun di-posting pada 1 April, believe me.

Gundam Iron Blooded Orphans 49

IBO 49

Kaptain

Pada akhirnya McGillis sama sekali tidak mengkhianati Tekkadan pada season ini. McGillis mengakhiri hidupnya sebagai orang gila yang kharismatik dan naif, dan bukan manipulator ulung seperti yang ditunjukkan di season pertamanya. Bahkan duel terakhirnya hanya bisa terjadi karena Rustal sengaja menghemat MS miliknya.

Lucunya, bila McGillis (dan Tekkadan) mau bersabar dan mengumpulkan kekuatan sedikit demi sedikit mereka akan bisa mendapatkan segalanya. Cara mereka yang sekarang ini lebih efektif untuk sebuah seri Gundam yang dimana satu MS bisa menandingi ratusan unit atau Battleship, bukan untuk seri perang yang ditulis oleh Mari Okada.

Saya juga cukup kaget Mika bisa merespon kematian Orga dengan “baik”. Kecil kemungkinannya para opsir Tekkadan akan lolos dari pertarungan ini.

Bukan_randy

Rada mixed feeling dengan bagaimana McGillis itu ternyata tulus. Seperti yang Kaptain bilang, McGillis jadinya lebih seperti orang gila ketimbang licik jenius. Pertarungan antara Bael & Kimaris Vidar mungkin salah satu yang paling seri dan detil di seluruh seri ini, tapi sayangnya kualitas gambarnya sama sekali nggak bisa ngejar.

Nampaknya akhirnya kita bisa lihat sifat asli Mika itu sebenarnya seperti apa. Kata-kata “Orga, berikutnya aku ngapain? Nggak, aku udah tahu kok. Cuma pingin nanya aja” terdengar sederhana, tapi juga menunjukkan sisi Mikazuki yang selama ini disembunyikan.

Tiger Mask 24

[HorribleSubs] Tiger Mask W - 24 [480p].mkv_snapshot_20.07_[2017.03.28_18.45.54]

Kaptain

That’s how you do a battle royale. Sebuah Rival yang selalu kalah itu bukan Rival, tapi “gangguan”, saya sangat bersyukur anime ini tidak terjebak dengan rival semacam itu. Takuma yang selama ini jadi “Player 2” dari seri ini akhirnya bisa membuktikan dirinya. Namun sangat kecil kemungkinannya dia bisa memenangkan title match episode berikutnya.

ACCA 12

[HorribleSubs] ACCA - 13-ku Kansatsu-ka - 12 [480p].mkv_snapshot_23.52_[2017.03.29_13.43.40]

Kaptain

ACCA berhasil menjadi pemenang kudeta ini, Abend bukan Grossular seperti yang sudah saya tebak beberapa minggu lalu, dan hanya ada satu karakter lain yang sangat peduli dengan keluarga Otus yang usianya cukup tua untuk jadi kandidat yang tersisa.

Ini adalah kudeta yang sempurna, tidak ada kekerasan ataupun kematian, hanya intimidasi yang pada dasarnya mengatakan “Kudeta itu gampang, tapi kami lebih menghargai kedamaian”. Hasilnya Schwan yang awalnya terindimidasi oleh otonomi ACCA dan tekanan bahwa dia hanya pewaris cadangan menyadari bahwa ACCA berpihak padanya dan Jean sama sekali tidak menginginkan singgasana. Everyone wins, except Furawau, screw those guys.

Yang jelas walaupun Dowa kehilangan satu “negara”, setidaknya distrik tertinggal lain seperti Pranetta dan Suitsu akan bisa bangkit lagi dibawah ACCA yang baru.

Walaupun ini adalah episode klimaksnya banyak terlihat penghematan animasi dimana-mana, untung saja anime ini lebih bergantung pada dialog dan penggambaran setting, dua hal yang secara keseluruhan dieksekusi dengan baik oleh Madhouse.

Little Witch Academia 12

dNRPWsI

Kaptain

Akhirnya kita mendapat sebuah masalah yang memerlukan lebih dari satu episode untuk diselesaikan. Akko sudah lebih kompeten sebagai penyihit, namun dia disadarkan bahwa dia masih kalah jauh dengan jenius seperti Diana, yang selain memiliki koneksi dan bakat masih tetap harus bekerja keras untuk mendapat posisi seperti sekarang.

Saya juga harus memuji Yoko Hikasa yang memerankan Akko yang berpura-pura menjadi Diana.

