[JOI Spotlight] Everyone Still On CSF Edition

April 30, 2017 20:20
[JOI Spotlight] Everyone Still On CSF Edition

Hari ini adalah 30 April, tentunya event yang paling kita nantikan yaitu COMIC1☆11 Creator Super Fest sudah memasuki hari keduanya. Karena kebanyakan staf sedang meliput di CSF, JOI Spotlight kali ini sayangnya agak ramping. Namun kami tentunya akan tetap memberi kesan dan impresi untuk berbagai seri yang kami nikmati kemarin.

Little Witch Academia 16

Little Witch Academia 19

Kaptain

Saya kira kita akan kedapatan episode Lotte. But nope, still Akko all the way down. Memang ada progresi cerita di episode ini, hanya saja kesan bahwa episode ini hanya sekedar filler masih ada. Sesuai dengan pesan di episode ini, saya memutuskan untuk bersabar saja.

bukan_randy

Same here, kirain akhirnya bakalan dapet episode Lotte, tapi sayangnya malah dapat IMO episode terburuk sejauh ini dengan pacing super ngebut dan cerita yang kesannya kejar tayang/ngisi checklist doang.

Sejujurnya saya merasa cerita LWA mulai menurun sejak cour ke-2 dimulai/Croix muncul (ditambah lagi saya juga lebih suka OP ED pertama daripada yang baru). Saya harap ke depannya bisa membaik.

Tiger Mask W 28-29

[HorribleSubs] Tiger Mask W - 29 [480p].mkv_snapshot_17.04_[2017.04.30_12.05.31]
Kaptain

Get well already Takuma. Kemungkinan besar Naoto akan ditendang dari Monopoly dan NJPW, dan akhirnya membentuk faksi sendiri yang berisikan kedua Tiger.

Boku no Hero Academia 18

[HorribleSubs] Boku no Hero Academia - 18 [480p].mkv_snapshot_19.00_[2017.04.29_23.03.26]

Kaptain

Show’s Good. Tokoyami’s Good. Whole Arc is Good.

Uchoten Kazoku 03

Uchouten Kazoku 2 37

Kaptain

Saya sadar dengan posisi Benten yang berada di puncak rantai makanan Kyoto itu dibutuhkan untuk menunjukkan struktur kekuatan para mahluk supernatural, hanya saja saya kurang suka dengan tipe karakter yang untouchable. Jadi saya sangat bersyukur akhirnya ada satu orang yang bisa menandinginya, dan Nidaime sendiri adalah kebalikan dari Benten, seorang Tengu yang menolak untuk menjadi Tengu.

Frame Arms Girls 04

1493056125084_720

Kaptain

Episode yang relatif lebih waras. Saya mulai merasa aspek yuri anime ini bukan untuk fanservice, tapi agar mereka yang minat beli FA Girls beli dua unit sekalian.

Sin Nanatsu no Taizai 03

sin 03

Kaptain

I was promised lap dance and pole dance, dapetnya malah gambar statis yang subpar. Seperti yang sudah diprediksi kemarin, Maria yang di episode ini jelas sudah menjadi “malaikat” nampaknya akan jadi senjata paling ampuh Lucifer. Kedepannya saya kemungkinan besar tidak akan menulis seri ini lagi di JOI Spotlight. I mean y’all already know what’s this show about. Milih gambar yang aman juga semakin repot.

Sakura Quest 04

Sakura Quest - 04 36

Kaptain

Saya nggak tahu di tahun berapa cerita anime ini berjalan, tapi kemungkinan besar bila tahunnya cukup dekat dengan dunia nyata, mayoritas industri di planet ini akan mau membayar mahal untuk exoskeleton yang murah & fungsional.

Nampaknya beberapa episode kedepan akan menelusuri latar belakang tiap mentri, berhubung yang sekarang belum terlalu sepenuhnya berdedikasi untuk membantu Manoyama.

bukan_randy

Culture & tradition vs technology & revolution, dan juga stress from overworking. Saya rasa sekarang dan ke depannya, Sakura Quest adalah anime yang sangat relatable untuk mereka yang sudah bekerja.

Kado 04

[HorribleSubs] Seikaisuru Kado - 04 [480p].mkv_snapshot_14.54_[2017.04.29_17.35.16]

Kaptain

Phew. Saya sangat bersyukur dengan dua hal, yang pertama adalah Kado punya pemahaman dasar terhadap geopolitik bumi dan tahu sanksi internasional itu lebih efektif daripada mengirim spec ops untuk menyerang onsen atau hal goblok lainnya. Beberapa orang mungkin melihat aksi UN kelewat gegabah, tapi berhubung ada alien/dewa yang baru saja mengungkap bahwa energi bersih tanpa batas diberikan ke satu negara, saya bisa paham kenapa organisasi yang lebih tertarik untuk menjaga status Quo daripada menjaga keamanan dunia.

