[3 Episode Rule] Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka?

May 6, 2017 4:08 pm
[3 Episode Rule] Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka?

Salah satu anime dengan judul terpanjang yang tayang di season ini dan kemungkinan salah satu yang terpanjang dalam sejarah. Dengan catatan, produsen light novel tidak mulai mencari-cari cara yang lebih deskriptif untuk menjelaskan setiap buku di masa mendatang. Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka? Disingkat dengan nama Sukasuka, hampir tidak ada daya tarik bagi saya untuk menonton anime ini, namun entah kenapa kok saya menemukan diri saya masih menontonnya sampai sekarang, kenapa?

Bercerita mengenai karakter Willem Kmestch, seorang protagonis generik seri anime yang ternyata adalah satu-satunya manusia yang selamat dari peristiwa “World’s End” 500 tahun lalu. Secara ajaib, Willem selamat dan menjadi bagian dari dunia baru yang tidak ada manusianya sama sekali. Willem kemudian mengambil pekerjaan sebagai pengawas senjata rahasia militer, apa yang dia tidak duga adalah ‘senjata-senjata militer’ tersebut.

Rasanya segar juga melihat seri fantasi yang bukan ber-genre isekai, walapun mengingat sekarang Willem berada di dunia yang tidak familiar dengannya. Poin tersebut membuat saya berpikir ada miripnya seri ini dengan genre isekai, Willem yang kini berada di dunia yang cukup asing baginya.

+Strong front

Seri ini memiliki pembukaan yang sangat kuat, berbeda jauh dengan pembukaan dari Sakurada Reset yang terasa agak ‘meh’ dan boring, Sukasuka langsung ngegas pol sampai ke klimaks. Tapi semoga saja itu bukan klimaksnya dan semoga saja tidak ada yang akan mati. Karena sejak awal-awal seri sudah diungkapkan salah satu kondisi untuk mengeluarkan jurus terbaik dari dug weapon para heroine adalah dengan mereka mengorbankan nyawanya masing-masing.

JOI - 3 Eps Rule Nygglatho (4)

That being said, the opening really raises a lot of questions, kenapa yang dipeluk oleh Willem malah Nephren, kenapa mereka jatuh dari langit, siapa fairy yang sedang bertarung dengan tentakel-tentakel hijau tersebut, kenapa mereka bertarung melawan sekutunya sendiri, apakah gadis berambut merah di episode pertama itu Ctholly atau seseorang lain yang mirip dengan teman Willem di masa lalu.

Pembukaan ini membuat penonton cukup penasaran, dan membuat banyak orang bertanya-tanya, jadi semoga saja film ini akan menjawab semua ekspektasi saya.

+ Ctholly 15 tahun woi

Saya ngerti ini adalah dunia fantasi, dimana fantasi tergila pun bisa diwujudkan. Saya juga mengerti kalau age of consent di Jepang sangatlah rendah. Namun bagi Willem, harap diingat kalau Ctholly dan kawan-kawan itu masih berusia 15 tahun, normalnya belum legal, normalnya. Mungkin karena ini dunia fantasi jadi ada sedikit aturan moral yang bisa dibengkokkan, tapi kamu sebagai penontonnya harap jangan ikut-ikutan.

JOI - 3 Eps Rule Nygglatho (3)

… halo polisi?

+ I smell deaths

JOI - 3 Eps Rule Nygglatho (2)

Anak-anak + senjata rahasia, now why do I smell deaths. Ini adalah resep yang cukup mudah untuk membuat sebuah impact yang cukup dalam. Serdadu anak di bawah umur yang tidak tahu apa-apa selain bertarung, walaupun sekilas memiliki perasaan, mereka sepertinya tidak memiliki empati terhadap sesama. Saat temannya jatuh dari tebing pun mereka masih memintanya untuk mengambil bola, walaupun jelas dia sempoyongan. Kalau dia manusia sih mungkin sudah pasti mati.

+ Nygglatho

JOI - 3 Eps Rule Nygglatho (5)

Makan saya mbak, asli.

Verdict: Start dash/10

Seri ini memulai ceritanya dengan sangat cepat, membuat para penonton bertanya-tanya apa yang akan terjadi berikutnya, dan apa yang akan terjadi dengan karakternya di antara jangka waktu awal mula sampai ke klimaks. Satelight juga menyuguhkan kualitas yang cukup baik, tidak sempurna, cukup lah buat ukuran Satelight. Kasarnya, I’ve expected worse.

P.S. Header artikel ini Nygglatho dan bukan para pemeran utama karena jelas, dia best girl. Walaupun saya tidak bisa mengubah judul artikel ini tapi saya bisa mengubah filename semua gambar jadi 3 Eps Rule – Nygglatho.

[Etherlite] Verdict: Nygglatho cakep tapi Ithea lebih menarik/10

C-u8nyoVYAAFkg6

Episode pertama yang membuang semua keraguan (that needlessly long title), Sukasuka langsung menjadi sorotan utama saya tiap minggu karena tema yang dibawa adalah salah satu tema favorit saya: fantasy tragedy. Apakah akan dibawa ke arah tragedi? Atau mereka semua bisa selamat? Selama mereka bisa mengemasnya dengan baik dan memuaskan tanpa plot hole sih saya ga protes. Satu kritik dari saya adalah ceritanya terlalu terfokus ke Willem, padahal pertarungan sengit Ctholly, Ithea & Ren melawan Timere bisa menambah daya tarik kepada anime ini.