[JOI Spotlight] Spring Season 2017 Edition

April 9, 2017 5:39 pm
[JOI Spotlight] Spring Season 2017 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama untuk musim ini. Anime musim semi mulai tayang sehingga JOI Spotlight kali ini tentunya akan lebih gemuk berkat bebagai seri baru yang hadir. Mari kita lihat berapa banyak seri yang bisa bertahan.

Gundam Iron Blooded Orphans 50

ibo 50

bukan_randy

I liked it.
Penurunan dari S1? Yes. Tapi untuk “Kutukan Sunrise + Original + Mecha + S2”, buat saya ini adalah yang efeknya paling nggak parah.

Yang saya kurang suka dari S2:
– Di luar intro, enter Hashmal, dan arc Gjallahorn terakhir, kebanyakan ceritanya nggak penting/terlalu fokus ke karakter yang ga begitu menarik/terlalu panjang/campuran itu tiga.
– McGillis di S2. Di S1 dia misterius dan punya banyak taktik/rencana. Di S2 dia super straighforward sampai akhir, termasuk ke ide dia soal “Gwa punya Gundam sakral, hormati aku!” dan blind rush-nya ke Rustal. Ujungnya cuma kayak orang gila yang haus kekuatan. Bahkan gimana rencana dia mau bikin Tekkadan jadi “King of Mars” aja nggak dikasih liat sama sekali.
– Kebanyakan musuh di arc di luar arc yang saya sebut (dan arc pertama) itu throwaway semua. Semuanya pada dasarnya “HAHAHAHAH apa itu Tekkadan. Nggak, gwa nggak pernah denger soal grup yg bisa bikin Gjallahorn kewalahan huahuahuahuaOHSHI–*blar*”
– Masih nyambung ama poin sebelumnya, kurangnya unit/pilot musuh yg bisa jadi tandingan grup Tekkadan. Selain Vidar, semua musuh itu outperformed sama Mika & Barbatosnya. Ini jadi rada sayang karena jadinya Gusion & Flauros jadi kayak ga ada saingannya dan rada sepi. Julietta yang ga kalah-kalah amat juga ujungnya lebih ke bystander. Malah kesannya “musuh terkuat” IBO S2 itu bukan unit tapi senjata Dainsleif lol. Seandainya ini cerita war drama sih ga masalah, tapi sayangnya ini cerita Gundam. They do need silly over-the-top crazy unit/pilot.
Yang saya yakin banyak orang ga suka tapi saya ga keberatan:
– Nggak ada climax dengan high tension. Saya rasa ini bisa diakalin seandainya villain di arc yg saya sebut itu ga throwaway/ga dibunuh semuanya langsung. Tapi sebagai pesan yang mau disampaikan dan gimana ending yang ditampilin setelahnya, saya suka-suka aja.

Yang saya suka dari s2:
– Saya rasa dia sampaiin temanya, “broken system creates broken people“, dengan cukup oke. Balik ke soal McGillis bentar, at the very least dia dijelasin backstorynya dan backstorynya sebagai orang yang udah rusak dari kecil itu nunjukkin cukup jelas kenapa dia bisa simpati ama Tekkadan yang isinya itu mayoritas human debris. Seandainya semua rencana dia jalan lancar, mungkin dia bakalan bener pegang janji dia dan ngasih semua hal yg dia janjiin ke Tekkadan tanpa pengecualian. Dengan di akhirnya tujuan mereka itu bukan “menang perang” atau “habisin yang jahat”, tapi nyampaiin pesan tentang sistemnya dan akhirnya ngehapus sistemnya itu, buat saya sih ini happy ending. Bittersweet, tapi happy.
– Rustal sebagai big bad dengan gray morality. Biasanya kalau anime mau pakai gray morality, mereka pakainya antara “protagonis pakai cara jahat/ada niat yg ga pure baik!” atau “musuhnya ternyata ada sisi manusiawinya juga!”. Kali ini beda, di mana Rustal itu murni ngelaksanain tugasnya aja (and really good at it). Dia ga haus kekuasaan kayak McGillis dan juga ga teriak blind justice kayak Iok. Mungkin satu-satunya hal “jahat” yg dia lakuin itu penggunaan Dainsleif, tapi seandainya tokoh utama ngelakuin hal yg sama, pasti mereka dapet free pass juga.
– Masih agak nyambung ama poin sebelumnya, ga ada karakter Super Hitler (meskipun ada Space Hitler… yg somehow jadi baik) dan ga ada karakter Mega Jesus.
– Desain MS-nya kemajuan semua dari s1 <3
– Sebagai orang yang biasanya ga suka ama unsur romance di cerita yang fokusnya bukan romance, saya suka gimana cara mereka nge-handle romance di sini. Bukan karena “LOLHaremYAY“, tapi dari cara bagaimana romance-nya ga nambahin drama ga penting/digantungin sampai tamat.