Yang kedua, zaShunina hanya tertarik untuk membantu umat manusia, bukan “negara” atau institusi lainnya. So props for him.

Diskusi pada efek Wam juga didiskusikan disini, begitu juga dengan pandangan bahwa umat manusia belum siap untuk menerima “hadiah” semacam ini. Saat Manhattan Project sukses mencapai target untuk membuat bom nuklir, salah satu ilmuwan mengatakan “Umat manusia harus bisa beradaptasi dengan fakta bahwa kita bisa menghancurkan dunia, atau mati” dan jujur saja saya ingin ada Timeskip untuk menunjukkan seperti apa bumi yang sudah menerima Wam selama satu generasi.

bukan_randy

And here we go. Selain apa yang Kaptain sudah sebut di atas, pujian saya terhadap Kado tetap sama seperti biasa, hal yang biasanya jadi sangat kompleks di seri lain bisa dijalankan dengan cukup mudah dimengerti di sini, dan kualitas 3D yang bagus. Bahkan ekspresi Tsukai di episode ini tampak sangat bagus dan sesuai dengan gaya anime tanpa kesan awkward. (that hug in the beginning of the episode was awkward though)

Duduk Manis & Makan 04

joispec4

Kaptain

Guess what? Sebuah episode yang 95% screentime-nya dipakai untuk duduk manis dan makan. Lagi. Sekali lagi saya tidak keberatan dengan eksposisi, cuma kalau eksposisi dilakukan dengan bahasa chuuni dengan nada yang monoton kesabaran saya keburu habis.

Kita sudah masuk ke episode 4 dan si “tokoh utama” nyaris tidak ada relevansinya dengan cerita, saya memprediksi cerita ini akan berujung dengan dia ingin berkarya lagi. Hanya saja sama dengan anime ini, saya sama sekali tidak peduli dengan nasib dan motivasinya. Untuk sekarang saya taruh seri ini di on-hold, mungkin saya baru nonton lagi di akhir season kalau penyakitnya sudah hilang.

bukan_randy

It actually gets worse AAAAAAAARRRRRGGGGGHHHHHHHH

Setting cerita menarik dan berkesempatan besar untuk banyak action dan twist yang menarik, tapi isinya cuma karakter duduk ngomong (dalam bahasa chuuni yang sok diribet-ribetin) dan makan-makan, udah, tok, period…
Ada apa dengan Hiroe Rei? Setelah hiatus lama di manga Black Lagoon-nya dan akhirnya kembali di sini kok hasilnya malah begini?

So yeah, dropped.

Renai Boukun 04

[HorribleSubs] Renai Boukun - 04 [480p].mkv_snapshot_21.00_[2017.04.30_19.23.53]

Kaptain

Walaupun saya masih kurang suka dengan beberapa adegan minor yang skip, saya harus akui Shikimi jauh lebih ganas dan intimidatif di sini dibandingkan manga-nya.

ReLife 176

img000011

Etherlite

And that’s a great ending to the arc. I admit gw sempet kesel kenapa dia ga ngomong aja sih, tapi gw setuju dengan kata-kata Chara-Ohga: “I’m still a man too. I wanted to look calm and composed in front of everyone. Especially in front of the one I’m in love with.” *hugs Ohga & Kariu*

THE IDOLM@STER CINDERELLA GIRLS Theater TV 03

Screen Shot 2017-04-24 at 23.56.49

Dedemit

Lupakan Syoko karena saya pengen bawa pulang Miku dan Shiburin.

THE IDOLM@STER CINDERELLA GIRLS Theater Web 03

Screen Shot 2017-04-25 at 0.05.53

Dedemit

Pikir ulang kalau mau ngasih nama pada boneka kesayanganmu, jangan kayak Kohinata.

Alice to Zouroku 04

Screen Shot 2017-04-25 at 0.16.14

Dedemit

Monster berwujud manusia, manusia berwujud monster, manusia bijak berwujud tukang bunga. Episode keempat menjadi episode terbaik untuk saat ini.

