[CSF Interview] M.G.

May 1, 2017 16:05
[CSF Interview] M.G.

Salah satu cosplayer internasional yang datang ke acara Creators Super Fest adalah M.G. dari Hong Kong. Tapi jangan tertipu, karena penampilannya yang cakep bisa saja membuatmu merasa kalau dia ini seorang pria, tapi sebenarnya adalah wanita. Parasnya yang cakep ini membuatnya mudah untuk bercosplay sebagai karakter pria, apalagi karakter-karakter dari seri Touken Ranbu.

Kali ini, JOI dan rekan-rekan media mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai cosplayer yang satu ini, ingin tahu lebih banyak tentangnya? Ikuti wawancara kami di bawah ini.

Q: How did you start cosplay?

Q: Bagaimana caranya kamu mulai cosplay?

A: From the beginning, I don’t have any goal to do cosplay, but when I started university, a friend asked me to come to a cosplay convention and do cosplay together. I felt it was okay at first, but after the cosplay event it felt really good until now.

A: Pada awalnya aku tidak punya tujuan seperti itu, tapi saat kuliah, ada teman yang mengajakku untuk menonton acara cosplay dan mengundangku untuk cosplay bareng. Tadinya biasa aja, tapi setelah cosplay aku merasa seru sampai sekarang.

JOI - interview MG (4)

Q: Is there any character that you want to cosplay but you haven’t got the time?

Q: Apakah ada karakter yang ingin kamu cosplaykan tapi tidak pernah ada waktunya?

A: If I want to cosplay as someone, I do it immediately. My favorite character is when I become Masamune Matsuoka.

A: Kalau aku mau cosplay sesuatu, aku langsung cosplay jadi karakter tersebut. Karakter favoritku itu menjadi Masamune Matsuoka.

Q: What is the hardest part from your costume making?

Q: Bagian mana yang paling sulit dalam membuat kostum?

A: I don’t usually makes my own costume from scratch, for example, when I see a cloth that has the same pattern, usually I changed that to fit my costume. But the hardest part is usually when the material is made from leather.

A: Aku tidak selalu membuat kostum dari awal, misalnya aku beli baju yang polanya mirip lalu aku ubah menjadi sebuah kostum. Namun yang paling susah itu biasanya yang bahannya dari kulit.

Q: What is the most difficult character to cosplay?

Q: Karakter apa yang paling susah untuk dicosplaykan?

A: I think it was from the time I do Drakengard cosplay. On that time, I have to make the weapon from scratch to finish.

A: Kurasa saat aku mencoba cosplay seri Drakengard (Drag on Dragoon). Saat itu aku membuat senjatanya dari awal sampai akhir.

Q: How many cosplay plans do you have every year and how did you cope with it?

Q: Ada berapa rencana cosplay yang kamu punya tiap tahun, dan bagaimana cara mengaturnya?

A: Normally, I cosplay once a month, 1 costume per month to be exact for new photo shoot. But not always for new character.

A: Sekarang normalnya aku cosplay sebulan sekali, tepatnya kira-kira 1 kostum baru per bulan untuk photo shoot, tapi tidak selalu untuk karakter baru.

Q: What is your favorite manga or anime and do you have any recommendation for the fans?

Q: Apa sih manga atau anime favoritmu, dan apakah kamu punya rekomendasi untuk para penggemar?

A: My favorite series is Aoharu x Kikanjuu, I’ve watched it 3-4 times going on reruns and reruns. This anime is apparently aren’t that popular, so I’ll be delighted to see someone who likes it as well.

A: Seri favoritku itu Aoharu x Kikanjuu, aku sudah 3-4 kali mengulang-ulang menonton anime ini. Anime ini sepertinya kurang terkenal, tapi kalau ada yang suka, aku senang sekali.

Q: Is there any tips or advice for other cosplayers in Indonesia to do it as well as you?

Q: Apakah ada tips untuk cosplayer lain di Indonesia supaya bisa melakukannya sebaik kamu?

A: If you want to cosplay, just do it immediately, and don’t compare yourself to the other cosplayers.

A: Kalau ada yang kamu suka, cosplay saja langsung dan jangan banding-bandingkan dengan orang lain.

Q: What do you think about Indonesian cosplayers?

Q: Bagaimana menurutmu para cosplayer Indonesia?

A: Today I see the cosplayers are very enthusiastic and pasionate. I can also see that their costumes are really well made.

A: Hari ini aku lihat cosplayer Indonesia itu antusias dan sangat passionate. Aku juga lihat kostum mereka bagus-bagus.

JOI - interview MG (3)

Q: What do you think about Indonesia?

Q: Bagaimana Indonesia menurutmu?

A: Indonesia is very nice, there’re a lot of greenery and parks, because you don’t find many parks in Hong Kong. It’s a shame that I’ve only been here for 2 days so I haven’t got the time to look out.

