Area Belanja Otaku, Anime Street di Kobe Akan Tutup Karena Masalah Keuangan

May 14, 2017 17:46
Area Belanja Otaku, Anime Street di Kobe Akan Tutup Karena Masalah Keuangan

Koran Kobe Shimbun melaporkan di hari Minggu kalau Anime Street di Kobe akan ditutup pada akhir bulan Juni tahun ini. Area belanja ini dibuka di Kobe pada bulan Maret 2015 lalu di gedung Asta Kunizuka yang berada pada distrik Nagata, Kobe.

JOI - kobe anime street tutup (1)

JOI - kobe anime street tutup (2)

JOI - kobe anime street tutup (3)

Menurut Kobe Shimbun, saat area ini pertama kali dibuka, area ini menarik banyak perhatian dan event-event di area tersebut berhasil menjaring banyak pendatang. Namun sayang, di hari kerja hampir tidak ada pengunjung di daerah tersebut, dan penjualan pun menjadi lambat. Perusahaan pengembang merchandise di Tokyo memberi tahu Kobe Shimbun kalau perusahaan Kobe Anime Street memiliki hutang 2 juta Yen. Perusahaan lain di Awaji, Hyogo melaporkan kalau mereka menuntut Kobe Anime Street dengan jumlah 2 juta Yen karena keterlambatan pembayaran. Mainichi Shimbun bahkan melaporkan menurut sumber mereka kalau perusahaan tersebut punya hutang sebesar 8 juta Yen ke 5 perusahaan.

Area perbelanjaan ini dibuat di area yang terkena dampak dari gempa besar Hanshin di tahun 1995, dan area dari stasiun Shin-Nagata yang belum pulih sepenuhnya. Kobe Anime Street didirikan dengan tujuan membawa lebih banyak bisnis ke area tersebut. Kota Kobe telah menginvestasikan sebanyak 67 juta Yen ke dalam proyek ini.

Lokasi ini menjadi rumah dari beberapa toko yang menjual dan menawarkan jasa berbau anime, mulai dari toko untuk memamerkan dan menjual figure, sebuah toko cosplay, sebuah anisong cafe, studio film, toko plamo, dan toko yang memiliki spesialisasi di bidang ita-sha.

Gainax membuka studio Gainax West di bulan Maret 2016. Mereka juga membuka toko di jalan tersebut, yang juga menjalankan event dan membuka pop-up cafe di area tersebut.

Kobe Anime Street juga mengadakan event dan cafe untuk berbagai seri seperti Steins;Gate dan Code Geass.

Sumber: ANN