Sukasuka 03

1bzax7vavs

Etherlite

Way better than expected, by giving us hope before crushing them completely later… Judul episode berikutnya aja uda cukup buat bikin depresi… I rarely rate a fantasy anime highly (Save for YuYuYu, Denyuden, Chrono Crusade & some more), but this one has the potential to be a great one.

Sagrada Reset 4

maxresdefault

Etherlite

Same old weakness. The story is good, the mystery is interesting, but the directing is subpar. Mereka terkesan terburu-buru dalam mengeksekusikan cerita ini, sehingga detail dan fakta yang ditunjukkan hanya memberikan impact yang minim. Mereka sudah mengumumkan bahwa anime ini akan berjalan selama 2 cour, why do they need to speed things up?

Tsuki ga Kirei 04

Screen Shot 2017-04-28 at 22.21.00

 

Dedemit

Nonton episode 4 ini bisa bikin senyum-senyum sendiri ngeliat tingkah laku Akane-chan. Jadi tidak sabaran untuk bisa segera menyaksikan episode-episode berikutnya

Etherlite

Uda dikecewakan, cemburu, uda gitu ga dapet alasan yang jelas, tapi tetep mau. If only real life is this kind…

Hinako Note 04

Screen Shot 2017-04-28 at 22.37.09

Dedemit

Walau beberapa kali jadi orang-orangan sawah, tapi malah bikin kejutan pada episode kali ini.

Gundam Thunderbolt 06

joispgtb6

bukan_randy

Di luar adegan battlenya yang dianimasikan dengan bagus, saya selalu memiliki keluhan yang sama dengan Gundam Thunderbolt: 1) karakter-karakter yang tidak likable/tidak banyak backgroundnya karena kurang screentime (terlalu banyak battle sehingga karakternya kurang digali), yang kemudian bersambung ke; 2); drama/tragedi ke karakter-karakter yang kita tidak pedulikan; 3) penggunaan musik free jazz yang tidak cocok untuk adegan action.

Kedua masalah itu juga masih ada sampai sekarang. Halo Mr. “anak gwa mati dibombardir EF dan gwa super dendam tapi gwa ga keberatan banyak cingcong pas lawan pilot EF yang adalah karakter utama biar dia ada kesempatan selamat hidup ga kayak semua korban lain gwa” dan Mr. “saya suka koleksi bobblehead”.

Sayangnya, season kedua Thunderbolt juga membawa masalah baru: variasi MS yang terlalu maju untuk zamannya. Di s1, saya bisa memaklumi perbedaan teknologi seperti joint cover dan penggunaan double/quadruple shield dengan alasan “oh mereka di tempat berbeda yang punya kebutuhan khusus seperti asteroid/debris field dan musuhnya bawa meriam kaliber besar”. Namun mulai dari eps 5 kemarin muncul berbagai macam variasi MS yang tampak jauh terlalu advanced untuk masa akhir OYW dan 8 bulan setelah OYW, belum lagi poster teaser eps 7 dengan Accguy yang sangat ga “UC” sekali. I mean, I like new variations like GM Custom, GM Sniper II, Zudah, Efreet and its variants, etc; but this is taking it way too far.

Hal macam ini membuat saya mempertanyakan apakah Gundam Thunderbolt itu canon dengan seri UC umumnya atau malah canon dengan seri Origin yang perkembangan teknologinya memang berbeda.

Persona 5

persona 5 joi spotlight

Kaptain

Masuk Palace 7, really hate the mouse maze. Event di akhir November akhirnya memberikan rencana kompleks yang membuat game ini resmi menjadi Heist story yang kompeten. Confidant yang perlu ditingkatkan tinggal satu lagi, dan saya akan memaksimalkan semuanya sebelum run pertama ini tamat. Secara keseluruhan Persona 5 punya lebih banyak wiggle room untuk bermain suboptimal, namun masih bisa memaksimalkan semua social stats dan Confidant.

F/GO

download

Edmond Dantes: RIP my arse

Etherlite

Besok mulai event dengan 2 new class, moon cancer & alter ego. Moon cancer sih masih oke ya buat counter class avenger, tapi alter ego agak maksa IMO…

Granblue Fantasy

Signum

Jadi setelah sekian lama tidak mendapatkan SSR, kali ini iseng-iseng berhadiah akhirnya saya bisa dapat SSR lagi. Sayangnya kenapa baru dapat setelah Guild War selesai?

ss__2017-04-25_at_02.42.29_

Also, FREE 10 DRAW DAILY BOIS!

Sekian JOI Spotlight terakhir untuk bulan April ini. Untuk kalian yang menghadiri eventnya pada dua hari ini, apa saja kesan kalian?