A: Indonesia bagus ya, banyak hijau-hijauan dan banyak taman, karena di Hong Kong susah sekali menemukan taman tersebut. Sayang aku baru 2 hari ada di sini jadi belum sempat melihat keluar.

Q: Since you really like to draw, which illustration is your favorite?

Q: Kan kamu suka sekali menggambar, ilustrasi mana yang jadi favoritmu?

A: I can’t say for certain, but I really like all my drawings. I feel like I have my passion on every one of them. When I do it, I do it as good as possible so I can feel good about it. If we do it as good as possible, other people who look at our work will also appreciate and your feeling should come through.

A: Aku tidak bisa bilang secara pasti, tapi aku suka dengan semua gambarku. Aku rasa aku sudah menuangkan semua passionku ke dalam gambar itu. Saat aku melakukannya, kulakukan sebaik mungkin supaya rasanya puas. Kalau kita lakukan pekerjaan sebaik mungkin, orang lain yang melihat karya kita juga akan mengapresiasi dan perasaanmu juga akan tersampaikan.

Q: Is there any female character that you want to cosplay as?

Q: Apakah ada karakter wanita lain yang ingin kamu cosplaykan?

A: Zero, from Drakengard. I also have other cosplays as other female character, but probably they’re not so popular so not many people know. I also have some other cosplay phtos but haven’t gotten out yet.

A: Zero, dari Drakengard. Aku juga punya cosplay sebagai karakter lain, tapi karakter itu mungkin jarang terlihat jadi tidak banyak orang yang tahu. Ada juga beberapa foto cosplay lain tapi belum pernah dirilis.

Q: Do you have any country you want to visit?

Q: Apakah ada negara yang ingin kamu datangi?

A: AFA Singapore, because some of my friends went there and talk about how fun it was, so I want to go there myself.

A: AFA Singapura, karena teman-temanku ada yang datang ke acara tersebut dan bercerita mengenai serunya acara tersebut. Jadi aku juga ingin pergi main-main kesana.

Q: Do you have any plans to visit other places in Jakarta?

Q: Apakah kamu punya rencana untuk keliling Jakarta?

A: I actually want to see, but I am afraid I can’t get out yet. My friend told me there’s a good place around 3 hours from Jakarta, so I want to see it.

A: Aku ingin lihat sih, tapi aku takut tidak diijinkan untuk pergi. Temanku juga pernah bilang ada tempat yang menarik sekitar 3 jam dari Jakarta, jadi aku ingin melihatnya.

Q: Is there any other country that you want to go as a cosplay site?

Q: Ada gak sih tempat di negara lain yang ingin kamu jadikan tempat foto cosplay?

A: Too much (haha). But I want to go to England or Australia, because I’ve done photoshoot in most Hong Kong places. Sadly, the good parts are usually forbidden to take shoot from.

A: Terlalu banyak (haha). Tapi aku ingin pergi ke Inggris atau Australia karena di Hong Kong aku sudah foto di semua tempat. Sayangnya yang benar-benar bagus biasanya dilarang untuk diambil gambarnya.

JOI - interview MG (2)

Q: Do you have anyone who inspires you? In cosplay and in drawing?

Q: Apakah ada orang yang menginspirasimu? Dalam cosplay dan menggambar?

A: In cosplay I like Lenneth from Singapore, and Mayu from Japan. Because both of them made their cosplay costumes with such great details. If you asked me about inspiring illustrator, it was from Aoharu x Kikanjuu, because the story is really inspiring, and it’s really good.

A: Aku suka Lenneth dari Singapura dan Mayu dari Jepang kalau cosplay. Karena keduanya membuat kostum dengan detail yang sangat bagus. Kalau kamu bertanya mengenai ilustrator, yang menggambar Aoharu x Kikanjuu, karena ceritanya yang sangat menginspirasi dan sangat bagus.

Q: Do you have any words for your fans in Indonesia?

Q: Apakah kamu punya pesan untuk para penggemar di Indonesia?

A: I am so glad being in Indonesia despite this is being my first time going there. The people are really friendly so it’s been fun being amongst the fans.

A: Aku senang sekali walaupun pertama kali datang, tapi orang-orang di sini sangat baik semua, jadi aku sangat senang berada di tengah para penggemar.

Walaupun ini kali pertama cosplayer Hong Kong ini datang ke Indonesia, tapi karena keramahan teman-teman sepertinya dia memiliki kenangan yang sangat baik untuk dibawa pulang. Semoga saja kenangan tersebut bisa menjadi dorongan baginya untuk kembali bertemu teman-teman di Indonesia dan bahkan menjadi sebuah penarik bagi cosplayer-cosplayer Hong Kong lain untuk datang ke tanah ibu pertiwi ini.

Ingin lihat lebih banyak cosplay M.G.? Kunjungi saja akun World Cosplay miliknya.