[Celebrity Sunday] Tomokazu Seki

April 23, 2017 2:41 pm
[Celebrity Sunday] Tomokazu Seki

Kalau kalian penggemar mecha atau anime yang sangar, pastinya pernah mendengar suara dari seiyuu ini. Celebrity Sunday kali ini akan membahas Tomokazu Seki .

Pria kelahiran tahun 1972 ini berasal dari Tokyo dan sejak kecil mendapat banyak kesempatan untuk menonton bioskop dan juga panggung drama. Karena ini, dia pun ingin menjadi aktor. Tetapi dia merasa tidak bisa jadi aktor yang menampilkan wajahnya, jadi dia memutuskan untuk menjadi seiyuu saja. Pada saat SMA, dia masuk sekolah biasa dan merasa tidak puas. Karena itu, dia masuk ke sekolah seiyuu.

Seki debut sebagai seiyuu di anime buatan luar Jepang berjudul Reporter Blues yang tayang pada tahun 1991 untuk dubbing versi Jepangnya. Sedangkan dia pertama kali mendapatkan peran regular adalah di V Gundam mengisi suara Tomache. Tomokazu sering mendapatkan peran yang bervariasi, mulai dari anak-anak hingga remaja.

celebrity-sunday-tomokazu-seki-1

Tetapi tipe karakter yang sering dia perankan mulai terbentuk sejak memerankan Domon di G Gundam. Sejak saat itu, dia sering mendapatkan peran pahlawan yang terkenal dengan suara teriakannya. Karena bisa menggunakan suara yang tinggi dan rendah, peran dia cukup bervariasi, mulai dari karakter yang serius hingga yang sering membuat tertawa.

Salah satu peran yang unik diperankan olehnya adalah Suneo dari serial Doraemon versi baru. Pada awalnya, dia mendapatkan tawaran untuk memerankan Doraemon. Meski dia merasa tidak bisa memerankan Doraemon, dia pun tetap mengikuti audisinya. Setelah itu, dia mengikuti audisi baru lagi untuk Suneo dan akhirnya mendapatkan peran tersebut. Hal ini sempurna karena sejak awal Tomokazu suka dengan Suneo.

celebrity-sunday-tomokazu-seki-3

Beberapa hal yang dia sukai adalah figure dan tokusatsu. Tetapi keduanya cukup berbeda dengan hobi biasa. Untuk tokusatsu, dia sering mengisi di berbagai serial. Sedangkan untuk figure, dia bukan hanya sekedar koleksi saja, tetapi juga sering membuat garage kit. Sejak sebelum debut sebagai seiyuu, tepatnya pada saat masih sekolah, dia sering pergi ke perusahaan figure Kaiyodo untuk belajar membuat garage kit. Karena itu, dia pernah menjual garage kit buatannya, meski dalam waktu terbatas saja.

Dia juga dekat dengan majalah Model Graphics sejak tayang G Gundam. Dia memiliki banyak artikel serial di majalah tersebut. Artikelnya bukan sekedar kolom saja, tetapi juga sering tampil sebagai modeler yang memperlihatkan figure yang dia buat. Sampai saat ini pun dia masih memiliki kolom di Dengeki Hobby Magazine.

Salah satu hal yang membuat Tomokazu terkenal selain suaranya yang unik adalah tindakannya pada saat di event atau di livestream. Dia sering sekali melakukan candaan yang jorok. Salah satu kelakukannya yang paling parah adalah pada saat livestream Persona 4. “Persona” miliknya bangkit yang membuat dirinya melucuti pakaian di livestream.

Di luar aktivitas seiyuu, dia juga adalah pemimpin dari perusahaan teater Hero Hero Q Company. Tentunya dia sering tampil di berbagai panggung drama. Tidak hanya tampil sebagai aktor saja, dia juga sering membuat skenario. Selain tampil di panggung drama, dia juga aktif sebagai komedian rakugo.

Kalian bisa mengikuti Tomokazu Seki lewat Twitter.