[JOI Spotlight] Backup Your Stuff Edition

May 14, 2017 19:01
[JOI Spotlight] Backup Your Stuff Edition

Berhubung salah satu wacana yang sedang trending baru-baru ini adalah kerusakan sistem ataupun kehilangan data akibat ransomware dan kecerobohan manusia, JOI Spotlight kali ini ingin sedikit memberi PSA soal keamanan data. Selalu backup/simpan di cloud data yang kalian tidak sudi hilang dan/atau selalu update OS dan program keamanan kalian secara rutin. Sekian PSA dari kami, mari kita kembali memberi impresi untuk seri yang kami simak minggu ini.

Uchouten Kazoku 05

Uchouten Kazoku S2 - 05

Kaptain

Secara pribadi merupakan episode anime paling memuaskan untuk musim ini. Hubungan Yaichirou dan Gyokuran sudah resmi, Perang festival dari season pertama kembali lagi, dan yang terpenting, Benten akhirnya dikalahkan. Saya ingin karakter seperti Akadama lebih banyak muncul di anime lain. Then again musim ini sebenarnya dipenuhi oleh orang tua keren.

Tiger Mask W 31

Tiger Mask W - 31

Kaptain

Jadi basis killer move-nya itu “have a spontaneous hell turn”? antara itu atau bawa pedang ke ring, yang berhubung ini adalah dunia Tiger Mask hal itu masih sesuai aturan. Preview selanjutnya menunjukkan Lumberjack match, jadi kemungkinan besar konflik Naoto & NJPW akan rampung disitu.

Kalau dilihat lagi, gambar diatas malah kayak screenshot dari Tekken ya?

Little Witch Academia 18

ss+(2017-05-08+at+10.41.57)

Kaptain

Episode khusus untuk Mikazuki Constanze. Harapan saya tentang lebih banyak penggunaan transformasi untuk menyelesaikan masalah dikabulkan disini, baik dari Akko maupun mecha Constanze. Berapa banyak reference yang bisa kalian temukan di gambar diatas?

bukan_randy

Beneran lanjut bahas karakter dari movie kedua, and it was even better than the last time. Plot wise masih termasuk filler dan nggak nambah magic words (meski IMO it’s for the better), tapi eksekusinya fun dan memuaskan. Dan sebelumnya ini udah keliatan dari episode sebelumnya, tapi secara tidak blak-blakan sudah ditunjukkan perkembangan Akko di mana dia sekarang sudah bisa menggunakan sihir berubah menjadi binatangnya dengan lebih leluasa.

King’s Avatar 1-6

kings avatar 1-6

Kaptain

Secara teknis bukan anime, namun bisa dibilang ini adalah “anime” buatan China pertama yang saya lihat dengan kualitas produksi kompeten. King’s Avatar/Quan Zhi Gao Shou adalah seri tentang game online yang tidak melibatkan cerita “terjebak di dunia game”. Tokoh utamanya memang Overpowered, namun dia punya alasan yang masuk akal karena dia adalah player professional di server baru, yang sudah harus pensiun dari pro scene akibat reflex-nya yang mulai tua dan tidak semenjual generasi barunya. Sehingga sekarang dia turun pangkat jadi “mas-mas tukang jaga warnet.”

Penulisnya juga jelas lebih melek dengan scene E-Sports dan saya bisa percaya dia telah menghabiskan lebih dari satu jam untuk bermain MMO, sebuah standar yang jarang sekali dipenuhi penulis genre sejenis. Jadi ya, ini adalah sleeper hit saya untuk musim ini dan saya cukup senang menemukannya di midseason. Kalian bisa menontonnya secara legal di Youtube.

Frame Arms Girl 06

frame_arms_girl 06

Kaptain

Took them long enough to start violating Ao. Nipa-ko juga hadir di episode ini.

bukan_randy

Entah mana yang lebih kasihan, para FA Girls yang diemut kambing atau para kambing yang ngemut part plamo Kotobukiya yang terkenal tajam (dan mungkin copot dan ketelen).

Sakura Quest 06

Sakura Quest - 06 - Large 24

Kaptain

Arc khusus untuk Maki dan mungkin Shiori, walaupun rasanya nggak se-sreg Sanae kemarin berhubung solusi untuk Maki kurang lebih adalah “Ya, umur segini masih bisa kok mengejar mimpi”.  Ada juga sedikit pendidikan mengenai pajak properti dan tanah Jepang, dan efek tanah/rumah mati pada pemda dan pemilik bila dibiarkan terus.

Kado 06

Seikai Suru Kado - 06

Kaptain

Sang alien pindah rumah, dan fokus episode ini lebih kearah proses logistik yang lumayan detil tentang bagaimana hal itu dilakukan. “Kelemahan” Wam diungkap juga, cuma orang yang punya perspektif tertentu pada dunia yang bisa membuatnya. Ibu Shido juga menyoba untuk menebak kenapa zaShunina mau repot-repot mendatangi manusia, yang dialognya bisa disimpulkan dengan “can we have sex/breed with that?”

