Shigatsu Kimi no [JOI Spotlight]

April 16, 2017 6:29 pm
Shigatsu Kimi no [JOI Spotlight]

Kembali lagi di JOI Spotlight. Anime musim ini memang sudah banyak yang mulai tayang minggu lalu, namun beberapa juga baru memulainya minggu ini. Beberapa dari staf juga masih keranjingan game yang muncul dari akhir Maret dan awal April, yang bisa kalian lihat di bawah.

Uchoten Kazoku s2 01

[HorribleSubs] Uchouten Kazoku S2 - 01 [480p].mkv_snapshot_07.38_[2017.04.15_18.20.54]

Kaptain

It’s back. Sensasinya masih sama dengan season pertamanya yang rilis 10 tahun yang lalu. Untuk kalian yang belum terlalu kenal dengan karya Tomihiro Miki, dia adalah penulis yang mayoritas bukunya bertemakan “Kyoto is super weird y’all”. Dari yang saya lihat seharusnya untuk kalian yang belum menonton season pertamanya bisa langsung lompat ke episode ini, karena recap ceritanya saya rasa mencukupi untuk mengetahui situasi para mahluk supernatural di Kyoto.

Atau tonton saja season pertamanya, it’s pretty great.

Tiger Mask W 26-27

[HorribleSubs] Tiger Mask W - 27 [480p].mkv_snapshot_14.59_[2017.04.16_11.24.01]

Kaptain

Dimana seorang pegulat misterius bernama Miracle- It’s totally Kevin, yang nampaknya telah mendapat buff setelah menjadi boss untuk Tiger Mask. Endgame dari Naoto yaitu mengumpulkan cukup gelar untuk menantang The Third terungkap juga di episode ini, jadi saya punya ekspektasi tinggi soal Main card yang harus dihadapinya.

Dan ya, Main Card dengan King Tiger memang mengagumkan, begitu juga dengan adegan penutup episode 27, did Tiger Mask just got Wyatt Familied?

Little Witch Academia 14

[Asenshi] Little Witch Academia - 14 [65D2699B].mkv_snapshot_22.25_[2017.04.10_16.11.59]

Kaptain

Comrade Akko seizes the mean of production. Opening dan Ending baru juga memastikan bahwa bakat Akko adalah melakukan transformasi. Croix jelas-jelas adalah antagonis cerita ini, hanya saja motivasinya untuk memodernisasi sihir sulit sekali dibantah melihat para penyihir tradisional yang seperti biasa tidak becus melakukan apapun. Saya juga senang dengan Diana yang mampu membuat ekspresi lain.

Yoh Yoshinari sendiri mengatakan lewat wawancara bahwa LWA sebenarnya menceritakan tentang industri anime Jepang dan takut Croix (yang kebanyakan “sihirnya” menggunakan CG) membuatnya terlalu kentara. Mari kita lihat apakah akan ada cerita tentang investasi dari luar negeri yang digunakan seburuk mungkin.

Rokudenashi 02

rokudena 02

Kaptain

Oh wow, sang protagonis LN ternyata punya kekuatan spesial, saya sangat kaget dengan perkembangan yang tidak terduga ini. Dalam penulisan cerita fiksi saya pernah dengar aturan ini dalam penulisan sihir, (yang sebenarnya bisa diaplikasikan juga ke teknologi sci-fi) “Sihir yang tidak jelas aturannya hanya boleh digunakan untuk mengakibatkan masalah, sihir yang jelas aturannya boleh digunakan untuk memecahkan masalah”. Mari kita lihat apakah seri ini akan bisa konsisten dengan aturan mainnya, karena “aturan main yang konsisten” sangat langka terjadi di sebuah cerita LN.

Ricoricorii

Pace nya cukup pas, kalo di manga-nya ini sudah menyentuh chapter 4, semoga saja anime nya bisa melampaui cerita di manga-nya. Overall memang Rokudenashi itu LN banget ceritanya tapi entah kenapa saya menyukainya, mungkin karena seragamnya yang mirip baju Shimakaze? #eh

Sin Nanatsu no Taizai 01

[RH] Sin Nanatsu no Taizai - 01 [Uncensored] [96FEAF7E].mkv_snapshot_23.57_[2017.04.15_17.04.03]

Kaptain

Saya punya standar tersendiri untuk menilai anime fanservice, yang umumnya melibatkan penurunan standar ekspektasi serendah mungkin. Jadi jangan terlalu kaget bila impresi saya ini terbilang positif. Seperti yang bisa kalian lhat pada gambar diatas seri ini tidak memiliki hubungan apapun dengan Nanatsu no Taizai yang ada Melodias-nya.

