[CSF Interview] Okita Kung

April 30, 2017 6:00 pm
[CSF Interview] Okita Kung

Salah satu ilustrator hebat yang datang ke acara Creators Super Fest adalah Okita Kung dari Thailand. Ilustrator hebat yang satu ini sudah menggambar banyak sekali karakter untuk game online, sampai dia sendiri tidak tahu mana yang menjadi favoritnya. Kamu bisa melihat lebih banyak karya Okita Kung lewat link yang akan kami berikan di akhir artikel ini.

JOI - Okita Kung CSF (4)

Berikut adalah wawancara kami dengannya.

Q: You’ve created many Japanese mobile game characters designs, which one is your favorite?

Q: Kamu sudah menciptakan banyak karakter desain untuk mobage, manakah yang jadi favoritmu?

A: Yes, since basically he created many mobile character, but sometimes it’s owned by the companies. So he can’t claim some of the characters, but he can claim some of the characters from his game on DMM where he were credited for the art. But since there’re too many characters that he makes, he really can’t remember them all.

A: Ya, dia sudah menciptakan banyak sekali karakter mobage, tapi kadang-kadang karakter tersebut dimiliki oleh perusahaannya. Sehingga dia tidak bisa bilang kalau itu adalah karakter miliknya. Tapi dia bisa mengklaim beberapa karakter dari platform game DMM karena dia dikreditkan dengan karyanya. Tapi karena dia sudah menciptakan terlalu banyak, dia juga tidak bisa mengingat mana yag menjadi favoritnya.

Q: Do you play the said games as well?

Q: Apakah kamu juga memainkan gamenya juga?

A: Yes, he did play the game, but just barely and he hardly ever played too deep. But I do play Granblue Fantasy and I’ve been playing the game for 3 years now.

A: Ya dia juga bermain gamenya, tapi hanya sekedar mencoba gamenya saja dan tidak sampai bermain terlalu dalam. Tapi aku bermain game Granblue Fantasy kok, dan aku sudah bermain selama 3 tahun.

JOI - Okita Kung CSF (3)

Q:  Could you tell us where do you think you’ll become in the next 5 years? And how that would impact your art style?

Q: Bisakah kamu memberitahu kami bagaimana karirmu akan berubah 5 tahun lagi? Dan bagaimana itu akan mempengaruhi gaya menggambarmu di masa depan?

A: I didn’t have any set goal in the next 5 years, but I like to draw and if it will affect my style, I’ll keep doing my art and I’ll keep on getting better everytime.

A: Aku tidak punya target yang bisa kugambarkan dalam 5 tahun ke depan, tapi aku suka menggambar dan bagaimana hal ini akan mempengaruhi gaya gambarku, aku akan terus mengerjakan apa yang aku bisa dan terus belajar untuk jadi lebih baik lagi.

Q: I see you like to draw girl characters, is there any favorite characters amongst them?

Q: Kamu kan suka menggambar karakter wanita, apakah ada karakter favorit di antara mereka

A: Usually it always depends on what I like at the moment, but for now I like Scathach from Fate/Grand Order. I just started recently, but since the start, I really like the girl with the Lance, so when the rate up comes in this new year, I immediately played the game.

A: Biasanya itu selalu tergantung dengan kapan momennya, tapi untuk sekarang aku suka Scathach dari seri Fate/Grand Order. Saya suka perempuan dengan tombak, jadi saat event rate up tahun baru kemarin, Saya langsung main lagi.

Q: And did you get the Scathach?

Q: Dan apakah kamu jadi dapat Scathachnya?

A: *Scoffs* Yes I got it.

A: *Tertawa kecil* Ya aku dapat.

Q: What inspire you to draw?

Q: Apa yang menginspirasi kamu untuk tetap menggambar?

A: I got inspired by Ken Akamatsu, creator of Love Hina. From that point on, I always try to draw continuously, practicing and keep on doing what I like.

A: Aku terinspirasi oleh Ken Akamatsu. Sejak saat itu, Saya selalu terus menggambar, sembari latihan dan melakukan hal yang kusuka.

Q: Do you have any suggestion that could help budding illustrator to grow?

Q: Apakah kamu punya saran untuk membantu ilustrator muda lain untuk berkembang?

A: Keep practicing, keep drawing, don’t be afraid to make mistakes and always try to learn new things. Find something that can inspire you. probably they favorite style or artist.

A: Terus latihan, terus menggambar, jangan takut membuat kesalahan dan selalu pelajari hal baru. Cari sesuatu yang menginpirasi dirimu. Seperti gaya atau illustrator favorit.

JOI - Okita Kung CSF (2)

Q: So you said that you like to play Granblue Fantasy, F/GO and Kantai Collection, which one is your favorite game?

Q: Jadi kamu suka bermain Granblue Fantasy, F/GO, dan Kantai Collection, game manakah yang menjadi favoritmu?

A: Granblue.

A: Granblue.

Q: Any advice to the Granblue newbie?

Q: Ada saran untuk pemain baru Granblue?

A: So start with one elemental only, and once you got strong on those element, then you can move on to the other element. Because for me, even until now I haven’t reach the end game yet and not even one of my teams got to it’s peak potential yet.

A: Jadi mulailah dengan satu elemen saja, saat kamu sudah jadi kuat di elemen tersebut, kamu bisa pindah ke elemen lain. Karena bahkan aku sampai sekarang juga belum sampai ke tahap end game, dan tidak ada timku yang sudah mencapai potensi puncaknya.

Q: What is your favorite equipment and why did you choose it?

Q: Apakah peralatan favoritmu dan kenapa kamu memilihnya?

A: Wacom Intuos 3.

JOI - Okita Kung CSF (5)

Q: What makes it differ from the other equpiment?

Q: Apa yang membuatnya berbeda dari equipment lain?

A: This one is from the first time I start drawing, it was from the first time I start digital art, 7 years ago. I am still working with that until today. Because I have to be here and using my own equipment, I have to borrow my managers laptop but they don’t have the driver anymore. I already buy the new Wacom (Cintiq) but I still used this one.

So for the new artist, equipment is never a problem!

A: Tablet ini sudah ada dari pertama kali aku menggambar, dan ini dari pertama kali aku memulai digital art, 7 tahun yang lalu. Aku masih mengerjakannya dengan ini sampai sekarang. Karena aku harus kesini dan menggunakan equipment-ku sendiri, aku harus meminjam laptop managerku tapi mereka tidak punya drivernya lagi. Aku sudah beli Wacom (Cintiq) yang lebih baru, tapi aku masih menggunakan yang satu ini.

Jadi untuk ilustrator baru, equipment itu bukan masalah!

Kira-kira begitulah wawancara kami dengan sang ilustrator, ditutup dengan pesan yang sangat powerful bagi para ilustrator baru. Kalau kamu masih bingung kamu belum punya Cintiq tapi gambar kamu masih begitu-begitu saja, lihat saja karya-karya Okita Kung lewat link-link di bawah ini, dan bayangkan dia menggunakan tablet berusia 7 tahun untuk menggambar gambar-gambar tersebut.

Oh ya, Okita Kung juga adalah seorang dirt lord seperti saya dan Nugrahadi.