Perusahaan IT Asal Tokyo Mengembangkan Teknologi Pengukuran Sepatu Secara Virtual

April 13, 2017 4:09 pm
Perusahaan IT Asal Tokyo Mengembangkan Teknologi Pengukuran Sepatu Secara Virtual

Flickfit Inc yang merupakan perusahaan teknologi informasi yang terletak di Tokyo ini dikabarkan tengah mengembangkan sebuah layanan untuk konsumen di toko sepatu, untuk mencoba sistem pengukuran kaki secara virtual. Penggunaan pemindai tiga dimensi ini diharapkan bisa digunakan untuk jual beli alas kaki secara online pada tahun depan.

Layanan ini nantinya bisa digunakan oleh para konsumen untuk mencari ukuran dari berbagai alas kaki yang cocok untuk kaki mereka dalam waktu singkat, dimana hal ini cukup krusial bagi revolusi jual beli alas kaki secara online, ujar pendiri dan CEO Flickfit Inc, Hirohito Hirohashi.

Untuk menggunakan sistem tersebut, para konsumen cukup berdiri pada sebuah alas yang dilengkapi dengan alat pengukur yang dikembangkan oleh pihak Flickfit Inc, kemudian pada layar akan tampil hasil tiga dimensi kaki konsumen dari ujung jari kaki hingga tumit. Tampilan tiga dimensi dari kaki konsumen yang tampil pada layar bisa dipergunakan oleh konsumen untuk mencari alas kaki yang cocok untuk mereka.

Tampilan tiga dimensi dibagi menjadi beberapa area yaitu area dengan warna hangat mengindikasikan area sempit sedangkan area dengan warna yang lebih dingin mengindikasikan bentuk yang tidak rata pada kaki konsumen. Tampilan yang berbeda ini bisa dipergunakan oleh konsumen untuk mencari alas kaki tidak hanya dari apa yang konsumen rasakan tapi juga dari data yang tertera pada layar

Nantinya tampilan tiga dimensi tersebut bisa disimpan pada situs Flickfit Inc, tapi hanya khusus untuk anggota saja. Sejumlah pusat perbelanjaan di Tokyo pun tertarik dengan layanan ini dan mulai menawarkan layanan ini pada musim panas mendatang untuk menambahkan alat pemindai milik Flickfit Inc ini.

Flickfit Inc juga bertujuan dalam beberapa tahun kedepan untuk bisa menciptakan sistem yang bisa digunakan orang awam untuk mengukur kaki mereka menggunakan kamera smartphone.

Hirohasi berkata, “Saya mengembangkan sistem karena sulitnya memiliki ukuran sepatu yang sesuai pada situs jual beli online. Teknologi pasar onlne untuk sepati sayangnya masih tertinggal dengan pasar butik. Jika ini terealisasi maka akan menjadi perubahan yang cukup signifikan bagi pasar ritel sepatu.”

Flickfit Inc berkolaborasi dengan Universtias Chiba dalam mengembangkan teknologi yang bisa digunakan untuk menghadirkan tampilan data kaki dan sepatu.

Sumber: Japan Today