So yeah, I liked it. Saya ngerti kalau ada yg nggak suka, terutama buat S2, tapi buat saya IBO itu Gundam #2 terbaik dalam 10 tahun terakhir setelah season pertama Build Fighters.

Kaptain

Sentimen saya kurang lebih sama dengan yang diatas, berhubung kami tiap minggu nonton bareng IBO dan ngediskusiin ceritanya. Hanya saja saya jauh lebih puas dengan cerita yang lebih kearah War Drama dan bukan Gundam. Begitu juga dengan mayoritas ekpektasi terburuk saya yang untungnya tidak terjadi di season kedua ini seperti Newtype Magic, ataupun love interest sebagai rival untuk Mika.

Saya sendiri suka dengan Rustal. Dia adalah tipe antagonis yang menginginkan stabilitas diatas apapun, namun dia cukup sadar bahwa sistem yang ada tidak akan bertahan lama. Dia juga menyiapkan Julietta sebagai pewaris dan memberikan Kudelia Mars, dua orang yang sadar dengan tragedi Human Debris agar sistem baru ini memiliki masa depan. Berhubung ancaman terbesar untuk stabilitas dunia IBO adalah prajurit anak dengan MS.

Satu hal yang saya rada ambivalent adalah tidak adanya karakter “Letnan” semacam Biscuit di season kedua ini. Di satu sisi tidak adanya karakter yang bisa “mengekang” kegilaan Orga memang merupakan faktor utama dari kehancuran Tekkadan. Namun sayangnya kebanyakan tragedi di IBO sebenarnya bisa dihindari bila saja ada karakter Tekkadan yang cukup punya Nyali untuk mengatakan “Orga you dumb bastard. Chill out with the warmongering”

Ricoricorii

Meskipun ending kurang memuaskan tapi menurut saya ini adalah ending dan konklusi terbaik yang bisa di buat dengan berkaca pada cerita yang sudah cukup berantakan sejak ¾ akhir. Sebenarnya cukup banyak kekurangan IBO terutama sejak memasuki final arc, salah satunya yang sangat disayangkan adalah tidak adanya final duel dengan Barbatos/Mika. Padahal saya mengharapkan ada sebuah final duel dengan salah satu MS, minimal Gaelio vs Mika sebagai penutup dan membuat kematian Mika lebih epic.

Signum

Entah salah berbelok dimana sampai IBO menjadi sebuah seri yang agak kurang bearable, namun melihat mayoritas orang-orang yang meraung setelah menonton seri yang satu ini, sepertinya tidak berlebihan bila menganggap seri ini secara keseluruhan sebagai ‘mengecewakan.’

IBO has it’s potential, it starts out really good, loving the 1st season to bits, everything seems to work. Namun tiba-tiba, di season kedua ini Orga dibayang-bayangi hadiah menjadi penguasa Mars serasa mulai kehilangan arah. Ditambah lagi degradasi karakter McGillis dari yang semula seorang ganteng penuh dengan kharisma dan sepertinya punya banyak rencana untuk Gjallarhorn jadi kaya anak TK waktu ketemu sama Bael.

“Ini maenan gue yang paling kuat, kalah lo semua wkwkwkwkw”

Oh please, where did we go wrong. On another note, Idiok died and that’s a good thing. Saya sudah siap memaafkan Iok tapi dia dengan idioknya loncat ke medan perang, mau nyampah Akihiro, eh malah disampahin. Mampus. Tapi Julietta nyampahnya luar biasa sukses sampai digadang-gadang jadi pemimpin Gjallarhorn berikutnya. Untuk apa karakter Julietta dilahirkan? Sampai sekarang saya pun tak tahu, buat nyampahin Mika sama deketin Gali-gali kayanya.

About the ending, it was nice and fitting, it’s probably the best course of action seeing how the series has turned into. Beberapa hal yang saya sayangkan adalah:

Ada 72 Gundam tapi yang keluar cuma sedikit
Hashmal, Mobile Armornya waste of space, seharusnya bisa digunakan Gjallarhorn untuk musuh terakhir instead of Idiok.
Mcgillis really should’ve had a backup plan that works, and securing it so tightly no one will turn back on him.
Bael is a mistake.
Rustal is a nice person.

