Kembalinya Seri Anime Action Fantasy ke Kancah Dunia Otaku Belakangan Ini

May 15, 2017 3:31 pm
Kembalinya Seri Anime Action Fantasy ke Kancah Dunia Otaku Belakangan Ini

Apakah kamu mulai merasa kalau seri action fantasy semakin banyak sebelum ini? Padahal di tahun-tahun sebelumnya, lebih banyak anime dengan tema slice of life atau high school life yang tayang di layar kaca. Sebagai buktinya, ada lebih dari 200 anime slice of life yang berhasil ditemukan lewat hasil pencarian anime dengan genre tersebut lewat situs MyAnimeList. Pencarian tersebut dibatasi antara tahun 2007 sampai 2015.

Kembali ke seri action fantasy, hasil pencarian seri action fantasy pada tahun 2007-2014 membuktikan hanya ada 90 seri action fantasy saja yang dibuat. Namun hasil pencarian di 3 tahun terakhir membuktikan kalau seri action fantasy memang sedang memulai kembali kemunculan mereka. Ditemukan ada 48 anime bergenre action fantasy antara tahun 2015 sampai 2017, dan tahun 2017 baru setengah jalan, hasilnya dalam 2 tahun lebih 5 bulan ini sudah ada lebih dari 50% anime action fantasy dibandingkan dengan 7 tahun lalu.

JOI - anime sword art online maju ke alicization

Mungkin banyak juga yang sudah lelah dengan anime seri slice of life, harem, cinta-cintaan, terutama harem dengan protagonis yang kaya sayur sehingga mulai banyak seri action fantasy yang muncul ke permukaan. Perkenalan seri seperti Sword Art OnlineNo Game No LifeKonosuba dan masih banyak lagi juga menjadi dorongan bagi pencipta naskah untuk menulis cerita serupa. Genre isekai pun sangat diminati oleh para penulis, sampai sebuah kontes melarang penulis menggunakan tema tersebut.

Untungnya, saya pun juga sudah mulai mager melihat seri-seri penuh fanservice di sekolah, jadi saya menyambut angin-angin segar dari genre fantasi. Kira-kira apa saja ya anime action fantasy yang bisa direkomendasikan kepadamu? Berikut adalah beberapa pilihannya.

Shingeki no Kyojin Season 2

JOI - shingeki no kyojin klimaks edisi 20 (1)

Shingeki no Kyojin diangkat dari manga yang dibuat oleh Hajime Isayama, seri ini menceritakan kehidupan manusia setelah secara tiba-tiba raksasa bermunculan dan mengambil alih dunia. Untuk menghalau para raksasa tersebut umat manusia mendirikan dinding besar, dinding yang melindungi namun juga merampas kebebasan mereka. Anime hits ini mendapatkan banyak sambutan positif untuk season pertamanya, kini saatnya kamu menonton season keduanya.

Danmachi: Sword Oratoria

JOI - fi sword oratoria tayang 12 ep

Seri spin-off dari seri Danmachi ini menceritakan mengenai petualangan first-class adventurerAis Wallenstein yang kita kenal juga sebagai “Sword Princess“. Dalam seri ini, dia berambisi untuk mencapai lebih banyak pencapaian bersama teman-temannya di Loki Familia. Dalam seri ini, dia juga bertemu dengan sang pemeran utama DanMachiBell Cranel.

Berserk

berserk visual dan hiatus (1)

Berserk adalah sebuah seri yang diangkat dari manga dark fantasy Jepang yang ditulis dan diilustrasikan Kentaro Miura. Seri ini memiliki setting sebuah dunia dark fantasy yang terinspirasi era abad pertengahan Eropa. Karakter utamanya, Guts adalah seorang serdadu bayaran dan Griffith, seorang pemimpin tentara bayaran bernama “Band of the Hawk“. Tema isolasi, persahabatan, dan pertanyaan apakah manusia itu sebenarnya baik atau buruk mengisi seri yang satu ini.

Granblue Fantasy the Animation

granblue-fantasy-the-animation

Ini adalah dunia langit, di mana banyak pulau yang melayang di angkasa. Seorang pemuda bernama Gran bersama seekor kadal bernama Vyrn tinggal di Zinkenstill, sebuah pulau berisi banyak misteri. Suatu hari mereka bertemu seorang gadis bernama Lyria yang kabur dari Erste Empire, sebuah kerajaan militan yang berusaha untuk menguasai dunia lewat kekuatan militernya. Untuk kabur dari cengkraman kerajaan, Gran dan Lyria kemudian lari ke angkasa luas berbekal sepucuk surat yang ditinggalkan bapak Gran yang berbunyi:

Aku menunggu di Estalucia, Pulau Bintang-bintang.”

ACCA 13-Ku Kansatsu-Ka

ACCA 121 spotlight

Anime ini menceritakan sebuah negara fiktif bernama Dowa, sebuah monarki yang telah mempertahankan kedamaiannya selama satu abad. Seorang inspektur bernama Jean Otus ditugaskan untuk melakukan audit ke seluruh distrik negara ini untuk menginvestigasi sebuah kudeta yang mulai timbul akibat suksesi kerajaan yang semakin dekat. Kalian bisa lihat review dari kami lewat link ini.

Tentu saja masih banyak seri-seri fantasi lain yang tidak kalah menarik, seperti Kobayashi-san Chi no Maid Dragon yang mungkin action-nya agak kurang dibanding yang lain. Ada juga seri Trickster yang penuh dengan misteri. Namun kamu mungkin masih bingung dimana bisa mendapatkan akses kepada seri-seri di atas?

JOI - tribe tv streaming

Salah satu jawabannya ada di TRIBE, layanan streaming service resmi yang membawakan tayangan-tayangan anime streaming maupun on-demand. Selain anime, TRIBE juga membawakan banyak tayangan streaming dari Korea dan Asia, bahkan di Indonesia kita juga mendapatkan layanan spesial untuk pecinta olah raga! Harga layanan ini pun terhitung cukup murah, hanya 8 ribu selama 1 minggu, 15 ribu sebulan, dan 39 ribu untuk 3 bulan, bisa potong pulsa lagi.

Tertarik untuk menggunakan layanan yang satu ini? Langsung unduh aplikasinya untuk Android dan iOS lewat tautan berikut ini: http://m.onelink.me/b8ba17ac

*Artikel ini dibawakan atas kerja sama JOI dan TRIBE