Lokasi Bunuh Diri Terkenal Jepang Menjadi Lebih Aman Akibat Pokemon GO

April 4, 2017 6:36 pm
Lokasi Bunuh Diri Terkenal Jepang Menjadi Lebih Aman Akibat Pokemon GO

“Pokemon GO” yang walaupun popularitasnya sekarang tidak sebesar tahun lalu masih tetap populer di Jepang. Kali ini berita tentang game ini untungnya bukan tentang korban yang timbul akibat game ini, namun nyawa yang diselamatkan olehnya.

Tojinbo adalah sebuah tebing yang berada di prefektur Fukui, tebing yang gagah dan ombak yang ganas membuatnya menjadi kunjungan wisata yang menarik, dan sayangnya juga lokasi bunuh diri yang atraktif.

Popularitas Tojinbo sebagai lokasi bunuh diri yang populer membuat Yukio Shige, seorang pensiunan polisi; untuk membuat sebuah organisasi untuk mencegah aksi bunuh diri daerah tersebut. Shige yang sudah bertahun tahun menjadi sukarelawan menemukan bahwa 90% pelaku berasal dari luar prefektur Fukui, yang datang akibat reputasi Tojinbo. Setiap tahunnya lusinan orang melemparkan diri mereka dari tebing Tojinbo, pada tahun 2016 kemarin korban telah mencapai 14 orang.

Hanya saja memasuki bulan keempat 2017, jumlah kasus yang terjadi adalah 0. Bulan Maret hingga Juli adalah bulan dimana kasus bunuh diri Jepang melonjak tiap tahunnya. Sehingga tidak adanya kasus pada bulan Maret adalah sebuah pencapaian.

Hal ini dikarenakan Tojinbo sekarang mendapat reputasi sebagai lokasi Pokemon langka. Area ini menjadi lebih ramai berkat kunjungan para trainer dan orang yang terancam akan bunuh diri cenderung lebih sulit melakukannya melihat suasana yang baru ini. Dikatakan juga walaupun mendekati musim dingin kunjungan para trainer berkurang, mendekati musim panas dan musim liburan jumlah trainer yang datang meningkat.



Shige berkomentar bahwa “Tidak ada satupun pesan bunuh diri yang mengatakan bahwa mereka ingin mati”, dia mengatakan bahwa kebanyakan korban tidak dapat menerima bantuan disaat mereka sangat membutuhkannya. Walaupun dia mengakui bahwa Pokemon GO bisa mengubah atmosfir Tojinbo menjadi lebih positif, dia tetap ingin meningkatkan patroli dan menggunakan drone agar jumlah angka bunuh diri tetap bisa ditekan.

Tentu saja orang yang memang berdedikasi untuk bunuh diri akan mencari tempat lain, dan bila dilihat dari sisi yang lebih pesimistik Pokemon GO hanya membuat area Tojinbo lebih bebas dari kasus bunuh diri tanpa mengurangi angka bunuh diri secara keseluruhan. Untuk membawa perubahan yang berarti Niantic nampaknya perlu menambahkan Pokestop atau Pokemon langka ke lokasi rawan bunuh diri lainnya.

Sumber: Rocketnews