Yoshiyuki Tomino Mengomentari Proyek ‘G-Reco’ Baru dan Anime Modern

April 26, 2017 11:58 am
Yoshiyuki Tomino Mengomentari Proyek ‘G-Reco’ Baru dan Anime Modern

Setelah sebelumnya dia mengumumkan sebuah proyek film baru dari Gundam G no ReconguistaYoshiyoki Tomino kembali memberikan detil lebih lanjut mengenai proyek tersebut dan mengomentari berbagai seri baru yang terkenal.

Tomino mengatakan bahwa detil yang bisa dia bocorkan adalah “film baru tersebut berdurasi 1 Jam 40 Menit. Tergantung performa film pertamanya, sebuah sekuel bisa saja dibuat.” Dia juga mengungkapkan rasa frustrasinya dengan TOHO, dimana setelah 3 bulan negosiasi “Bila film pertamanya hanya mendapatkan 1/20 Popularitas Kimi no Na wa, kami tidak diijinkan membuat sekuel, saya berharap para fans mau bekerjasama untuk meningkatkan performanya.”

Tomino mengakui bahwa dia hanya menonton anime bila anime tersebut relevan dengan perkerjaannya. Untuk film pertama dia berencana untuk menambahkan elemen dari In this Corner of the World, Kimi no Na wa, dan bahkan Hirune Hime. Dia menggunakan seri tersebut bukan karena filmnya terkenal, namun karena seri tersebut memiliki kesan “hanya selangkah dari realita.” Tomino memuji penyutradaraan dan penggunaan musik Kimi no Na wa namun dia merasa konstruksi ceritanya masih kurang bagus.

Tomino juga mengomentari film non-anime lain seperti Godzilla, “Dulu saya tidak tahan dengan seri Godzilla, saya hanya menonton sampai Mothra vs. Godzilla. Saya dengar alasan kenapa sayap Mothra tidak bergerak adalah ‘Sayapnya bergerak dengan kecepatan supersonik’, saya merasa ini sangat curang.” Dia juga tidak terlalu menyukai adaptasi modernnya, dimana dia merasa “Tidak ada sutradara lain yang menyukai roket seperti George Lucas dan James Cameron” dan menyayangkan kurangnya inovasi dari film modern.

Tomino lalu mengomentari banyaknya karakter maskot & iklan berformat anime. Dia merasa hal ini akan menyulitkan kita dalam menentukan mana yang “sungguhan”.

Pada sesi tanya jawab dia ditanyakan pengunjung mengenai Kemono Friends, yang Tomino sendiri mengakui tidak terlalu tahu mengenai seri tersebut jadi tidak bisa mengomentari lebih banyak. Dia mengatakan bahwa “Saya masih ingin bereksperimen dengan animasi, namun secara fisik saya tidak mampu bekerja dengan 3DCG.” dia menyarankan ke penanya untuk “membiarkan Kemono Friends untuk hidup dulu, baru 2-3 tahun kedepan kita evaluasi lagi.” 

Sumber: Yaraon