[Celebrity Sunday] Aoi Yuuki

April 30, 2017 3:30 pm
[Celebrity Sunday] Aoi Yuuki

Celebrity Sunday kali ini akan membahas tentang Aoi Yuuki, seiyuu yang juga aktif sebagai penyanyi, tetapi baru saja mengumumkan akan hiatus sebagai penyanyi.

Meski saat ini Yuuki terkenal sebagai seiyuu, sebenarnya perempuan kelahiran tahun 1992 ini sudah beraktivitas di dunia hiburan sejak umur 4 tahun. Pada saat itu, dia aktif sebagai aktor cilik yang tampil dalam berbagai film, drama, dan juga variety show. Pada saat kelas 5 SD, Yuuki pertama kali mengenal dunia seiyuu dengan mengisi suara di Kino no Tabi untuk karakter Sakura. Dia pun jadi tertarik dengan dunia seiyuu. Pada saat ini, sebenarnya dia sedang hiatus dari karirnya sebagai aktor cilik. Tetapi seiyuu yang tadinya harus ikut audisi untuk serial ini tiba-tiba sakit. Yuuki pun akhirnya ikut audisi untuk penggantinya.

celebrity-sunday-aoi-yuuki-5

Pada awalnya, Yuuki beraktivitas dengan nama aslinya yaitu Aoi Yabusaki. Tetapi pada saat pindah agency pas baru masuk SMA di tahun 2007, dia mengganti namanya menjadi Aoi Yuuki. Di tahun 2008, Yuuki pertama kali debut mengisi heroine dalam serial anime Kurenai sebagai Murasaki Kuhouin. Di tahun yang sama, Yuuki pindah lagi agency ke Pro.Fit yang lebih berfokus ke seiyuu. Sejak saat itu, Yuuki lebih aktif sebagai seiyuu daripada aktris.

celebrity-sunday-aoi-yuuki-3

Setelah fokus menjadi seiyuu, Yuuki mulai banyak mengisi suara di berbagai anime. Tetapi namanya mulai benar-bentar terkenal setelah memerankan karakter utama dari Mahou Shoujo Madoka Magica yaitu Madoka Kaname. Berkat anime ini, dia mendapatkan banyak penghargaan. Dalam New Type X Machi Asobi Anime Award 2011, Yuuki memenangkan Best Actress in Leading Role. Dalam Seiyuu Award ke-6 pada tahun 2012, dia memenangkan Best Actress in Leading Role pada saat umur 19 tahun. Hal ini membuat dia menjadi seiyuu termuda yang memenangkan penghargaan tersebut. Di tahun 2012 juga, dia memenangkan MIP Woman Seiyuu Award di Nikkan Anime Grand Prix pertama yang diadakan oleh Nikkan Sports.

Setelah sukses menjadi seiyuu, Yuuki mengumumkan bahwa dia akan debut sebagai penyanyi solo pada saat ulang tahunnya yang ke-20 di tahun 2013. Tentunya karirnya sebagai penyanyi juga sukses, sering menyanyikan lagu tema berbagai anime. Tidak lama setelah debut sebagai penyanyi solo, Yuuki juga membentuk unit seiyuu bersama seiyuu Ayana Taketatsu yang bernama petit milady. Karir kedua unit musik ini sukses hingga bisa tampil di Animelo Summer Live, salah satu konser anisong terbesar di Jepang. Tetapi pada bulan April 2017, Yuuki mengumumkan bahwa dia hiatus dari karir solonya karena merasa sudah mencapai target. Bersamaan dengan ini, dia juga mengumumkan akan membubarkan fan club-nya.

Yuuki sebenarnya cukup suka dengan dunia “otaku.” Sejak kecil, dia ingin menjadi pahlawan keadilan dan fans dari seri Sailor Moon, terutama karakter Sailor Jupiter yaitu Makoto. Dia juga menyukai berbagai karakter yang tinggi. Dia juga suka bermain game dan cukup jago gambar. Kedua hal ini ikut mempengaruhi karir dia sebagai seiyuu. Dia pernah tampil sebagai bintang tamu di Tokyo Encounter, acara seiyuu Tomokazu Sugita dan Yuichi Nakamura yang bermain berbagai macam game.

celebrity-sunday-aoi-yuuki-2

Sedangkan dia jago gambar, bahkan waktu SMP dan SMA bergabung dengan klub seni. Kemampuan gambarnya ini pernah tampil di serial anime Madoka Magica, tepatnya pada episode 2 dan 3. Pada saat Madoka menghayal, dia menggambar berbagai kostum mahou shoujo di buku. Gambar-gambar tersebut digambar oleh Yuuki.

celebrity-sunday-aoi-yuuki-4

Salah satu anime terbaru yang diperankan oleh Yuuki adalah Sagrada Reset sebagai Sumire Souma. Dia juga dijadwalkan untuk memerankan Kino di anime baru Kino no Tabi yang jadwal tayangnya masih belum jelas.

Kalian bisa mengikuti Aoi Yuuki lewat blog-nya.