You know, kalau aja hadiah pertama untuk manusia itu “nggak perlu tidur/istirahat”, mungkin situsinya nggak akan seribut ini. Hanya saja merubah tubuh manusia secara langsung itu kesannya lebih invasif daripada pemberian teknologi baru, so i digress.

bukan_randy

A relatively peaceful episode until the wham in the end. Seperti yang saya bilang di minggu lalu, saya terus salut mereka bisa membawakan twist baru di tiap episodenya. Twist-twist di seri ini membuat saya jadi teringat dengan 91 Days… haah, seandainya 91 Days produksinya ga bermasalah…
speaking of that, dari preview next ep-nya, kayaknya eps 7 bakalan jadi eps recap… duh…

Boku no Hero Academia 20

Boku no Hero Academia - 20

Kaptain

Episode yang cukup saya tunggu adaptasi anime-nya. Berhubung saya sudah jauh baca manga-nya, melihat kasus Shinso saya jadi penasaran bagaimana karakter veteran tipe support/utility seperti Nighteye diuji dulunya. Mungkin berhubung dulu masih belum banyak superhero ujiannya tidak terstandarisasi seperti sekarang.

Entah apakah saya salah ingat dengan manga-nya, tapi Sero di anime lebih kompeten bertarungnya. Tapi ya tetep aja dilindas Todoroki.

Shingeki no Bahamut Virgin Soul 06

snb virgin soul 06

Kaptain

Memasuki midseason, nampaknya saya resmi dijebak menonton seri Otome. Which is fine, karena Virgin Soul sendiri masih merupakan seri Otome yang berkualitas. Sakuga dari episode ini dipakai untuk dansa di festival, saya sendiri tidak menyangka dari semua metode untuk mengubah hati sang tiran, a dance number might do the job.

Rencana Azazel kemungkinan besar akan gagal total di episode berikutnya.

Granblue Fantasy 06

granblue 06

Signum

Iya belom sempet nonton yang ketujuh jadi yang keenam dulu aja ya. Dari segi kualitas, pertempuran di episode keenam ini terlihat cukup banyak budgetnya. Dari pergerakan Grandcypher menghindari serangan beam sampai ke fluidnya pergerakan beam tersebut menjadi sebuah pengalaman menonton yang cukup epik. So far, ceritanya mengikuti cerita asli di dalam gamenya dengan cukup setia. Kecuali grindingnya.

Also, we have a new Colo Staff from the Granblue Team, pretty much saying that Gran has beat Colo on the next ep.

Fate/Grand Order

1175881

Signum

Mungkin ini karma karena kebanyakan ngegarem, ceritanya pada suatu malam yang dingin dan ngantuk, sambil grinding magna di browser saya berpikir untuk menukar lockscreen smartphone dari PIN menjadi pattern. I did. Namun setelah itu ketiduran tanpa sempat mengingat-ingat seperti apa patternnya.

Beberapa hari kemudian, saat ingin membuka lock, saya sempat bengong kenapa adanya pattern bukannya PIN. Lalu saya teringat kebodohan beberapa hari lalu. Granted, I didn’t remember the pattern at all. Saya coba unlock dengan menggunakan Google’s Android Device Manager pun saya tidak bisa ‘menimpa’ pattern yang sudah dibuat, katanya yang punya hp udah pasang lock sendiri jadi google nggak usah kirim kode lock baru. Padahal sebelumnya kode yang dikirim Device Manager (katanya) bisa menimpa kode lock lama sehingga kita bisa menggunakan HP kita lagi. Whoever propose that change on the device manager, why you do this?

Satu-satunya cara yang tersisa adalah dengan mengirim perintah factory reset kepada HP saya supaya bisa diakses lagi. Untungnya, data-data penting saya tersimpan dalam cloud namun ada alasan saya curhat sepanjang ini di seksi F/GO adalah karena factory reset artinya menghapus data F/GO saya dan saya lupa backup kode bind terakhir sebelum ngeroll Gozen. FML. Biasanya saya selalu mengirimkan kode tersebut ke teman saya untuk safe keeping, entah kenapa kemaren kelupaan.

Untungnya, ada Etherlite yang membantu saya untuk menuliskan form bantuan kepada DW dan mengikuti guide dari: http://fategrandorder.wikia.com/wiki/Account_Recovery. Akhirnya, account saya berhasil balik beberapa jam sebelum spotlight ini diangkat.

Jadi pelajaran apa yang bisa diingat kali ini? Jangan pernah ganti password/pattern/pin HP kalau kamu lagi setengah tidur.

Granblue Fantasy

Signum

Kehilangan account F/GO membuat saya sedikit malas bermain GBF, and that probably speaks about how important my F/GO account to me. Karena walaupun kamu butuh usaha extra untuk mengumpulkan segala macam senjata yang merepresentasikan progress kamu sebagai seorang pemain, tapi semua servant yang sudah saya kumpulkan selama 635 hari dengan keringat dan air mata ini kalau hilang rasanya kok 2 tahun ini sia-sia. Mungkin karena gachanya yang lebih pelit jadinya kalau hilang rasanya nyesek banget.

ss+(2017-05-01+at+09.13.01)

Omong-omong, legfest kemarin dapat apa?

Sekian JOI Spotlight kali ini. Sekali lagi selalu backup semua data yang kalian tidak sudi kehilangannya, entah itu file, data account, pin, password dan sebagainya. Saya ingin percaya kebanyakan pembaca JOI cukup melek dengan standar keamanan semacam ini.