All in all, it was one hell of a ride, sangat berbeda dari seri Gundam yang biasa saya tonton, mungkin karena ada sentuhan Mari Okadanya di situ. It could be better though, could be.

Tiger Mask 25

[HorribleSubs] Tiger Mask W - 25 [480p].mkv_snapshot_16.58_[2017.04.02_11.46.58]

Kaptain

Oh tidak, Takuma kalah, what a big surprise. Takuma memang sudah berkembang pesat agar bisa mengalahkan Yellow Devil, namun sayangnya sang final boss juga terus tumbuh dan berubah menjadi The Third. And holy hell Kevin, this is wrestling. Of course people get injured.

Little Witch Academia 13

lwa 13

Kaptain

Akhirnya ada juga sebuah episode yang membuat saya sesenang episode 3. Usaha keras Akko akhirnya terbayar disini dan untuk pertama kalinya dia berhasil “menang” di hadapan semua orang, dia memang pada akhirnya didiskualifikasi namun tidak lengkap rasanya sebuah episode LWA dimana dia sama sekali tidak apes. Saya memprediksi bahwa kedepannya Akko akan menjadi versi lebih komedik dari Chariot.

Warau Salesman NEW 01

warau 01

Saya sendiri sebenarnya senang dengan mean spirited dan dark humor, hanya saja saya sama sekali tidak merasa kedua episode yang ada lucu. Opening is pretty balling though, malah saya cukup optimistis ini adalah opening favorit saya untuk musim ini.

Frame Arms Girl 01

frame arms 01

Kaptain

Plamo for dummies, and i meant that as a praise. Anime ini tahu kesalahan dasar dalam building dan saya sendiri senang motivasi utama si Tokoh Utama untuk menampung para FAG (singkatannya ga enak banget) adalah duit. Peralatan kali ini juga dipasarkan juga, hanya saja promonya kurang efektif untuk saya karena gunting kuku buat kucing sejauh ini cukup efektif buat motong nub dibandingkan peralatan spesialis lainnya.

bukan_randy

Saya expect kualitas 3Dnya bakalan mungkin sekelas Strike Witches atau “mecha musume vs aliens/robots/non-human things anime” lainnya. Di luar dugaan animasinya cukup bagus, bahkan framerate lancar dibanding kebanyakan 3D yang dipakai di anime awam.

Sayangnya writingnya mediocre. Ga jelek, tapi kayak throwaway anime di mid-late 2000. Kesannya “menuhin quota” & “been there done that” banget. Hal ini juga terasa di battlenya yang meski saya bilang animasinya lebih niat dari biasanya, sayangnya tidak begitu terasa ada impact-nya. Pacingnya juga agak terlalu nyantai.
Saya cukup senang dengan adanya penjelasan singkat tentang perakitan plamonya. Entah bakalan diadakan sampai sejauh apa. Di video musik ED-nya sendiri sekilas ditampilkan proses priming dan pengecatan, apakah di animenya juga bakal sampai sana?

Onihei 13

Onihei - 13 (Amazon).mkv_snapshot_14.56_[2017.04.05_18.00.58]

Kaptain

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, Onihei adalah sebuah anime yang sangat by the book, sebuah drama samurai yang walaupun tidak mengagumkan bisa membawakan episode yang solid meskipun jelas sekali studio produksinya masih belum berpengalaman. Cerita terakhir ini juga adalah cerminan dari episode pertama dimana para “Pencuri Terhormat” mulai menghilang dan konfliknya dengan “Kriminal Modern”

Apabila kalian mengharapkan sebuah period drama atau Chanbara yang cukup kompeten, Onihei tidak akan mengejutkan kalian namun kalian juga kemungkinan besar tidak akan kecewa dengan anime ini.

Rokudenashi Majutsu Koushi 01

rokudena 01

Kaptain

Pemenang “Seragam sekolah terbego/baik” untuk season ini. Episode pembuka yang sangat, sangat light novel, saya akan pura-pura terkejut bila Glen punya kekuatan super spesial nanti. Saya sendiri memprediksi anime ini akan menempati posisi yang sama dengan Chivalry of The Failed Knight dulu. Sebuah adaptasi light novel yang serviceable sehingga membuat kualitasnya jauh diatas adaptasi LN lainnya.

Dedemit

Tersedia banyak opsi waifu.

Sakura Quest 01

Sakura Quest - 01

Kaptain

It’s okay, sebuah episode pertama yang sangat standar. Hook-nya sayangnya tidak sekuat Shirobako, namun setidaknya cukup membuat saya puas sebagai asupan “workplace comedy” musim ini dan saya sendiri lebih suka dengan cerita dengan setting Kampung.