Anime “Iklan” Hobby Japan. Harapan saya adalah sebuah komedi seperti Bikini Warriors kemarin, sayangnya yang didapat adalah cerita “serius”. Kualitas produksinya cukup bagus dan anehnya memiliki dialog yang efektif untuk standar sebuah anime yang sangat fanservice heavy, sebenarnya untuk standar studio TNK saya bisa bilang anime ini cukup “sabar” dalam menebar fanservicenya.

Kado 01

Seikai Suru Kado - 02

Kaptain

Episode sebelumnya, hanya saja dari perspektif para sandera. Satu hal yang sangat saya sukai dari seri ini sejauh ini adalah para karakter yang sangat, sangat sensible. Kemungkinan besar karena mayoritas karakter seri ini adalah professional yang sudah dewasa.

bukan_randy

Minor introduction buat Tsukai yang penampilan 3D-nya paling awkward dari semua karakter, dan penjelasan singkat tentang apa yang terjadi di sisi lain di episode 1. Not much to reveal here, but there’s something satisfying about the conversation between Shindo and zaShunina.

Sakura Quest 02

[HorribleSubs] Sakura Quest - 02 [480p].mkv_snapshot_16.19_[2017.04.15_17.21.30]

Kaptain

Ah yes, overworked women. This is more like it. Kru utama seri ini sudah berkumpul dan proyek revitalisasi pun dimulai. Saya sendiri menyukai karakterisasi Yoshino sebagai “fresh graduate”, yang tentunya tidak seperti Miyamori yang relatif lebih berpengalaman.

Signum

“P.A. Works banget” sepertinya kurang menjelaskan dan terlalu vague, “2nd coming of Myaamori” juga agak salah, karena Myaamori masih jauh lebih baik as an adult dibandingkan Yoshino yang masih terkungkung delusi mengenai Tokyo. So far it’s all nice, pace agak slow but I’ll give it a chance. It’s nowhere near Shirobako level though.

Ricoricorii

Episode 2 langsung kebut dan sang protagonis sudah harus memulai quest pertamanya. Dan semua karakter pendukung protagonis sudah dikenalkan disini yang mana harapan saya cerita lebih berfokus kepada quest sang protag.

bukan_randy

Kayaknya ini bakal jadi seri di mana tiap episode Yoshino dkk harus melakukan berbagai marketing oddjob, and I’m totally down with that.

Renai Boukun 02

renai boukun 02

Kaptain

Saya senang progresi ceritanya lebih fokus dengan Gag daripada menuh-menuhin harem. Romcom yang baik sudah seharusnya memiliki pasangan diluar sang tokoh utamanya.

Dedemit

Kisah cinta Mari-chan dan Kusunoki-sensei terbaik! Terus nongol Fuuka adiknya Aino-kun, apakah bakal masuk haremnya Aino-kun juga??

Shingeki no Bahamut 01-02

virgin soul 01

Kaptain

Saya kelupaan menulis anime ini kemarin, season kedua ini untungnya masih sebuah high adventure yang sangat kompeten. Sejauh ini Nina juga merupakan protagonis yang sangat likable. Melihat kejadian episode kedua saya sangat menyarankan untuk kalian yang belum, untuk menonton season pertamanya lebih dulu. Karena interaksi antara Kaisar dan Azazel hanya bisa dimengerti dari kejadian season pertamanya.

Etherlite

New season, new heroine. Masih dengan setting yang sama tapi beberapa tahun telah berlalu, manusia mendapatkan kekuatan yang bisa mengalahkan para dewa, dan berdiri pada puncak kejayaan. Beberapa cast lama juga kembali muncul seperti Kaisar, Rita & Azazel, tapi Favaro & Amira mana ya? As usual animation-nya sangat bagus, terima kasih para whaler shingeki no bahamut, gbf & game2 cygames lainnya.

Tsuki ga Kirei 01-02

JOI-Tsukigakirei-01

Dedemit

Kisah boy meet girl yang tampaknya menjadi hidden gem/underrated anime untuk musim ini. Buat yang suka slow pace drama slice of life bisa jadikan ini sebagai tontonan wajib.

Etherlite

Menceritakan tentang cinta pertama siswa dan siswi SMP, lengkap dengan malu-malu kucing khas cinta monyet anak-anak. Animasinya soft dan mengingatkan saya pada Hourou Musuko, tapi pacenya sangat lambat dan mungkin sedikit membosankan buat sebagian dari kalian.

