Plus Minusnya Game Yume100, Game Khusus Otome Yang Terpaksa Saya Mainkan

April 10, 2017 11:44 am
Plus Minusnya Game Yume100, Game Khusus Otome Yang Terpaksa Saya Mainkan

Satu bulan lalu saya habiskan untuk bermain sebuah game yang bernama Yume100 Indonesia, adaptasi dari game Yume100 yang sangat terkenal di kalangan otome di Jepang. Game ini juga bahkan sudah dirilis dalam beberapa bahasa lain, dan diklaim telah meraup sukses di berbagai negara tersebut juga. Apakah game ini juga bisa mendapatkan kesuksesan dalam bahasa Indonesia? Saya jadi penasaran.

JOI - yume100 plus minus (1)

Game ini adalah sebuah otome game, artinya game ini ditujukan untuk para cewek kalau kamu masih belum mengerti dari begitu banyaknya batangan yang menjamur dalam game ini. Batangan ganteng lagi. Karena itu saya mulai menyisihkan sedikit waktu dari kesibukan saya bermain Granblue Fantasy untuk mencoba game yang satu ini.

+ Simple game yang bisa dimainkan kapan saja

Satu yang sangat saya suka dari game ini adalah, game ini sangat simpel dan mudah untuk dimainkan. Kamu tidak butuh sesuatu yang lebih dari syaraf motorik untuk bermain. Swipe kanan, swipe kiri, gabungkan beberapa batu, it’s done. Mudah dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu seperti beberapa game lain yang memaksa pemainnya untuk bisa grinding 24/7.

JOI - yume100 plus minus (2)

Mungkin waktu kamu akan lebih banyak habis di bagian membaca cerita dari visual novelnya, dan tentu beberapa dari kamu mungkin tenggelam dalam cerita di antara pangeran-pangeran ganteng. Kalau cowok suka harem, masa cewek gak suka juga? Untungnya harem saya tidak dalam game ini.

+ Cocok buat maniak seiyuu

Seiyuu merupakan bagian penting dari industri anime dan banyak penggemar yang rela menonton hanya untuk melihat seiyuu-nya saja, dan game ini mengutilisasikan fakta tersebut dengan baik. Game ini juga banyak mengambil seiyuu yang lagi hot dan terkenal seperti Yoshitsugu Matsuoka yang kita kenal menyuarakan banyak pemeran utama, tapi juga jadi sebuah jendela bagi seiyuu-seiyuu yang belum dikenal untuk memperkenalkan dirinya pada para pemain.

JOI - yume100 plus minus (3)

Tiap seiyuu juga akan punya rute cerita sendiri-sendiri, jadi kamu tidak akan kehabisan bahan untuk mengisi dosis seiyuu dalam game. Setidaknya sampai kamu tidak punya karakter baru dan harus gacha untuk karakter lain.

+ Sarana latihan syaraf motorik yang baik

Kalau kamu merasa jari kamu kurang luwes, atau kamu kurang bisa mengetik dengan cepat dan ingin bisa berpikir dengan cepat, game ini adalah salah satu mesin latihan yang baik. Kamu harus cepat-cepat mencari batu-batu yang bisa dihubungkan sembari merencanakan bagaimana batu tersebut harus jatuh supaya tempatnya pas di batu lain sehingga bisa langsung dihubungkan.

Game ini bisa melatih tangan serta bagaimana kamu bisa berpikir dengan cepat dalam waktu yang sangat singkat. Namun jangan sampai karena bermain game ini kamu jadi tidak berpikir panjang saat harus mengambil sebuah keputusan ya.

+ Pangerannya ganteng

JOI - yume100 plus minus (4)

enough said.

+ Bisa isi kredit lewat Indomaret

Kadang, susahnya bermain mobage itu adalah saat kita mau khilaf, tapi kita sadar kita tidak punya kartu kredit dan tidak bisa beli in-game-item memakai pulsa telepon. Namun lewat Unipin dan sebuah penjelasan dalam halaman Facebook mereka, kamu juga bisa membayar lewat Indomaret. Hal ini memudahkan kamu untuk membeli kristal dan khilaf pangeran.

Namun tidak ada gading yang tak retak, tentu game ini pun memiliki kelemahan tersendiri yang seharusnya bisa diperbaiki di kesempatan mendatang. Saya yakin para pemainnya pun juga sudah melihat kelemahan terbesar dari game ini, yaitu:

– Translation yang kurang baik

JOI - yume100 plus minus (5)

Terjemahan yang disuguhkan dalam game ini menurut saya memang kurang baik, memang terjemahannya terasa sangat baku, namun di beberapa kesempatan lain terjemahan tersebut terasa sangat membingungkan. Kasarnya, sepertinya terjemahan tersebut dilakukan oleh mesin yang menerjemahkan bahasa per kata, dan bukan bahasa per kalimat.

Saya rasa, beberapa orang merasa kurang puas dengan terjemahan tersebut, apalagi saya, seorang pria yang disuguhkan percakapan dengan pria-pria cantik lain rasanya malah jadi sedikit enggan untuk bermain. Apalagi bila ceritanya tidak jelas, ini merupakan batu ganjalan terbesar yang menurut saya harus diperbaiki dari kubu developer.

– Batu crystal yang sedikit untuk free player

Hal yang ini mungkin karena saya juga yang tidak meluangkan cukup waktu untuk bermain game ini, namun ada baiknya developer lebih ‘murah hati’ bila ingin menarik pemain untuk lebih banyak meluangkan waktu dalam game. Di beberapa game yang sudah saya mainkan, banyak yang memberikan sebuah bulk roll gratis di awal game demi menarik perhatian para pemain sehingga para pemain betah dalam game tersebut. Beberapa game lain mengurangi rate crystal mereka supaya pemain lebih mudah dalam menggali gacha.

To be fair, Yume100 juga memiliki beberapa perk tersendiri, seperti karakter Avi, pangeran yang disuarakan oleh Suzumura Kenichi dan bisa disulap jadi karakter *4 di awal game secara gratis. Namun seperti halnya manusia biasa, mungkin selera kamu bukan pria seperti itu, tapi apa daya kamu tidak bisa roll karena crystal gacha tidak cukup.

JOI - yume100 plus minus (6)

Bagi saya, daya tarik game ini tidak cukup besar untuk membuat saya terus bermain atau menginvestasikan lebih banyak waktu, mostly karena saya cowok. Tapi saya juga mengerti bila kamu ingin terus bermain karena iming-iming pangeran yang ganteng dan suara-suaranya yang luar biasa. Kalau kamu rasa kamu bisa mentolerir translation game ini, hadiahnya adalah sebuah reverse harem dengan pangeran-pangeran ganteng yang disuarakan seiyuu terkenal juga.

Kalau kamu ingin bermain, game Yume100 tersedia untuk pengguna smartphone Android dan juga iOS dan kamu dapat mengunduhnya lewat link di bawah ini:

Kalau saat mengunduh terasa gamenya terlalu besar, bersabarlah demi prospek bertemu pangeran-pangeran ganteng.