Ricoricorii

Shirobako kw super (?) tidak bisa berkomentar banyak karena baru 1 episode, tetapi overall episode 1 nya cukup menarik dan membuat saya memutuskan lanjut ke episode berikutnya.

bukan_randy

I like it. Konsep cerita yang unik di setting yang nyata, mungkin bisa dibilang sebuah “adventure” di zaman modern ini. Dan lol judul musik ED-nya sama dengan musik ED terakhir Gundam IBO.

Signum

I’m always a sucker for these kinds of show, acara di daerah rural Jepang yang tidak biasa diperlihatkan di seri-seri anime lain. So far, acara ini P.A. works banget, ekspresinya, pembawaannya, pacingnya. Walaupun tidak banyak humor dalam seri ini, namun perasaan hangat di akhir episodenya membuat saya ingat kenapa studio yang satu ini jago dalam membawa perasaan penontonnya.

Kado 00 & 01

Seikai Suru Kado - 01

Kaptain

Walaupun dipromosikan sebagai anime dengan 3DCG, sebenarnya animasinya dibagi setengah-setengah antara 2D dan CG. Kado awalnya adalah sebuah film, namun diubah menjadi sebuah seri TV. Premis dan episode yang sudah tayang kurang lebih menceritakan tentang first contact dengan mahluk asing dan bagaimana pemerintahan menanggulangi kejadian ini. Sejauh ini saya suka dengan apa yang saya lihat, walaupun ada satu karakter ilmuwan yang kurang pas dengan tone ceritanya.

Episode 0 sebenarnya bisa saja diskip bila kalian tidak terlalu menggubris latar belakang karakternya, berhubung episode itu hanya memperkenalkan Shindo, sang protagonis sebagai negosiator ulung.

THE iDOLM@STER CINDERELLA GIRLS Theater 01 (Web & TV)

joi-cingals-theater-01

Dedemit

Hadirkan sisi lain para idol 346. Walau berdurasi pendek, tetap bisa menghibur

Busou Shoujo Machiavellianism 01

busou 01

Kaptain

Seri battle academy yang cukup kompeten. Kesadaran bahwa manusia perlu bernapas dan bisa berdarah sebenarnya bisa membuatnya menjadi seri action yang lebih baik dibandingkan beberapa anime action akhir-akhir ini. Hanya saja kemungkinan besar saya akan menunggu sampai anime-nya sampai ke poin dimana saya berhenti baca manga-nya.

Dedemit

Adegan bertarungnya bagus, bisa jadi pilihan selain Rokudenashi

Saekano S2 00

joi-saekano-s2-00_1024

Dedemit

Episode pembuka season kedua terbaik! Utaha-senpai terbaik!

Persona 5

C80n4zwUQAECYDN

Ricoricorii

Setelah 20 tahun akhirnya Persona ada dub Jepang untuk versi Inggrisnya! Sayangnya DLC tersebut hanya ada di Region 1, tapi sudah saya buktikan sendiri DLC tersebut dapat jalan jika di install di game Region 3. Sebenarnya voice US nya gak jelek-jelek banget, tapi sayang jika tidak mendengarkan dub Jepang karena seiyuu nya sendiri cukup top tier seperti Nana Mizuki atau Haruka Tomatsu

Overall selama baru 8 jam main, ini memang seri Persona dengan tambahan sistem stealth yang sebenarnya cukup mengesalkan.

Kaptain

Baru saja mengalahkan Palace pertama setelah seharian main. Palace bisa saja dimenangkan dalam satu hari in-game, hanya saja kalian akan sering save-scum dan melakukan persiapan yang saya tidak yakin bisa dilakukan tanpa menggunakan walkthrough atau sangat berpengalaman dengan seri Megaten.

Seperti Persona sebelumnya, tingkat kesulitan battlenya lebih berfokus pada manajemen SP dan menjaga si Protagonis agar tidak mati. Oleh karena itu stealth suka atau tidak cukup penting di sini.

Renai Boukun 01

Renai Boukun - 01

Kaptain

Saya jadi diingatkan dengan seri komedi lawas seperti Seto no Hanayome. Singkatnya sebuah romcom yang lebih berfokus pada comedy (yang cukup brutal) daripada romance. Hanya saja saya kurang yakin aspek Kiss Note seri ini akan bisa bertahan lucunya sampai akhir.

Dedemit

Cocok buat yang nyari kisah romansa yang menampilkan kelucuan dengan dibumbui oleh yandere, yuri, dan harem(?)