Washio Sumi wa yuusha de aru

yuna_3
Etherlite

Akhirnya bisa nonton prekuel dari YuYuYu ini. Berbeda dengan Yuuna and co. yang dengan lebih banyak dari segi jumlah personil dan umur, Trio protagonis kita harus melawan vertex saat mereka masih SD. Movienya terasa sangat padat dan pacenya lebih cepat dibandingkan dengan Yuuki Yuuna. Actionnya cukup bagus dan adegan transformasinya juga sedap woi anak SD woi. Jangan spoiler di comment ya. *restock tissue buat movie 2*
Side note: yuyuyu-bu shozoku animationnya kalah imut dari manga 4komanya
Side note #2: Gin best girl, Sumi best waifu

Re: Creators 02

joisprc2

bukan_randy

What the… kok jadi gini? Saya ngerti konsepnya mau bikin karakter-karakter LN/anime/game fantasi muncul di dunia nyata (dan mempertemukan mereka dengan ‘pencipta’ mereka kalau dilihat dari video ED-nya) dan lebih ke action ketimbang komedi. Sayangnya kesan chuuni yang di eps 1 itu lebih ke reference ke “karya asal” sang karakter yang memang chuuni, cuma itu di episode 2 ini malah berkesan kalau pembawaan ceritanya memang chuuni dan edgy. Saya juga agak kurang sreg dengan karakter-karakternya yang bisa menerima kenyataan kalau mereka dan dunia mereka adalah buatan orang di dunia ini dengan sangat cepat sekali.

Sayangnya musik Sawano di seri ini juga lebih ke “generic Sawano” ketimbang karya-karyanya yang memorable. And for some reason, huge magical attacks, summoning rocket launchers, and barriers works, but cleaning restoration magic that takes 1 hours doesn’t.

Kaptain

Troyca adalah studio yang sejauh ini karya orisinal mereka memiliki konsep dan premis yang menarik, hanya saja eksekusinya kurang bagus. Di episode kedua yang setengah waktu tayangnya hanya untuk ekposisi saya merasakan hal yang sama juga dengan Aldnoah Zero kemarin. Saya akui Mahou Shoujo yang kesulitan berdaptasi dengan dunia “nyata” adalah pendekatan yang menarik dan merupakan pembanding yang baik untuk para “pahlawan” yang cepat beradaptasi.

Frame Arms Girls 02

[HorribleSubs] Frame Arms Girl - 02 [360p].mkv_snapshot_11.16_[2017.04.16_17.34.49]

Kaptain

That got weird. Saya menghargai tiap FA Girls memiliki kepribadian diluar kuudere, tsundere dan semacamnya dengan cara mereka mengomentari Roomba dan puisi Ao. Sejauh ini FAG adalah sebuah iklan produk yang cukup oke, dan kalau tone cerita bisa terus dijaga saya kemungkinan besar akan terus mengikutinya.

Dedemit

Nonton hanya karena yuri.

Signum

If I remember correctly, I never liked moe to begin with, that probably explains why I don’t like this episode. Sejak Stylet muncul dengan kepribadian tsunderenya, saya sudah merasakan vibe yang agak buruk dari episode pertama, namun karena pertarungannya ‘nggak jelek tapi nggak memuaskan’, saya coba bertahan. Episode 2 agak, membosankan bagi saya, mungkin ini hanya masalah saya yang tidak cocok dengan genre-nya saja, kalau kamu masih menikmatinya, ya silahkan saja.

bukan_randy

Whelp, technically it’s a mecha musume show, so it has to have the mecha musume show’s biggest trope, yuri.

THE IDOLM@STER CINDERELLA GIRLS Theater Web 02

JOI-Cingeki-Web-02

Dedemit

Episode spesial Chieri, sayangnya gak bisa liat Chieri pakai gaun nikah

THE IDOLM@STER CINDERELLA GIRLS Theater TV 02

JOI-Cingeki-TV-02

Dedemit

Musim panas, pantai, bikini, basah!

Zero Kara 01

JOI-Zero-Kara-01

Dedemit

Adegan pertemuan antara Zero dan Mercenary cukup ok namun secara keseluruhan episode pertama Zero Kara terasa membosankan karena terus menampilkan masa lalu dari Mercenary.

Signum

Segar rasanya melihat Shimakaze KW tidak bertingkah seperti Shimakaze, saya kira Zero akan bertingkah layaknya bocah lari kesana kemari seperti tidak pernah kehabisan energi. Untungnya tidak, dia terlihat cukup calm and composed. Dia juga terlihat cukup bijak dalam mengambil keputusan, not to mention op as fk. Yeah, coba Shimakaze tingkahnya nggak blingsatan dan lebih seperti ini.

