Meet & Greet Eriko Ono-sensei, Mangaka ‘Hai Miiko!’

April 27, 2017 6:11 pm
Meet & Greet Eriko Ono-sensei, Mangaka ‘Hai Miiko!’

Sebulan yang lalu, tepatnya pada tanggal 26 Maret diadakan acara Meet & Greet Eriko Ono-sensei, mangaka Hai Miiko! (Kocchimuite Miiko!) di Gramedia AEON Mall BSD City. Acara Meet & Greet Eriko Ono-sensei yang yang dihadiri oleh mayoritas kalangan ibu dan anaknya bisa dibilang cukup sederhana.

01

Dengan mengambil pada salah satu bagian gedung Gramedia AEON Mall BSD City, para pengunjung acara meet & greet Eriko Ono-sensei bisa bertatapan dengan jarak yang dekat dengan mangaka Hai Miiko! tersebut. Karakter Miiko sendiri telah beliau buat pada tahun 1989 kemudian pada tahun 1995 manga Hai Miiko! diterbitkan melalui Majalah Ciao milik Shogakukan dan pada tahun tersebut, manga Hai Miiko! mendapatkan penghargaan Shogakukan Manga Award untuk kategori anak-anak.

03

Hai Miiko! di Indonesia diterbitkan oleh M&C! pada tahun 2002 dimana pada bulan Maret kemarin telah diterbitkan jilid ke-29 Hai Miiko!, yang kebetulan JOI juga menerima manga tersebut bersama dua manga lainnya, dimana kedua manga tersebut akan di-review oleh JOI. Kembali ke Hai Miiko!, kedatangan Eriko Ono-sensei merupakan kedatangan yang kedua dimana pada tahun 2013 lalu M&C! dan Shogakukan juga mengadakan acara serupa.

05

Selain bisa bertatap muka dengan Eriko Ono-sensei, pengunjung juga bisa membeli komik dan merchandise Hai Miiko! seperti pada foto diatas. Selain itu juga diluncurkan Kompas Gramedia Value Card (Gramedia Card) edisi spesial bergambar Miiko. Gramedia Card merupakan sebuah kartu pembayaran tap hasil kerja sama pihak Kompas Gramedia dengan bank BCA dimana saat ini telah memiliki anggota lebih dari 400.000 orang sejak diluncurkan pertama kali tiga tahun lalu.

Peluncuran Gramedia Card edisi Miiko ini dihadiri oleh GM Marcom Gramedia, GM Publishing M&C!, perwakilan BCA, perwakilan Kompas Gramedia Value Card, dan Eriko Ono-sensei. Dengan adanya Gramedia Card edisi Miiko ini, pihak Gramedia dan M&C! berharap bisa menjembatani dan memberikan benefit kepada para penggemar Miiko yang disebut miffers dalam pembelian produk-produk Miiko baik buku atau merchandise lain.

02

Simak juga hasil tanya jawab yang dilakukan oleh para miffers dan pembaca Hai Miiko! terhadap Eriko Ono-sensei dibawah ini.

– Apakah Ono-sensei tahu kalau Hai Miiko! telah menginspirasi banyak anak kecil di Indonesia? Bagaimana perasaan Ono-sensei?
Eriko Ono-sensei: Iya. Saya sangat senang. Saya benar-benar bersyukur dan merasakan adanya harapan (untuk masa depan) karena para pembaca di Indonesia yang memiliki bahasa dan budaya yang berbeda dengan Jepang menyukai Miiko di zaman (yang suram) seperti sekarang.

Hai Miiko! adalah salah satu manga bestseller di Indonesia diantara manga shounen lainnya, bagaimana perasaan Ono-sensei mengenai ini?
Eriko Ono-sensei: Hebat! Saya sangat terkejut. Ini semua berkat dukungan kalian semua. Terima kasih banyak!

– Apakah antusiasme terhadap Hai Miiko! juga terjadi di negara lain?
Eriko Ono-sensei: Tidak, Indonesia adalah negara yang paling mencintai Miiko. Para pembaca di Indonesia, saya sayang kalian semua!

– Apakah Ono-sensei tahu kalau di Indonesia, penggemar Miiko tidak hanya perempuan namun juga pembaca laki-laki? Bagaimana pendapat Sensei tentang itu?
Eriko Ono-sensei: Begitu, ya? Saya tidak tahu. Tapi saya sangat senang. Rasanya saya ingin bertanya pada pembaca laki-laki mengenai kesan mereka tentang Miiko.