Signum

That didn’t go as expected, saya kira pada awalnya seri ini akan menjadi sebuah seri generik yang membosankan penuh dengan fanservice dan gadis-gadis yang cinta mati sama protagonisnya without any questions asked.

Ternyata nggak begitu, ternyata ini adalah seri Dokuro-chan mini, brutal, goblok, nggak pake aturan, spontan, basically it’s a controlled chaos, probably. Definitely something I’ll look forward to every week.

bukan_randy

That didn’t go as expected[2]. Tanda-tanda plot dan buildup yang terkesan klise langsung dibanting dengan twist yang tidak diduga dan pacing yang cepat. Entah kenapa saya ngerasa gambarnya nggak kayak anime keluaran tahun 2017 dan lebih kayak pre-2010. Anyway, should be a fine comedy series for this season.

Hinako Note 01

Hinako Note - OP - Large 07

Dedemit

Nonton ini dapat menyebabkan diabetes, senyum-senyum sendiri, nyulik Hinako dan menjadi orang-orangan sawah.

Re: Creators 01

creators 01

Kaptain

Three dangerous woman in one episode. Bukti terbesar bahwa Rei Hiroe memang mengerjakan seri ini. Sesuai premisnya Re: Creators adalah sebuah reverse isekai, sejauh ini episode yang ditayangkan baru menawarkan aksi dan musik Sawano sebagai premisnya, jadi mari kita lihat apakah ceritanya bisa koheren di 2 episode selanjutnya.

Dedemit

Salah satu anime wajib tonton saya musim ini. Alih-alih ngirim main character ke isekai, anime ini malah ngirim character lain ke dunia kita dan untungnya character rambut pendeknya cewek. Mudah-mudah tetep cewek sampe ke depannya.

Kobayashi-san Chi no Maid Dragon 13

kmd13

bukan_randy

Setelah cukup lama nggak pernah ngikutin anime Kyoani sampai tamat, saya cukup kaget bisa karena anime yang satu ini malah jadi salah satu anime slice-of-life terfavorit saya dalam beberapa tahun terakhir. Pada akhirnya, ini memang anime slice-of-life yang intinya tidak banyak hal terjadi di tiap episodenya, tetapi menonton anime ini sebelum tidur bisa jadi hiburan tersendiri di tengah kesibukan baru saya. By the end of things, saya sudah cukup kenal dan attached dengan karakter-karakternya.

Konflik di eps terakhirnya sayangnya lagi-lagi adalah konflik “mungkin sebaiknya pisah……. Tapi nggak jadi!” yang sudah sangat sering dipakai di seri-seri adaptasi manga/LN yang menamatkan season pertama mereka. Pacing eps terakhirnya juga agak buru-buru, tapi saya berterimakasih cerita ini dijalankan dalam 1 eps saja ketimbang 2 atau 1 ½ eps seperti biasanya. Kobayashi juga akhirnya bisa ada momen sendiri di anime yang kurang lebih sorotannya lebih didominasi oleh karakter sekunder (Kanna) ketimbang kedua karakter utamanya.

Sakurada Reset 01

sagrada 01

Signum

On the contrary of the other animes I’ve watched, Sakurada Reset start a little bit slow, kemungkinan besar kamu akan tidur di beberapa menit pertama, bukan hanya karena karakternya yang bland, tapi juga kurangnya informasi mengenai mereka. Mungkin ini tipe-tipe anime yang harus ditunggu sampai beberapa episode dulu (atau sampai kesabaranmu habis) baru jadi bagus. Kalau jadi bagus.

Souryou to Majiwaru Shikiyoku no Yoru ni… 01

Souryo-to-_Majiwaru-1-11

Signum

( ͡° ͜ʖ ͡°)

Granblue Fantasy

Masih bermain di jurang penyesalan yang sama setelah akhirnya menginjak bulan keempat saya menseriusi game penghabis waktu yang satu ini. Di awal bulan Maret, akhirnya saya bisa solo Leviathan pertama, diikuti dengan Yggdrasil dan Tiamat. Sayangnya binatang melingkar yang satu itu nggak drop-drop dagger sama sekali. Always a selfie stick after selfie stick after selfie stick after selfie…SNEEEEEEEEEKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK

ss+(2017-04-09+at+12.54.19)

Berikut adalah progress dari grid utama saya, Dirt, lumayan lah bisa 1 pedang lagi MLB bulan ini.

ss+(2017-04-09+at+12.54.58)

Jadi seri apa saja yang kalian saksikan untuk musim ini dan punya ekpektasi tinggi untuk kedepannya? Sampaikan lewat kolom komen dibawah.

Header: Nico Seiga