[CSF Interview] DJ Kazu

May 3, 2017 15:25
[CSF Interview] DJ Kazu

DJ favorit kita kembali lagi di acara Creators Super Fest untuk membawakan lagu-lagu anisong yang baru dan paling bikin semangat untuk kita semua. Siapa lagi kalau bukan DJ Kazu, pria yang membuat kehebohan di acara Anime Festival Asia 2013 beberapa tahun silam. Di acara CSF ini, DJ Kazu akan bermain bersama REDSHiFT dan Lazurite. Apakah kamu sempat ikutan joget bareng saat DJ Kazu tampil di atas panggung?

JOI kali ini kembali mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai DJ Kazu bersama dengan media-media lain, penasaran dengan hasil wawancara kami? Berikut ini adalah jawabannya.

Q: What makes you interested in making more EDM music rather than regular music with regular instrument?

Q: Apa yang membuatmu tertarik dengan membuat musik EDM dibandingkan dengan musik reguler dengan instrumen?

A: Actually it’s not just EDM, but generally I liked it when people heard songs that I liked. So I always mixes most of the songs I liked and not just EDM.

A: Sebenarnya tidak hanya EDM saja, tapi secara umum aku ingin orang mendengarkan lagu yang aku juga suka. Jadi lagu apapun selalu aku mix dan bukan EDM saja.

Q: What genre of music do you like best?

Q: Genre musik apa yang paling kamu suka?

A: It’s a bit hard, hmmm what is it, is anisong a genre? I think it’s still anisong, because it’s the one I enjoyed the most from all the genres.

A: Wah susah juga ya, hmm apa ya, anisong genre bukan ya? Kayanya sih anisong ya, karena yang paling kunikmati saat ini sih anisong di antara semua genre.

Q: Who’s your favorite musician?

Q: Siapa pemusik favoritmu?

A: This is a difficult question, how to answer this one. I can’t choose which one is my favorite because it’s just too much (haha).

A: Ini pertanyaan yang agak sulit, bagaimana ya jawabnya. Aku tidak bisa memilih siapa yang paling kusuka karena terlalu banyak (haha).

Q: What do you like from Indonesia and what do you think about the fans’s enthusiasm?

Q: Apa yang kamu suka dari Indonesia dan apayang kamu rasakan dari entusiasme para penggemar?

A: From all the other countries, the response from Indonesia is the best one, it’s shown on every songs that I’ve played. What I liked from Indonesia is a bit different from Japan, it’s the beer (hahaha). Talking about food, I like eating nasi goreng, I always eat nasi goreng.

A: Dibandingkan negara lain, respon di Indonesia itu yang paling bagus dan setiap lagu reaksinya selalu yang paling semangat. Kalau apa yang paling kusuka di Indonesia itu, agak beda dari Jepang ya rasa birnya (hahaha). Kalau makanan aku suka makan nasi goreng, aku pasti selalu makan nasi goreng.

JOI - csf dj kazu (2)

Q: From all of your performances, which one is the most memorable one and why?

Q: Dari semua penampilanmu, yang manakah yang paling berkesan dan kenapa?

A: When I first performed at AFA on SONY booth, they hold up speakers outside AFA area, its the most memorable moment for me.

A: Saat aku tampil di AFA pertama kali, saat SONY memasang speaker di luar area AFA, itulah saat-saat yang paling berkesan bagiku.

Q: What do you expect from the next AFA Indonesia?

Q: Apa yang kamu harapkan dari AFA berikutnya di Indonesia?

A: I wanted to play, hahaha. But I don’t know yet. If there’s a chance, I also want to visit other islands in Indonesia, because usually I only visit Jakarta. I want to go more to the east.

A: Aku ingin bermain, hahaha. Tapi belum tahu juga. Kalau ada kesempatan aku ingin mengunjungi pulau-pulau lain di Indonesia, karena biasanya aku hanya di Jakarta saja. Aku ingin lebih ke Timur.

Q: Is there any special preparation before performing in different countries?

Q: Apakah ada persiapan spesial sebelum tampil di negara yang berbeda-beda?

A: I will go and see what clothes the people are wearing, then what is being sold in the venue, and what they’re cosplaying as. After that, I’ll play my music with the result of what I’ve learned before the concert.

A: Biasanya aku melihat baju-baju apa yang dipakai para pengunjung, lalu apa yang mereka cosplay-kan, juga apa yang dijual di stand-stand di tempat tersebut. Setelah itu aku sesuaikan musik dengan apa yang sudah kulihat.

Q: Other than Indonesia and Japan, where do you want to play as DJ?

Q: Selain Indonesia dan Jepang, di mana lagi kamu ingin bermain sebagai DJ?

A: Brazil.

Q: Do you have any other artist that you want to collaborate with?

Q: Apakah ada artis lain yang ingin kamu ajak kolaborasi?

A: Aquors from Love Live!

A: Aquorsnya Love Live!

Q: Can you tell us about your next planned project?

Q: Bisakah kamu beritahu kami bila ada rencana proyek barumu?

A: I’ve prepared CDs and also some events, but I probably can’t disclose all of it yet because it’s still a secret.

A: Aku sudah menyiapkan sebuah CD baru, juga beberapa event baru, tapi mungkin aku belum bisa mengatakannya karena masih dirahasiakan.

Q: What makes being a anisong DJ different from a regular DJ, except the song that you’re playing?

Q: Apa sih bedanya jadi anisong DJ dibanding jadi DJ biasa, kecuali lagu-lagu yang dimainkannya?

A: The difference is anisong usually liked by people who like them. So if they liked it, they must love it a lot, and those kind of love is usually so deep and also the hype is different from regular songs. Usually, regular DJs didn’t play anisongs.

A: Bedanya anisong itu biasanya disukai oleh orang-orang yang menyukainya saja. Jadi yang menyukainya pasti juga mencintai lagu-lagunya, dan cintanya juga pasti dalam sekali jadi hypenya berbeda dengan lagu-lagu biasa. Kalau jadi DJ biasa kan lagu-lagunya tidak seperti lagu anisong.

JOI - csf dj kazu (1)

Q: Do you have any plans to go to non-anisong events?

Q: Apakah ada rencana untuk datang ke acara non-anisong di Jakarta?

A: I want to go, but even then I’ll still play anisong music, I want to try palying anisong music in that kind of place. In Jakarta, I want to go play in Monas, even in ground level is fine.

A: Aku ingin, tapi walaupun bisa, aku tetap akan memainkan lagu anisong. Aku ingin mencoba memainkan lagu anisong di acara seperti itu. Di Jakarta, aku ingin bermain di Monas, di bawah pun tidak apa-apa.

Ternyata DJ Kazu ingin bermain di Monas, apakah kamu akan pergi menonton bila dia manggung di Monas?