Mercenary? Eh, not interested, teman saya ada yang bilang dia furry beta dan saya setuju.

Natsume Yuujinchou Roku 01

nnn

Etherlite

Setelah season 5 yang agak bland, they start the 6th season brilliantly. Meskipun masih berputar pada trust issues Natsume yang dikembalikan jadi anak kecil, mereka masih berhasil menghiasnya dengan indah tanpa terasa repetitif. Mari kita lihat apakah mereka bisa mengulang season 3 dimana saya nangis di 5-6 episode berturut-turut.

Ending theme song-nya [Kimi no Uta] yang kali ini dinyanyikan oleh Yasuda Rei juga meneruskan tradisi lagu-lagu indah di ED Natsume tiap season.

Ani ni Tsukeru Kusuri wa Nai 01

JOI-Ani-Kusuri
Dedemit

Anime pendek mengenai kakak beradik yang bisa bikin kalian tertawa.

Sagrada Reset 02

170412-2338500487-1440x810

Etherlite

Setelah episode 1 yang terasa mengerem banyak potensinya, episode 2 came with torrents of feelings. It’s beautiful, yet it’s sad. It’s beautiful because it’s sad.

Signum

Kamu pernah mancing sama perasaan? Nah ya, kamu bakal merasa cukup campur aduk di episode yang kedua ini. Episode 1 sedikit weak, tapi episode 2 memiliki impact yang cukup besar, dan mungkin akan mempengaruhi karakter Asai Kei di masa depan, hubungannya dengan Haruki, serta pil pahit yang harus ditelannya.

It’s good, watch it.

Souryou to Majiwaru Shikiyoku no Yoru ni… 02

weekly_1491751652_97909

Signum

Versi 18+ berjalan sekitar 40 detik lebih lama dibandingkan dengan versi semua umurnya, choose wisely.

Hinako Note 02

526x297-rKV

Dedemit

Hinako naik level dari orang-orangan sawah jadi poke animal trainer.

Shingeki no Kyojin S2 27-28

35_20170415222538a23

Etherlite

Jujur saya agak capek nontonnya, karena 2 episode ini banyak sekali shocking truth yang dibeberkan, belum sempat bernafas dari yang satu sudah diberikan yang lain. Cerita yang terlampau padat ini juga menyebabkan impactnya menjadi sangat kurang. Sedikit disayangkan karena bila diperhatikan baik-baik sebenarnya premis dan plotnya cukup menarik. Saya hanya berharap jangan ada plot hole saja…

Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka? 01

[HorribleSubs] Shuumatsu Nani Shitemasuka Isogashii Desuka Sukutte Moratte Ii Desuka - 01 [720p].mkv_snapshot_16.59_[2017.04.16_13.32.31]

Ricoricorii

Predikat judul terpanjang season ini dipegang oleh anime ini. Bercerita tentang sebuah dunia yang dimana manusia nyaris punah dan seorang protagonis pria yang berada di sebuah pekerjaan mengurus anak-anak yang ternyata mereka adalah “senjata”. Overall episode pertamanya cukup oke dan ada healing dari anak-anaknya (halo polisi) meskipun saya gak yakin cerita akan terus bertama slice of life mengingat prolog di episode ini agak berdarah-darah.

Signum

Episode pertama yang cukup menakjubkan untuk sebuah cerita fantasi di mana manusia sudah punah, dan kini tersingkir sebagai spesies yang terhina. Seri ini membuka ceritanya dengan cukup ‘kuat’, langsung loncat ke bagian yang sepertinya akan menjadi klimaks dari season pertama; namun tapi langsung kembali ke titik awal dengan menyisakan misteri untuk penontonnya. A nice solid foundation to keep the viewer interested. Kontrasnya pembukaan anime ini dengan adegan sehari-hari yang diperlihatkan selanjutnya juga menjadi sesuatu yang menarik.

I hope this series retain their tension for the following weeks, if not getting any better.

Granblue Fantasy

JOI - spotlight mobage 16-4-2017 (2)

Signum

Akhirnya Rise of the Beast dimulai lagi, ini adalah event Rise of the Beast kedua saya sejak pertama kali bermain. Rasanya tidak ingin lagi mengingat event RotB pertama saya, waktu itu jangankan solo, lawan Xuanwu extreme dengan tim Dirt saya aja gak tembus. Sekarang Alhamdulillah I’ve soloed all my fights with my Dirt team. Mahira’s debuff is love.

