[JOI Spotlight] Cake Edition

April 23, 2017 18:48
[JOI Spotlight] Cake Edition

Selamat datang di JOI Spotlight ketiga untuk musim semi ini, dimana para staf mulai memutuskan mana seri yang akan terus diikuti ataupun ditinggalkan dulu. Sebentar lagi akan ada anggota JOI yang ulang tahun dan header diatas mungkin memberikan lebih dari cukup petunjuk untuk kalian

Little Witch Academia 15

Little Witch Academia - 15

Kaptain

Terlihat jelas sekali kualitas produksi episode ini lebih rendah dari biasanya. Setidaknya kita kedapatan adegan duel antar witch pertama untuk seri ini. Agenda Croix juga mulai terlihat jelas begitu fakta bahwa dia memiliki monopoli dari teknologi baru ini terungkap.

Uchoten Kazoku S2 02

Uchouten Kazoku 2 - 02

Kaptain

Tenmaya here is a complete tit. Walaupun hal itu mungkin bisa dipahami berhubung ada kemungkinan dia adalah tokoh legendaris yang nasibnya berubah di sini. Yadogawa yang sudah ditendang keluar dari Kinyou Club/Friday Fellows di season pertamanya sekarang membuat grup yang bertujuan untuk tidak memakan Tanuki, yang saya harap kedepannya akan berisikan orang yang kurang beres juga.

Sebenarnya ada cerita pendek tentang Setsubun sebagai penghubung kedua season, cerita tersebut menceritakan bagaimana Yasaburo bisa menjadi Oni dan insiden akhir episode ini adalah sebuah callback untuk cerita tersebut.

Untuk kalian yang belum merasa nyaman dengan aspek supernatural karya Tomihiro Morimi, kalian hanya perlu memahami bahwa Kyoto versinya memang dipenuhi aspek supernatural seperti Youkai, Peramal yang bisa membuat time loop, dan mahluk aneh-aneh lainnya. Penduduknya sendiri rasanya cukup acuh dengan hal-hal tersebut.

Because Kyoto is weird y’all

Shingeki no Bahamut 03

virgin soul

Kaptain

And there’s Favaro. Sebenarnya dengan editing yang lebih tegas episode ini dan episode sebelumnya bisa saja dirampingkan menjadi satu episode. Akhirnya kita bisa tahu dari mana asal “asisten” Rita dan lebih banyak detil mengenai latar belakang Nina, saya tidak sabar dengan Kaisar untuk teriak “FAVAROOOOO” lagi.

Sakura Quest 03

Sakura Quest - 03

Kaptain

Anime ini sudah memasuki episode 3, namun rasanya baru sekarang selesai prolognya. Hal ini bisa dimengerti berhubung masa tayangnya ternyata sampai 25 episode. Saya sendiri sebagai orang kampung merasa ngena juga dengan pendapat para penduduk yang tidak tahu apa yang mereka cintai dari Manoyama, namun mereka nyaman dengan keadaan saat ini.

Saya senang dengan progresi ceritanya, para karakter memang tidak berhasil mencapai tujuan di tiap episodenya, namun sedikit demi sedikit mereka mulai sadar dengan apa yang harus mereka lakukan untuk merevitalisasi Manoyama.

Etherlite

Prologue over, I like her speech. Meskipun out of place, buat penonton sih oke, tapi di acara anak-anak kasih speech berat gitu mana paham lol.

bukan_randy

Nggak “sukses”, tapi berhasil ngindarin bencana besar. Yoshino juga akhirnya bertekad untuk membantu desa Manoyama, so first character development is done.

Atom the Beginning 01-02

atom - 01

Kaptain

Sesuai judulnya, merupakan prekuel dari Tetsuwan Atom/Astro Boy. Menceritakan masa dimana kedua ilmuwan ikonik seri ini, Tenma & Ochanomizu; harus membuat Robot on budget. Build up untuk masuk ke daging ceritanya bisa dibilang cukup lelet dan saya berharap anime-nya bisa lebih cepat mencapainya dibanding manga-nya. Satu hal yang sejauh ini bikin saya agak risih adalah ukuran hidung Ochanomizu yang berubah tiap scene-nya.

bukan_randy

Nggak baca manga-nya. Didn’t expect that much attempt for comedy, tapi sayang mayoritas ga menarik. Cukup kesal dengan pembawaan karakter dan komedi yang (IMO) gagalnya, dicampur dengan desain karakter yang mana recurring karakter dari seri utama Atom dan karakter barunya bagaikan karakter dari 2 anime yang sangat berbeda.

Untuk saya ini saya drop di eps 1, tapi teman saya bilang ceritanya baru bagus di belakang-belakang.

