Sutradara Persona 5 Berterima Kasih Kepada Para Pemainnya di Luar Jepang

May 5, 2017 11:37 am
Sutradara Persona 5 Berterima Kasih Kepada Para Pemainnya di Luar Jepang

Tidak bisa dipungkiri kalau banyak teman-teman yang sedang tenggelam dalam dunia Persona 5. Bagi para pemain game ini di luar Jepang, Sutradara Persona 5, Katsura Hoshino punya pesan bagi kamu, tepatnya dia baru saja meninggalkan sebuah ‘surat cinta’ bagi para pemain di luar Jepang karena sudah mendukung Persona 5 sedemikian rupa. Berikut adalah surat yang ditinggalkannya di PlayStation Blog.

Sebagai developer, aku sangat bahagia Persona 5 dimainkan oleh banyak orang di luar negeri. Sejujurnya, sangat susah untuk mencari popularitas di Barat saat tim kami berada di Jepang; kami tidak bisa melihat semua komentar dan diskusi kalian. Luar biasa rasanya bila kami bisa berinteraksi dengan penggemar di luar negeri, sayang aku nyangkut di kantor sambil makan ramen instan (haha). Persona 5 adalah game dengan cerita yang ‘sangat Jepang’ dengan aspek politik di dalamnya, jadi aku tidak bisa bagaimana pemain di barat bisa menerimanya. Tapi aku tahu bagaimana banyak penggemar sudah menantikan game ini, bahkan saat kami masih mengembangkannya, jadi aku penasaran bagaimana mereka akan menerima ceritanya.

Aku ingin berbicara mengenai hal lain, aku rasa pahlawan tradisional Jepang selalu mencoba untuk melawan musuh dari luar masyarakat, sementara pahlawan barat selalu melawan musuh dari dalam masyarakatnya sendiri. Ada rasa kalau mesyarakatlah yang menciptakan kejahatan seperti itu, dan setting seperti itu membuat penonton berpikir, seperti “Itu bisa saja jadi aku.”. Sebagai contoh, bukankah Joker dari Batman juga membuat beberapa poin yang valid dan kamu setujui?

Persona 5 adalah cerita mengenai pahlawan yang melawan musuh yang lahir dari dalam masyarakat, jadi kurasa hal ini mungkin berbeda dengan seri sebelumnya. Bisa saja hal tersebut tidak diterima dan kami akan dikritik karenanya, jadi antisipasi dan kekhawatiranku terbagi setengah-setengah. Setelah gamenya diluncurkan di barat, aku ingin bertanya kembali di lain waktu, saat aku menerima feedback dari pemain Barat, bagaimana pengalaman bermain mereka, apa yang mereka rasakan dan lain-lain. Aku harap cerita Persona 5 akan meninggalkan impresi yang baik bagi mereka yang memainkannya. Tidak peduli proyek apa yang akan kuciptakan nanti, aku sangat cinta menciptakan RPG yang dapat menggugah dan menghubungkan orang lain tanpa memikirkan perbedaan budaya. Aku sangat mengasah sisi itu saat ini.

Tahun lalu, dengan perayaan 20 tahun seri Persona, aku mewariskan pengembangan seri ini kepada penerusku dan mengumumkan sebuah game RPG baru dalam sebuah dunia fantasi. Apakah game itu akan modern seperti Persona dan Shin Megami Tensei, atau sebuah game di dunia fantasi, aku berusaha untuk membuat game yang bisa membuat pemain merefleksikan diri mereka dalam petualangannya, sambil berperan sebagai karakter yang terasa sangat dekat dengan mereka.

Usaha-usaha ini hanya bisa terlaksana dengan dukungan positif dari para penggemar, tidak hanya di Jepang tapi juga dunia, dari seri Persona dan RPG Atlus secara umum. Aku mengapresiasi dukungan kalian untuk seri terbaru Persona ini dan kuharap semua orang akan terus menikmati RPG Atlus yang akan datang.

Sebuah pesan bergambar yang ditandatangani desainer karakter Shigenori Soejima juga disematkan dalam blog tersebut.

JOI - persona 5 direktur berterima kasih (2)

Sumber: Crunchyroll