Sayang rasanya untuk solo Neptune masih belum bisa diharapkan, mentok-mentok cuma bisa MVP itu juga dibantuin orang lain yang mainnya ‘nggak serius’ ato nggak tau2 nuking berapa juta damage. Jalan Granblue saya masih sangat panjang, but I don’t think I’ll stop for now.

Semoga bisa solo Neptune di RotB ketiga, amin.

F/GO

JOI - spotlight mobage 16-4-2017 (1)

Signum

Helena kedua, nice, tapi mana Medb saya. Event Chacha kali ini sebenarnya saya agak males-malesan, karena generally event di FGO durasinya jauh lebih lama daripada Granblue. Jadi jelas kemana prioritas saya mengalir. Terlebih lagi, semua material yang disuguhkan di event ini masih ada lebih dari 100, jadi nggak perlu farming rasanya…

Etherlite

Seperti Signum, material yang ditawarkan di toko sebagian besar sudah ada lebih dari 100, tapi karena mengincar crystallized lore ya dimainkan casual saja. Di luar event, target saya untuk limit break Mona Lisa juga sedikit lagi bisa tercapai.

Persona 5

bLv0hkF

Kaptain

Cara untuk meremukkan tingkat kesulitan game ini masih sama seperti Persona sebelumnya, dapatkan Oni & Leanan Shide di awal game dan targetkan Trumpeter & Yoshitsune di akhir game. Saya sendiri baru di Palace 5 dan saya kurang menyukai plot cerita antara Morgana & Ryuji yang kesannya maksa banget.

Komplain yang paling sering saya dengar dari game ini adalah Morgana yang kesannya membatasi waktu senggang. Perlu diingat bahwa di game sebelumnya hal ini juga sering terjadi. Namun karena di game sebelumnya hal ini disampaikan lewat Narrator ataupun monolog protagonis, efeknya tidak sekentara karakter yang selalu mengikuti kalian.

Untuk kalian yang baru mulai main atau merasa kurang efektif playthrough-nya saya ingin memberikan beberapa tips:

  • Naikkan Death Confidant ke level 7 agar bisa regen SP lewat accessory dengan harga terjangkau. Palace dan Memento seharusnya tidak susah lagi dengan accessory tersebut.
  • Cara terbaik untuk menghasilkan uang (yang kesannya seperti exploit) adalah gunakan Pulinpa/Confuse ke memento boss dan tunggu mereka melempar uang.
  • Confidant Temperance & Fortune sangat vital untuk mendapatkan waktu tambahan, Temperance bisa menambah waktu senggang di beberapa hari dan Fortune bisa digunakan untuk membeli progresi Confident ataupun social stats.
  • Tekan [] di map untuk melihat Confidant yang ada di tiap map serta progresi mereka, sama seperti Persona sebelumnya membawa arcana tertentu dapat mempercepat progresi cerita confidant.

Bayonetta

joispbayo

bukan_randy

Setelah sebelumnya sudah menyicipi Metal Gear Rising dan Transformers Devastation (dan nonton LP Wonderful 101 dan masih nunggu Nier Automata nongol di Steam Asia), akhirnya saya bisa memainkan langsung karya besar pertama Platinum Games, Bayonetta. Pertama-tama saya harus bilang, feel-nya (terutama menu dan sound effectnya) masih sangat Devil May Cry sekali (yang mana memang Hideki Kamiya sendiri juga buat), but it’s better.

Untuk saat ini saya main dengan pola “mainin 1 stage dengan normal, lalu ulang lagi stage itu sambil baca guide buat lengkapin collectibles (karena collectibles di game Platinum itu selalu t*i)”, and it’s great. Difficulty-nya juga cukup menantang, pada saat pertama kali bertemu musuh baru biasanya saya selalu dicincang habis-habisan, tapi setelah mengulang/disiksa di Alfheim, saya jadi bisa mengatasi musuh-musuhnya dengan jauh lebih mudah. It’s one of those game di mana player berkembang bukan karena/hanya equipment dan stats yang lebih kuat, tapi juga karena player makin memahami gameplay dan musuhnya.

And I’m also laughing at the super ridiculous sexual jokes here. Goddamnit that first Joy encounter.

Dilema saat ini: kemungkinan saya belum bisa tamatin hari ini dan baru bisa lanjut main lagi weekend depan karena pekerjaan, tapi harusnya weekend depan Nier Automata sudah muncul di Steam, waduh D:

Sekian JOI Spotlight kali ini, yang masih ramai berkat banyaknya seri baru untuk dinikmati. Sesuai judul spotlight kali ini, silahkan posting impresi kalian untuk minggu ini di kolom komentar dibawah.