Frame Arms Girl 03

fag 03

Kaptain

Entah kenapa saya ngerasa Bukiko didesain oleh Noise. Adegan “henshin” tanpa menghasilkan perubahan apapun selain menunjukkan betapa “dekatnya” kedua Materia is dumb in the best way possible.

Dedemit

Demi yuri!

Etherlite

Terlepas dari bumbu yuri & fanservice yang ga pentingnya, lebih facepalm liat digebukin segitu parahnya masi selamet, trus oneshot double kill…

bukan_randy

Jesus Christ, calm your polysterine tits gurl. Oh, dan HP bar cuma muncul dan berpengaruh only when the plot demands it.

Signum

Semakin dekat dengan status [Dropped] karena kelakuan para Frame Arms Girl, sejujurnya yang bikin saya masih nonton film ini itu cuma karena matre-nya Ao.

Renai Boukun 03

[HorribleSubs] Renai Boukun - 03 [480p].mkv_snapshot_02.41_[2017.04.21_14.29.27]

Kaptain

Bye Kiss Note, hello New Kiss Note. Animenya tergolong cepat melahap bab manganya dan saya sendiri kurang sreg dengan beberapa detil tambahan yang jadinya terlompati, kemungkinan besar hal ini dilakukan untuk mencapai arc Guri secepat mungkin.

Sin Nanatsu no Taizai 02

iUh8NWX

Kaptain

Gambar diatas adalah gambar yang memenuhi kriteria 1. “Aman” dipakai 2. Diambil dari episode+bonus kemarin. Agaknya tiap episode akan melibatkan Maria yang diviolate sambil memberikan “dakwah” kepada para “setan”. That’s a weird comment to write.

Satu hal yang diluar ekspektasi saya adalah ceritanya nampaknya akan menjadi sebuah petualangan global dan tidak di Jepang saja.

Signum

Well this is nicer than QB, I’ll give them that.

Alice to Zouroku 02-03

Screen Shot 2017-04-23 at 13.57.20

Dedemit

Walau punya kekuatan super, anak-anak tetaplah anak-anak dengan segala kekacauan yang Sana perbuat. Disisi lain penceritaan masa lalu Minnie C yang kelam membuat saya penasaran dengan masa lalu karakter lain yang memiliki kekuatan Dream of Alice termasuk Sana/Red Queen.

Ani ni Tsukeru Kusuri wa Nai 02-03

Screen Shot 2017-04-21 at 11.06.16

Dedemit

Siapa bilang punya adik perempuan itu menyenangkan, coba pikirkan lagi

Tsuki ga Kirei 03

Tsuki ga Kirei - 03 - Large 32

Dedemit

Pace di episode ketiga berjalan agak cepat karena interaksi yang intens antara Mizuno dan Kotarou. Saling mencari menjadi nilai jual di episode ketiga.

Etherlite

That was fast lol. Setelah malu-malu kucing langsung jumped the gun. Typical anak SMP tapi nontonnya bikin nyengir sendiri.

Sukasuka 02

sukasuka

Etherlite

Love the everyday part, love the setting explanation, love the tragedy. Ok, Wilhelm, that’s your cue. Next episode bakal badass.

Signum

Really sensing a lot of deaths. Semoga saja perasaan ini salah.

Natsume Yuujinchou Roku 03

reiko

Etherlite

I don’t mind leaving my beautiful place if I can be with you, and we can find our beautiful place together. So damn beautiful.

Sagrada Reset 03

main-2-1024x576

Etherlite

Mysteries after mysteries, too much questions. Mungkin metodenya begitu ya, satu episode (atau mungkin bisa lebih) pengenalan masalah & clue, episode berikutnya baru diselesaikan dengan menyentuh. Selain itu saya juga kurang puas karena bagian mereka merespon kejadian di episode kemarin dilewatkan dan langsung timeskip. #sayataunyaMcMuffin

Signum

Twist di akhir serinya cukup menarik, walaupun di tengah-tengah episode memang sudah ada indikasi kalau something is definitely wrong here, tapi saya pikir paling ujung-ujungnya semua akan baik-baik saja. Tapi lah kok ada yang mati lagi.

Saekano 02

saekano4

Etherlite

Why not both? I mean, it’s LN anyway, multiple ending is an option. Apalagi kalo dianggep both routes are good. Konsekuensinya kan paling cuma RIP Eriri worst girl mesti kerja keras aja. I like how they subtly put in monogatari style monologue.

Rokudenashi 03

Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records - 03

Kaptain

Satu lagi kasus dimana saya tidak benci animenya, tapi saya kesulitan untuk mengumpulkan niat untuk melanjutkan nonton. Rokudenashi sebagai cerita tentang fantasy academy sebenarnya cukup kompeten, namun saat ini saya tergolong kenyang dengan cerita semacam ini.