– Apakah Ono-sensei berencana untuk membuat cerita tentang Miiko saat sudah berada di SMA?
Eriko Ono-sensei: Mendengar kalau itu adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan, saya ingin menggambarnya. Tapi saya masih tidak bisa menjanjikan kapan itu terealisasikan.

– Bagaimana cara Ono-sensei membuat cerita anak-anak (dalam hal ini Miiko) yang begitu fresh dan lucu? Sementara sebagai seorang ibu, Ono-sensei harus berpikir dewasa
Eriko Ono-sensei: Terima kasih banyak! Saya sangat senang sekali! Bagaimana, ya… Saya tidak suka memikirkan hal yang sulit, jadi mungkin pemikiran saya lebih dekat dengan anak-anak. Walau sekilas cerita Miiko untuk anak-anak, tapi banyak juga kisah yang dapat digantikan untuk orang dewasa. Jadi saya selalu mencoba untuk melihat apa yang saya rasakan di kehidupan sehari-hari dari sudut pandang anak-anak.

– Apakah ada pesan yang ingin disampaikan atau alasan khusus kenapa Ono-sensei membuat tinggi Miiko hanya 122 cm (dibawah rata-rata)
Eriko Ono-sensei: Jika Teppei dan Miiko berdiri berjejer, akan terlihat perbedaan tinggi yang sangat besar. Di dunia nyata, perbedaan tingginya sekitar 30 cm. Jadi saya berpiki kalau tinggi Miiko sekitar 122cm dan Teppei sekitar 152cm.

– Kenta dan Yuuko masih duduk di bangku kelas 5 SD, tapi mereka sudah berpacaran, berpegangan tangan, dan melihat film di bioskop bersama-sama. Apakah hal tersebut adalah hal yang umum di Jepang?
Eriko Ono-sensei: Itu bukan hal yang biasa! Anak kelas 5 SD di Jepang lebih pemalu. Kedua anak tersebut pengecualian.

– Apakah yang membuat Ono-sensei tetap menggambar Hai Miiko!? Apakah Ono-sensei tidak merasa bosan?
Eriko Ono-sensei: Tidak, saya tidak pernah merasa bosan untuk menggambar Miiko karena saya mendapat surat-surat dari pembaca baik anak-anak maupun orang dewasa yang mengatakan kalau mereka menjadi semangat setelah membaca Hai Miiko!. Walau setiap bulan cukup melelahkan.

– Selain Hai Miiko!, manga seperti apa yang ingin dibuat oleh Ono-sensei suatu saat nanti?
Eriko Ono-sensei: Tentang seorang penyihir perempuan dari dunia sihir yang datang ke dunia manusia.

– Apakah ada tempat favorit untuk menggambar Miiko?
Eriko Ono-sensei: Iya, ada beberapa kafe yang saya kunjungi saat sedang memikirkan cerita.

– Dalam bayangan Ono-sensei, apa yang akan dilakukan Miiko saat sudah besar nanti?
Eriko Ono-sensei: Saya pikir Miiko akan bekerja keras sebagai perawat. Dan di hari libur ia akan menjadi asisten Mari-chan.

– Siapakah karakter favorit Ono-sensei dalam Hai Miiko? Kenapa?
Eriko Ono-sensei: Tentu Miiko dan Teppei sangat spesial untuk saya, namun saya juga suka Mari-chan.

– Bagaimana cara menjadi mangaka profesional dengan mental dan keinginan yang kuat?
Eriko Ono-sensei: Fisik yang kuat adalah yang paling penting dibandingkan mental yang kuat. Lalu berpikir optimis itu lebih baik. Selain itu juga jika Anda suka menonton, mendengarkan, dan membaca, itu juga bagus.

– Ada pesan yang ingin Ono-sensei sampaikan kepada para penggemar di Indonesia?
Eriko Ono-sensei: Terima kasih banyak telah menyukai Miiko selama ini. Pada edisi ke-30 nanti; Miiko, Teppei, Mari-chan, dan Yoshida akan berkembang sedikit demi sedikit. Selamat menikmati!

Special thanks to Aji Raditya, editor M&C!

Sorry. No data so far.