[Waifu Wednesday] Suzumiya Haruhi

April 5, 2017 6:41 pm
[Waifu Wednesday] Suzumiya Haruhi

Waifu Wednesday minggu ini akan membahas karakter tipe “Goddess” yang luar biasa populer dalam dunia anime, sampai punya sekte sendiri yang disebut sebagai “Haruhiism”.
Setelah sebelumnya signum membahas waifu serial lawas yang kalem, kali ini giliran saya membahas waifu yang juga dari serial lawas, bedanya kali ini kita membahas karakter yang cenderung urakan. 

Suzumiya Haruhi adalah heroine utama dari serial Suzumiya Haruhi no Yuutsu. Sebuah serial anime yang tayang perdana pada 2 April 2006, ber-genre sci-fi & slice of life. Diangkat dari sebuah novel ringan berjudul sama karangan dari Nagaru Tanigawa.

Anime ini sekaligus menjadi penanda mulainya tren anime yang ber-genre ‘metadan sekaligus merupakan awal dari era barumoe’ .

Haruhi_01

Meski menjadi awal dimulainya era moe, namun alur cerita yang ada di dalam anime ini cukup jauh dari anime-anime moe yang tayang pada zaman sekarang. Banyak scene dan alur cerita yang cukup berat, hingga dapat membuat penontonnya bingung, atau bahkan mindbreak.

Tentu tidak akan luput dari ingatan saya tentang chain-episode berjudul “Endless Eight” yang mungkin tidak semua orang cukup kuat untuk mengikutinya. Atau cobalah untuk mendengarkan penjelasan mengenai istilah-istilah sci-fi ala Alien Humanoid Interface, Nagato Yuki. Dan masih banyak elemen-elemen lain dalam serial ini yang bisa membuat kita garuk-garuk kepala.

Haruhi_00

Memiliki fanbase yang fanatik dan beberapa diantaranya cenderung freak, Suzumiya Haruhi adalah karakter yang cukup fenomenal dalam sejarah otaku. Karena untuk kali pertama, sebuah karakter fiksi bisa sampai memiliki sekte sendiri khusus untuk memuja dirinya layaknya seorang Dewi.

+ Kapan lagi punya pacar seorang Dewi?

Haruhi_Goddes1

Apa yang kalian inginkan di dunia ini? Kucing bisa bicara? Kekuatan laser dari mata? Pohon sakura berbunga bukan pada musimnya? atau menghidupkan kembali burung merpati penumpang yang sudah lama punah?

Jika itu harapan kalian, maka selamat! Karena semua itu dapat diwujudkan dengan hanya dengan bermodal ‘keinginan’ dari dalam benaknya Haruhi. Hal apapun akan dapat terwujud tanpa peduli se-absurd atau seaneh apapun itu. Namun kalian harus berhati-hati dan menjaga baik-baik perasaannya. Salah-salah kalau Haruhi bete, kalian bisa terseret masuk ke dimensi lain.

Haruhi_Goddes2Kalian mau masuk ke dimensi dimana para makhluk raksasa di belakang itu menghancurkan seisi sekolah?

Meski begitu, Haruhi sama sekali tidak sadar atas kemampuan luar biasanya tersebut. Hanya teman-teman di klubnya lah yang sadar dan kerepotan mengatasi segala macam dampak yang ditimbulkan dari kekuatannya.

+ She’s Hot for sure

Haruhi_Hot1

Menurut saya pribadi, Haruhi memiliki fisik paling ideal jika dibandingkan dengan 2 heroine lain dari serial ini, yaitu Asahina Mikuru & Nagato Yuki. Tipikal cewek sporty, Haruhi memiliki proporsi tubuh yang hanya bisa didapatkan dari rutin berolahraga. Selain itu, secara genetik Haruhi mewarisi ‘plot’ yang proporsional, tidak rata, dan juga tidak terlalu besar seperti Mikuru (no offense for ya Mikuru-fans).

Haruhi_Hot2I mean, look at those abs…

+ Super Utility Player

Haruhi_SUP

Istilah yang datang dari Kyon, sang protag serial ini untuk Haruhi. Yang dapat diartikan sebagai ‘Serba Bisa’. Mengapa demikian? Pertama, Haruhi cukup pintar secara akademis, sampai-sampai dia sanggup mengerjakan ujiannya lebih cepat dan tidur sebelum waktu ujian selesai.

Kedua, Haruhi juga memiliki fisik yang prima dan dapat berlari dengan kecepatan tinggi pada saat lomba olahraga, hingga mampu menjuarai lari marathon mewakili kelasnya.

Haruhi_SUP1Singer bunny!

Dan yang paling membuat saya tercengang adalah saat Haruhi tampil dadakan di panggung menggantikan vokalis band ENOZ yang sedang sakit saat festival budaya di sekolah. Dengan persiapan yang amat minim, yakni hanya satu kali rehearsal.

Jika kalian sedang butuh pemain tambahan serba bisa untuk lomba atau kegiatan pentas sekolah, look no further silakan kontak Haruhi.