Seikaisuru Kado 3

Seikai Suru Kado - 03

bukan_randy

Kali ini bahasa yang digunakan agak lebih sulit tapi juga menekankan “terjemahan literal itu belum tentu hal yang paling baik untuk membuat orang lain mengerti”. Dan plot device yang kayaknya bakalan ngebikin konflik untuk seluruh season ini akhirnya diperkenalkan.

Kaptain

Energi tanpa batas? That wouldn’t cause any problem to human society at all. Banyak yang membandingkan Kado sebagai versi anime dari The Arrival, hanya saja Kado memiliki lebih banyak masa tayang untuk menjabarkan suatu insiden yang luar biasa disruptif bagi umat manusia, dan tergantung bagaimana cara mereka menceritakan perubahan sosial di dunia saya mungkin bisa mendapatkan kandidat anime of the season.

Agak aneh juga mendengar ZaShunina melihat Jepang sebagai wilayah paling “Dermawan”, kalau memang itu kriterianya seharusnya negara seperti Jerman atau negara Skandivania lainnya lebih memenuhi kriterianya. But i digress.

Hinako Note 03

Screen Shot 2017-04-23 at 13.49.56

Dedemit

Lagi-lagi Hinako naik level dengan nangkep nambah teman tsundere yang selalu menolong dirinya

Busou Shoujo Machiavellianism 01

joispbsm3

bukan_randy

Baru nonton dari eps 1. Agak merasa awkward dengan cerita di mana tokoh utamanya cowok dan semua musuhnya (yang harus dikalahkan secara fisik) itu cewek, tapi cukup salut dengan pembawaan adegan action yang seperti sebuah komik bela diri, apalagi di tengah setting yang cukup outlandish begini. It’s a dying art.

Di eps 3, saya cukup tertawa dengan penggunaan penampilan nama jurus/teknik sebagai bahan komedinya, tapi saya berharap ke depannya ceritanya bukan cuma sekedar “befriending” tiap cewek satu per satu.

Re:Creators 03

joisprc3

bukan_randy

Flow pelan dan mayoritas eps cuma karakter ngobrol-ngobrol (dan banyak ga pentingnya, terutama dialog Meteora). Kadang ada hal menarik kayak bagaimana Selesia bilang dia lebih bisa ngerasain bau di dunia ini, yang mana mungkin akibat penulisnya jarang/nggak pernah ngedeskripsiin “bau” di cerita dia sendiri; tapi sisanya kebanyakan hal yang ga penting dan/atau bisa kita tebak. Seperti biasa, saya juga masih terus merasa reaksi karakter-karakternya terhadap kenyataan kalau mereka itu karakter buatan orang sangat aneh dan datar sekali, apalagi ketika Selesia mendapat spoiler super besar mengenai ceritanya sendiri.

Saya juga agak heran kenapa karakter-karakternya pada nyangka kalau mereka bisa merubah karakter/dapat kekuatan begitu saja selama pembuatnya menulis/menggambar sesuatu tanpa di-publish. Belum lagi, kalau seandainya nanti memang benar bisa berubah/dapat kekuatan baru lewat cara begini, kemungkinan bakalan jadi plot hole karena sebelumnya sudah disebutkan kalau Selesia yang di sini itu adalah versi anime awal dari dirinya.

Kaptain

Dimana 95% screentime dihabiskan untuk duduk/berdiri manis dan memuntahkan eksposisi. Saran saya untuk para penulis, bila kalian sampai harus menulis adegan “para karakter duduk di kafe/bar/resto untuk menjabarkan eksposisi” redo the damned thing, do you want to end up like Reki Kawahara?

Persona 5

1492408991892

Kaptain

Happy Birthday to Second Best Girl. Baru saja menyelesaikan Palace 5, dimana para Phantom Thieves (yang di game saya namakan LeMiserables) merasa bahwa membiarkan internet menentukan apa yang perlu mereka lakukan adalah hal yang cerdas.

Lucu juga melihat salah satu boss memento, yang mayoritas berisikan orang-orang yang luar biasa brengsek; adalah orang yang curang dalam video game. Saya tidak akan terlalu kaget saat versi Golden/Fes game ini rilis, boss barunya adalah “streamer yang memainkan game dan mengacuhkan aturan developer”.

F/GO

mona lisa

Etherlite

Event kelar, nothing else to do, iseng roll kali-kali dapet bride, dapetnya cuma cicak idol ketiga, gil caster & herc ketiga (burned karena butuh rare crystal untuk unlock personal trainer). BB-chan & Passion Lip incoming!

Signum

JOI - spotlight mobage 23-4-2017 (1)

Sampah.

Granblue Fantasy

Signum

JOI - spotlight mobage 23-4-2017 (2)

Sampah [2].

Sekian JOI Spotlight kali ini, setelah tiga episode apa saja seri yang kalian putuskan untuk terus ikuti atau drop? Silahkan sampaikan lewat kolom komen di bawah.