Polisi Menangkap Seorang Pria yang Menjual Sketsa Palsu

May 12, 2017 2:26 pm
Polisi Menangkap Seorang Pria yang Menjual Sketsa Palsu

Pada hari Rabu kemarin kepolisian prefektur Okayama menangkap pria pengganguran berusia 32 tahun di kota Hino dengan tuduhan penipuan menggunakan sketsa palsu.

Pria tersebut diduga menjual ilustrasi bertandatangan melalui lelang online dan mengatakan bahwa ilustrasi tersebut dibuat langsung oleh Hayao Miyazaki dan Makoto Shinkai.

JOI-fake-sketch

Tersangka diduga memiliki ilustrasi palsu sebanyak 279 buah yang ditampilkan sejak Juli 2016 hingga Maret 2017. Saat polisi menginvestigasi rumah tersangka, polisi juga menemukan ilustrasi palsu lain yang ditandatangani oleh Masashi Kishimoto, Takashi Yanase, dan Shigeru Mizuki.

Yang menjadi penyebab pria ini tertangkap ialah dua buah ilustrasi yang ia lelang secara online pada Oktober dan November 2016, yang digambar langsung oleh Hayao Miyazaki dan Makoto Shinkai.

Seorang pria berusia 34 tahun asal Bizen, Okayama membayar 17.000 Yen (sekitar 2 juta Rupiah) untuk salah satu sketsa sementara pria lain berusia 23 tahun asal Toyohashi, Aichi membayar 7.750 Yen (sekitar 921.000 Rupiah). Ditambah dengan ongkos kirim, keduanya membayar sebesar 25,550 Yen (sekitar 3 juta Rupiah) untuk ilustrasi yang diduga palsu.

Shinkai sendiri mengatakan bahwa dirinya mengetahui mengenai sketsa palsu tersebut sejak bulan September lalu dan telah melaporkannya melalui blog miliknya.

Sumber: ANN