[JOI Spotlight] Bishounen Chewbacca Edition

May 7, 2017 6:56 pm
[JOI Spotlight] Bishounen Chewbacca Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama untuk bulan Mei. Dimana walaupun May the 4th sudah lewat, kami akan tetap menggunakan gambar header yang relevan untuk merayakannya. Mari sekali lagi kita sampaikan impresi untuk berbagai seri yang kami saksikan pada minggu ini.

ReLife 177

img000026

Etherlite

GGWP Ohga.

Little Witch Academia 17

Little Witch Academia - 17

Kaptain

In which we get Reverse Utena. Jadi ya, episode yang lebih bagus dari minggu lalu, karena Amanda jadi dapat lebih banyak screentime disini. Bisa nggak kita dapat lebih banyak episode dimana Akko jadi binatang di mayoritas episodenya? Karena dia jauh lebih kompeten dan tidak semenyebalkan biasanya.

bukan_randy

Episode terbaik dari cour 2 sejauh ini, meski kesannya masih agak terburu-buru. Entah apakah Amanda dan kru “Enchanted Parade” lainnya bakalan dapet episode yang menyorot mereka lagi atau tidak.

Uchouten Kazoku 04

Uchouten Kazoku 2 - 04

Kaptain

Semua bidak shogi yang dipakai Ginkaku dan Kinkaku memang benar-benar ada. Sekali lagi Yasaburou menjadi best Shimogamo bukan karena dia kesal dengan kedua begundal tersebut, namun karena dia tidak terima sang kakak dihina. Gyokuran sendiri nampaknya akan menjadi pasangan yang baik untuk Yaichirou, i mean her Tiger transformation begs for it.

Sakura Quest 05

Sakura Quest - 05

Kaptain

Contains more Sagrada than Sagrada Reset. Orang seperti Sanae, seseorang yang mampu membuat proposal yang kelewat idealistik menjadi lebih praktis itu dibutuhkan di institusi manapun.

Mereka juga akhirnya berhasil membuat proyek yang relatif disetujui semua orang, plotpoint seperti stasiun kereta, seni pahat, dan bahkan exoskeleton menyatu di sini. Saya sendiri kaget proyek pertama mereka sebagai tim adalah proyek yang kemungkinan besar tidak akan selesai dalam 4-5 dekade kedepan, they’re in this for the long haul.

Tiger Mask W 30

Tiger Mask W - 30

Kaptain

Another awesome gimmick match. Paling tidak plot “Naoto made horrible decision” sudah selesai di episode ini. Ya, anime ini memang melibatkan big sweaty men grappling with each other, but tone down the manloving please Kevin.

Kado 05

Seikaisuru Kado - 05

Kaptain

There you have it, Ekonomi, sebuah disiplin yang muncul karena kebutuhan manusia itu (diasumsikan) tidak terbatas sementara sumber daya dunia itu terbatas; sudah ketinggalan jaman setelah Wam bisa diproduksi oleh semua orang. So good luck buat orang yang ingin memonopoli Wam dan menggunakannya untuk menguasai orang lain, karena sumber daya yang secara teknis tidak terbatas dan relatif mudah diproduksi itu tidak mungkin dimonopoli. Kado juga nampaknya memegang posisi bahwa semua bencana yang timbul dari Wam adalah sepenuhnya tanggung jawab manusia. Sama seperti sentimen saya di spotlight sebelumnya “Either we adapt or we die”.

Pertanyaan tentang bagaimana kalau Wam jatuh ke tangan yang salah memang valid, namun para pihak yang kurang bertanggung jawab tersebut nampaknya juga akan bingung menghadapi dunia dimana SEMUA orang bisa memiliki energi tanpa batas. Cara produksi Wam yang relatif mudah mengingatkan saya dengan cerita The Road Not Taken karya Harry Turtledove, sebuah teknologi yang luar biasa maju namun relatif sederhana terlewat oleh perkembangan sains manusia.

Saya masih kurang suka dengan Shinawa, namun saya bisa menghargai seseorang yang bertemu dengan “dewa” dan pertanyaan pertamanya adalah “dia bisa dimakan apa nggak?”

bukan_randy

Saya sempet khawatir dengan kemungkinan seri ini cuma bakal nge-tease soal perubahan doang dan/atau klimaksnya sudah dicapai sejak pengenalan wam kemarin, tapi untungnya mereka masih bisa kasih twist baru yang makin menarik yang bisa bikin saya sama nganga-nya dengan para karakter yang ditampilkan di layar.

Frame Arms Girl 05

fag 05

Kaptain

Saya baru nyadar di season ini Hikasa Yoko mengisi suara untuk dua karakter yang mata duitan (satunya lagi di Sin Nanatsu). Seperti biasa, respon darinya untuk anomali sistem yang jarang terjadi adalah “Ini bakal ngehasilin duit nggak?”

Frame Arms Girl memang sering dikritik sebagai anime iklan yang generik, saya sendiri bisa menolerir hal ini karena tone ceritanya yang “jujur”, lagipula jarang sekali ada seri dimana ada episode yang melibatkan karakternya balapan dengan roomba dan dimakan kambing.