+ Alpha Girl

Haruhi_Alpha

Sebelumnya saya pernah membahas gadis alpha dari serial musik sebelah yang menggunakan menggunakan pose “Obey!” seperti Haruhi.

Bakat Haruhi untuk mendominasi orang lain sudah terlihat sejak dia masih SMP. Bagaimana tidak? Saat Haruhi masih SMP, dia dengan mudahnya memerintah seorang cowok SMA untuk menggambarkan garis lapangan di malam hari untuknya. Sepertinya Haruhi memang sudah diberkahi dengan “Dominator Aura” yang membuat setiap orang mau gak mau nurut kepadanya.

Sebaiknya kalian berada di pihak Haruhi ya, dia sangat menyeramkan kalau dijadikan lawan.

+ She love having fun

Haruhi_Fun

Haruhi adalah tipe gadis yang hobi bersenang-senang. Walau mungkin cara-cara Haruhi untuk mencari kesenangan tergolong absurd dan tidak masuk akal. Sejak awal, tujuan Haruhi masuk SMA sendiri adalah ingin mencari alien, penjelajah waktu, penembus dimensi, dan esper.

Langkah pertama Haruhi untuk mencapai tujuannya tersebut adalah dengan mendirikan sebuah klub dengan nama singkatan  “SOS Dan”, yang nama lengkapnya dapat dilihat pada gambar dibawah:

SOS Dan

Jika diartikan kurang lebih: “Brigadir Penyelamat Dunia dengan cara menyebarkan Kesenangan oleh Suzumiya Haruhi”. Nama yang teramat absurd untuk sebuah klub bukan? Herannya, dia mampu mengumpulkan makhluk-makhluk yang diinginkannya tersebut di dalam klubnya, meski Haruhi sendiri tidak menyadari hal itu.

Akan tetapi, daya tarik yang dijelaskan diatas mungkin tidak seberapa jika dibandingkan dengan poin-poin minus Haruhi yang harus kalian perhatikan, seperti …

– Magnet Cowok

Haruhi_MT

Memiliki rupa yang menawan serta kepribadian yang eksentrik, jelas menjadi ‘magnet’ tersendiri bagi para cowok untuk mendekatinya. Menurut pengakuan Haruhi, sudah tak terhitung cowok yang menyatakan cinta kepadanya sejak masih di bangku SMP. Beberapa dari mereka ada yang sempat jadian, meski tidak bertahan lama. Bahkan yang paling sebentar cuma lima menit!

Konsekuensi memiliki pacar cantik, kamu harus mengawasinya 7 x 24 jam agar tidak didekati oleh cowok lain.

– Lack of Common sense

Haruhi_csense

Bagi kita orang normal, nalar yang sehat adalah syarat agar kita dapat diterima oleh society. Namun hal itu tidak berlaku bagi Haruhi. Dia selalu berpikir diluar nalar dan selalu berharap ada kejadian-kejadian ekstraterestrial yang tidak seharusnya terjadi secara akal sehat. Yang kadang justru menjadi kenyataan karena “Goddess Power“-nya.

Sebisa mungkin, kalian harus mencekoki Haruhi dengan akal sehat untuk mencegah kejadian-kejadian aneh yang tidak diharapkan ya!

Walau saya rasa itu tidak mudah, karena…

– Egomaniac

Haruhi_ego1No rules can bind her, because SHE is the rules

Jika kalian berpikir Haruhi mau dengan mudah menerima saran atau pendapatmu, kalian salah besar. Lebih baik urungkan saja niat itu dan biarkan Haruhi dengan ‘dunia’-nya. Karena jika sedang apes, kalian justru bakal kena semprot karena tidak sependapat dengannya.

Diktator SOS Dan ini tidak akan mudah untuk menerima pendapat orang lain. Karena dia memiliki aturannya sendiri dalam berbagai hal.

– Can’t control her Super Power

Haruhi_Power

Memiliki kekuatan bagai Dewa memang sebuah anugerah yang luar biasa. Tapi apa jadinya kalau kekuatan tersebut tidak dapat dikendalikan?

Jangankan mengendalikan kekuatannya, Haruhi sendiri tidak menyadari kekuatan yang dimilikinya tersebut. Hal paling fatal yang pernah ditimbulkan oleh “Goddess Power” Haruhi adalah pada saat liburan musim panas. Haruhi tidak pernah puas akan liburan musim panasnya, tanpa sadar dia mengulanginya hingga 15.532 kali.

Haruhi_BadmoodJika menurutmu mudah punya waifu seorang Dewi, maka pikir lagi baik-baik.
Karena keberadaan alam semesta juga bisa jadi taruhannya jika Haruhi sedang bad mood.

Sekian edisi Waifu Wednesday kali ini. Sebagai penutup, saya ingin bertanya: Apakah kalian ingin melanjutkan Goddess-chain untuk edisi Waifu Wednesday berikutnya?
Jika iya, rasanya saya tidak perlu membocorkan siapa Goddess berikutnya yang akan dibahas.

*bonus: Yuk, nostalgia dengan tarian Hare Hare Yukai.