[Celebrity Sunday] Ayana Taketatsu

May 7, 2017 3:13 pm
[Celebrity Sunday] Ayana Taketatsu

Celebrity Sunday kali ini akan membahas tentang Ayana Taketatsu, seiyuu yang juga aktif sebagai penyanyi dan cukup sering mengisi suara kararkter tipe imouto.

Sejak kecil, Taketatsu sudah menikmati berbagai anime dan game seperti Cardcaptor Sakura, Sailor Moon, Kanon, dan Sister Princess. Karena ini, dia juga jadi suka dengan seiyuu Yui Horie dan memutuskan untuk menjadi seiyuu. Taketatsu mulai mengejar karirnya sebagai seiyuu pada saat umur 14 tahun (kelas 2 SMP). Dia mengikuti audisi beasiswa oleh I’m Enterprise untuk belajar di Nihon Narration Engi Kenkyujou dan berhasil diterima. Karirnya bisa dibilang sangat cepat karena dalam waktu 1 tahun saja, dia sudah diterima masuk oleh agensinya. Pada saat ini, dia menjadi anggota termuda yang pernah masuk ke agensi tersebut.

celebrity-sunday-ayana-taketatsu-1

Taketatsu mengatakan bahwa sosok yang mendorong dirinya menjadi seiyuu dan terus mendukungnya hingga saat ini adalah fans nomor satunya yaitu ibunya. Pada awalnya, ibunya menginginkan dia untuk menjadi aktris cilik untuk tampil di dunia hiburan. Selain itu, ada juga masalah biaya sekolah seiyuu yang cukup mahal. Karena ini, ibunya awalnya menolak Taketatsu untuk menjadi seiyuu. Tetapi Taketatsu terus bersikeras mengatakan ingin menjadi seiyuu karena suka akting dan anime. Akhirnya pun ibunya menyetujuinya. Pada saat SMA, dia sangat sibuk. Selain sibuk belajar sebagai seorang murid, dia juga kerja sambilan, mendapatkan pelajaran di sekolah seiyuu, dan juga pelajar dari kantor agensinya.

Taketatsu debut sebagai seiyuu pada tahun 2008 untuk bonus anime DVD yang dibundel dengan manga Kiss x Sis. Di sini, dia mengisi pernh Ako Suminoe. Tetapi nama Taketatsu baru mulai melejit setelah dia memerankan Azusa di K-ON! Berkat anime ini, dia memenangkan penghargaan di Seiyuu Award ke-6 pada tahun 2010 sebagai bagian dari Houkago Tea Time, grup musik dari K-ON! Sejak saat itu, namanya semakin terkenal, tampil di OreImo sebagai Kirino, di Kaminomi sebagai Ayumi, di Tamayura sebagai Fuu, dan masih banyak lainnya. Dia juga sempat tampil di film live-action berjudul Light Novel no Tanoshii Kakikata.

Setelah cukup lama berkarir sebagai seiyuu, Taketatsu mencoba tantangan baru yaitu untuk menjadi penyanyi. Dia debut sebagai penyanyi pada tahun 2012 dengan single Sinfonia! Sinfonia!! Tetapi sebenarnya karirnya sebagai menjadi penyanyi bukanlah keinginannya sendiri. Pada awalnya, staff K-On! mengajak Taketatsu untuk debut sebagai penyanyi solo. Tetapi awalnya dia tidak yakin bisa memutuskan sendiri, jadi dia berkonsultasi dengan ibunya. Tetapi ibunya mengatakan, “Lakukan saja. Yui Horie yang kamu sukai juga melakukannya. Fans juga bakal senang. Ayo semangat.” Setelah itu, dia membentuk grup musik petit milady pada tahun 2013 bersama Aoi Yuuki.

Kalau melihat karirnya Taketatsu, dia cukup sering memerankan karakter tipe imouto. Mungkin ini berhubungan dengan kehidupannya. Dia adalah anak bungsu dari 3 bersaudara dan kedua kakaknya adalah laki-laki. Menurutnya, dia adalah orang yang ingin dimanja oleh orang yang dekat dengannya.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Taketatsu menyukai anime dan game, dan sering diungkapkan dalam berbagai wawancara. Salah satu genre kesukaannya adalah galge dan otome game, yang menjadi salah satu alasan dia menjadi seiyuu. Menurutnya, karena dia sering mengatakan ini, dia jadi diterima memerankan Kirino di OreImo. Taketatsu juga mengatakan bahwa dia adalah tipe orang indoor, lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Dia juga pemalu dan tidak pandai mengobrol.

celebrity-sunday-ayana-taketatsu-2

Salah satu hal unik yang pernah dilakukan Taketatsu adalah pada saat dia pergi ke toko buku di hari libur. Dia membeli buku yang menarik perhatiannya, topik yang lagi ramai dibahas, segala macam komik, dan lainnya dalam jumlah yang sangat banyak. Alasannya adalah dia merasa bisa memberi komentar tidak suka, membosankan, dan suka setelah membeli bukunya dengan uang sendiri.

Kalian bisa mengikuti Ayana Taketatsu lewat Twitter dan blog.