Kemono Friends 12

[HorribleSubs] Kemono Friends - 12 [480p].mkv_snapshot_21.14_[2017.03.31_15.59.33]

Kaptain

Sleeper hit season ini. Kemono Friends adalah seri yang sangat terbantu oleh ekspektasi rendah dari penonton yang kemudian berhasil meningkatkan momentumnya dengan karakterisasi dan worldbuilding yang kompeten. Saya selalu senang bila sebuah season anime memiliki sebuah seri yang sama sekali tidak memiliki hype, namun berhasil tumbuh menjadi anime paling populer atau menjadi seri yang akan terus dibicarakan beberapa tahun kedepannya.

Kemono Friends menceritakan tentang sebuah petualangan, sebuah genre cerita yang kebanyakan anime lupa bagaimana caranya cerita seperti ini bekerja. Dengan berbagai karakter yang tidak terjebak pada archetype kebanyakan seri dan worlbuilding yang cukup memberikan informasi dunia, namun masih menyisakan pertanyaan untuk membuat spekulasi menarik membuat Kemono Friends memiliki topik pembicaraan yang menarik tiap minggunya.

Entah bagaimana kedepannya seri ini akan dikerjakan melihat minat yang meningkat secara drastis.

Onihei 12

Onihei - 12 (Amazon).mkv_snapshot_18.37_[2017.03.31_14.15.24]

Kaptain

Death by childbirth, paling tidak episode ini tidak buang-buang waktu dalam menentukan tone-nya. Saya tahu Koyanagi akan melibatkan dirinya dengan kasus yang cukup ekstrim agar dia bisa mati, hanya saja saya tidak menduga dia melakukannya dengan bertaruh dengan menggantikan seorang kriminal sebagai tahanan.

Kita masih punya jatah satu episode lagi yang nampaknya berfokus pada Omasa, mari kita lihat apakah ceritanya bisa menjadi penutup yang pantas untuk Onihei.

Shouwa Genroku Rakugo Shinjuu s2 1-12

sc1LsvY

Kaptain

Ya. Saya maraton semua episode season dua ini dalam sehari. It was super worth it.

Rakugo akan tetap hidup walaupun Bon terus berusaha untuk mati bersamanya. Kematiannya bertepatan dengan momen dimana dia yakin Rakugo akan terus hidup berkat dedikasi keluarganya dan dia mampu mengampuni dirinya sendiri akibat kematian Sukeroku II dan Miyokichi, dan segala penderitaan yang menimpa Konatsu.

Cerita seri ini dimulai dengan Shinigami yang dibawakan sang sosok tradisionalis dan akhirnya dibawakan oleh Yotaro sebagai penutup. Tentunya Rakugo miliknya memiliki penceritaan yang tidak mungkin diterima oleh generasi Rakugoka sebelumnya, jadi moral lain yang bisa diterima dari Rakugo Shinjuu kasarnya adalah “Tunggu generasi sebelumnya mati agar inovasi yang berarti bisa dilakukan.”

DEEN yang selalu diberikan stigma dalam produksi anime sebagai studio dengan kualitas produksi yang pas-pasan telah mendapatkan portofolio yang berharga dengan anime ini. Mereka bisa saja menyingkat sesi Rakugo dengan montage singkat, namun mereka mengadaptasi sepenuhnya pembawaan cerita untuk menunjukkan sulitnya eksekusi Rakugo. Saya harap dedikasi semacam ini bisa dihargai juga oleh lebih banyak orang.

Nobunaga no Shinobi 26

[HorribleSubs] Nobunaga no Shinobi - 26 [480p].mkv_snapshot_01.10_[2017.03.29_09.49.24]

Kaptain

Akhirnya Kyoto mulai diduduki, walaupun penceritaan episode ini lebih seperti sebuah penutup season, saya tidak terlalu gelisah karena musim semi ini kita akan tetap kedapatan aksi Shinobi yang imut namun haus darah ini. Saya penasaran bagaimana seri ini akan menceritakan konfliknya dengan Ikko Ikki nanti, karena secara historis kebrutalan dirinya terlihat jelas dengan konflik ini.

Sekian JOI Spotlight untuk minggu ini. Jadi apa anime of the season menurut kalian? Saya sendiri sulit menentukan antara Rakugo & Sangatsu sebagai anime favorit saya untuk musim ini.

Header: Usukuti