Shingeki no Bahamut 04-05

bahamut 05

Kaptain

You know what, saya memutuskan untuk melihat jenis kelamin Mugaro sebagai “Mugaro” biar kedepannya nggak pusing. Memang season kedua ini lebih bebas daripada season pertama yang pada dasarnya adalah iklan untuk Cerberus Rage of Bahamut, hanya saja fokus areanya yang terpaku pada ibukota dan bukan petualangan konsvensional membuat pacenya terasa lambat. Begitu juga dengan repetisinya plotpoint seperti Demon yang masih ditindas, we get it MAPPA, humanity is a jerk.

Renai Boukun 04

renai boukun 04

Kaptain

Masuk ke arc yang lebih “serius”. Setup dari target season ini yaitu memastikan Guri bisa paham dengan cinta akhirnya diungkap. Dengan ini episode akhir seasonnya nanti nampaknya akan pas saat Guri “jatuh” dan harem miliknya harus mengejarnya. Untuk sekarang saya akan berhenti dulu menonton seri ini dan menontonnya lagi di endseason.

THE IDOLM@STER CINDERELLA GIRLS Theater TV 04

chrome_2017-04-27_23-44-17
Dedemit

“Penjara hanyalah ruangan”

THE IDOLM@STER CINDERELLA GIRLS Theater Web 04

chrome_2017-04-27_23-49-49

Dedemit

Episode khusus penggemar gadis berkacamata

Alice to Zouroku 04

Untitled

Dedemit

Akhir dari arc pertama, namun saya masih bertanya-tanya siapa sebenarnya Sana/Red Queen. Akankah pertanyaan tersebut terjawab?

Sukasuka 4

sukasuka 4

Etherlite

AAAAAAAAAAAAAaaaaaaaaAAAAAAAAA———–!!!!!!

Sagrada Reset 5

sagarada reset

Etherlite

Now they decided not to follow the timeline… Saya sempat baca juga di internet kalau mereka tidak mengikuti timeline novel dan lompat ke vol 3. Apakah mereka mencoba mengulangi formula Haruhi (2006 ver, although ga seberantakan itu sih)? Beralih ke ceritanya, it’s a good episode. Kei yang tidak sekedar mengerjakan pekerjaan service club karena itu ‘pekerjaan’, melainkan dia mencoba mengerti ‘client’ dan permasalahan yang mereka hadapi, untuk memberikan solusi yang lebih baik.

Natsume Yuujinchou Roku 4

natsume

Etherlite

Fairly serious episode. Saya suka bagaimana Natsume berpikir dari dua segi, dari sisi exorcist dan dari sisi youkai. Sebagai exorcist yang mengutamakan keselamatan manusia, dan sebagai teman youkai, karena tidak semua youkai itu jahat. There’s a reason why it’s name is Book of ‘Friends’.

Tsuki ga Kirei 5

pasted image 0

Etherlite

Ahh, that period, dimana ngeliat pacar ngobrol sama cowo/cewe lain aja sudah cukup buat bikin emosi. On the other side, saya penasaran bagaimana reaksi Chinatsu waktu tau kalau Azumi & Akane uda pacaran. How does she cope with someone who has everything she ever wanted.

Shingeki no Kyojin 31

1494076509856_201705062233315d9

Mikasa was not amused

Etherlite

HAHAHAHAHAHAHAHAHAH, okay, now THAT was awful. It’s just the poorest attempt to recreate Darth Vader’s “Actually, I’m your father” or Tony Stark’s “The truth is, I am Iron Man.” Lagi ga ada apa-apa trus *boom* ngaku deh, I was like… wat?

F/GO

Screenshot_20170507-090629

Etherlite

The story is amazingly good, dan tidak seperti event lain yang terkesan seperti side story, event CCC ini bisa dipastikan canon dengan Epic of Remnant. Not gonna spoil the story though 😉 Sayangnya gacha saya kali ini sedang ampas, ga dapet Meltlilith maupun Passion Lip, paling nggak dapat Suzuka fox NP2 sih… Tergoda buat pakai duit, tapi info summer event & chapter 2 Epic of Remnant dari machiasobi juga menarik, jadi saya nabung aja deh….

Persona 5

p5 clip

Kaptain

Tamat. Semua Confidant berhasil diselesaikan dalam satu playthrough. Secara keseluruhan Persona 5 adalah game yang sangat, sangat kompeten walaupun bagian tengahnya sendiri cenderung lemah, namun itu lebih dikarenakan oleh prolog dan klimaks yang sangat bagus.

Pacing cerita juga jauh lebih bagus dibandingkan Persona sebelumnya, dalam soal karakterisasi, Ryuji yang dimandat sebagai “orang bego” saja jauh lebih cerdas daripada para tokoh utama game sebelumnya, jadi tidak ada plotpoint bodoh seperti “siapa bayangan aneh yang ada di TV”. Hanya saja untuk sekarang posisi Game of the year saya masih dipegang oleh NieR: Automata.

Sekian JOI Spotlight untuk minggu ini. Apakah akhir-akhir ini kalian menonton seri anime dari luar musim? Sampaikan lewat kolom komen di bawah, or bask in the glory that is Bishie Chewie.

Sorry. No data so far.