[Waifu Wednesday] Nagato

Sudah lama juga kita tidak membahas waifu dari seri KanColle, mungkin karena memang kami yang sudah pada pensiun dari game tersebut, dan akhirnya malah pada jatuh ke jurang gacha di game lain. Namun beberapa hari belakangan, ada berita yang kembali membuat saya ingin bermain game yang satu itu. Berita, yang menyinggung seorang kanmusu yang menjadi motivasi saya bermain sejak dulu, dia adalah Nagato, kapal perang anggota Big Seven yang akhirnya mendapat upgrade kai ni.

JOI - nagato dapatkan kai ni (2)

Di dalam game dan di mata para pemain, pada awalnya Nagato diperlihatkan sebagai kanmusu yang sangat disiplin dan tegas, memiliki rasa tanggung jawab tinggi, serta harga diri yang luar biasa sebagai salah satu anggota dari big seven. Namun entah sejak kapan Nagato pun dianggap sebagai pribadi tsundere yang diam-diam menyukai semua hal yang imut. Gap moe yang cukup klise dan tipikal dibebankan oleh karakter sepertinya.

Kelakuan Nagato tersebut pun kembali dipertegas saat seri anime-nya keluar, Nagato diperlihatkan memiliki sisi tegas saat mendidik kapal baru (Fubuki), namun lemah setengah mati kalau dikasih tupai atau binatang-binatang imut lain. Kemunculan Hoppo di dunia KanColle pun menjadi semangat baru bagi para pencipta gambar untuk beramai-ramai memperlihatkan Nagato yang menculik abyssal cebol yang satu itu.

Lalu apakah Nagato seorang istri yang baik? Mari kita bahas kelebihan-kelebihannya.

+ Tipe pemimpin yang sangat disiplin

JOI - waifu wednesday nagato (2)

Dalam anime-nya, kita bisa melihat Nagato yang dititipkan petuah oleh admiral dan dipercayakan untuk memimpin para kanmusu beroperasi. Sebelum akhirnya sang admiral menghilang entah kemana. Mungkin menimba reso buat Taihou. Dia juga dititipkan Fubuki, kapal yang seharusnya spesial dan langsung memberikannya beban untuk menjadi kapal yang vital dalam tim. Namun bukan berarti dia tidak bertanggung jawab, dia juga memperhatikan Fubuki, walaupun dari jauh dan tidak berkata apa-apa.

Di lain pihak, dia juga orang yang sepertinya bertanggung jawab atas semua tindakan di base. Seperti saat Fubuki dan kawan-kawan membawa Yamato berlabuh pun, Nagato yang menjemput mereka kembali. Kemudian menghukum mereka karena semua resource yang diambilnya.

JOI - waifu wednesday nagato (7)

Harga diri yang tinggi sebagai salah seorang big seven juga menjadi sesuatu yang dijunjungnya dengan tinggi, membuatnya semakin menjaga diri dan penampilan. Kalau punya istri kaya gini, mau nggak mau kamu juga harus disiplin banget deh.

+ Bisa jadi teman minum yang baik

JOI - nagato waifu wednesday drink

Menjadi sedikit dari kapal yang sudah dewasa baik dari pikiran maupun penampilan di pangkalan, tentu Nagato bisa menjadi teman minum yang baik. Sebuah line dari event Natal 2015 juga memperdengarkan kalau Nagato mengajak Teitoku yang sudah kecapekan bekerja seharian untuk minum bersama. Artinya tidak hanya dia disiplin dalam bekerja, tapi dia juga memperhatikan kesehatan mental teman-temannya,

Bayangkan pulang kantor berdua sama waifu udah gitu bisa minum-minum bareng sambil sama-sama berbagi masalah. Kayanya enak ya, semoga saja bisa kejadian, kalau saja bukan karena beda dunia.

+ Tough, in many ways

Sebagai seorang pemimpin yang tegas, Nagato tidak hanya boleh terlihat tangguh, tapi juga sudah sebaiknya menjadi seseorang yang tangguh dalam bertarung. Memiliki kebanggaan sebagai salah satu dari Big Seven, 7 kapal yang diperbolehkan menggunakan meriam diameter 16 inchi, Nagato punya kekuatan yang tidak bisa dianggap remeh. Selain itu dia sendiri juga memiliki armor yang tebal dan tanpa upgrade pada masanya, dia bisa mencapai kecepatan 26,5 knot, lumayan cepat untuk sebuah battleship besar.

JOI - waifu wednesday nagato (9)

Namun di lain pihak, entah kenapa dalam anime Nagato tidak menggunakan cannon untuk bertarung, alih-alih dia menggunakan pukulan dan tendangan. Mungkin pangkalan sedang kehabisan resource untuk memberikannya amunisi, mungkin dia merasa dia tidak perlu menggunakan cannon untuk melawan keroco. Yang pasti, kamu tidak mau digaplok sama Nagato, bisa melayang itu kepala.

+ The moe gap

JOI - waifu wednesday nagato (6)

Namun charm point paling penting Nagato adalah moe gap yang dimilikinya, antara seorang gadis yang begitu lurus dan sangat disiplin, menjadi seorang onee-san yang diam-diam perhatian, lalu bisa juga menjadi seorang onee-san yang nggak bisa diem ngeliat barang-barang imut. To be honest, yang terakhir itu terkadang bisa dikategorikan berbahaya, karena entah sudah berapa banyak penggemar yang menggambarkannya harus berhadapan dengan polisi militer karena mencoba menggerayangi destroyer, atau menculik Hoppou.

Untungnya, kalau begitu kamu tidak perlu takut mengira-ngira apakah Nagato suka anak-anak atau tidak. Jadi kamu bisa bikin anak bersamanya tanpa kepikiran macem-macem. Dia sangat suka dengan mereka, walaupun kadang malah anak-anak banyak yang takut karena badan bongsornya. Dia terlihat kuat dari luar, tapi bila ditolak anak-anak hatinya suka sakit dan abis itu murung gak karuan, kamu harus bisa menghiburnya kalau dia sudah seperti itu ya.

JOI - waifu wednesday nagato (8)

Suka dengan anak-anak, punya disiplin yang tinggi, diam-diam perhatian dan bisa mendorongmu dari belakang, Nagato adalah seorang waifu yang <bias>sangat berkualitas</bias>. Parasnya cantik, badannya ideal, suaranya tegas-tegas syahdu gimana gitu, belum lagi ditemani dengan beberapa cannon 41cm yang sangat mungkin digunakan bila ada rampok masuk ke rumah. Atau kalau kamu ngeladur ke Yamato.

Lalu kira-kira, apakah halangan kamu untuk mendekati wanita yang satu ini?

– Nagato-gata no soukou wa date de wa nai wa

JOI - waifu wednesday nagato (1)

Kalau kamu bukan siapa-siapa, sepertinya saya bisa melihat susahnya dirimu untuk bisa mendekati Nagato. Karena kamu belum punya hubungan apa-apa yang bisa mendekatkan kamu dengannya. Apalagi dia senang membanggakan armor dari Nagato-class, sehingga tidak heran bila untuk menembus pertahanan Nagato akan butuh usaha yang ekstra keras.

Setelah menembus armor luar yang keras tersebut kamu juga harus menembus kepribadiannya yang begitu strictarmor-nya berlapis kawan, selamat berjuang.

– Mutsu?

JOI - waifu wednesday nagato (3)

Nagato memang sangat dekat dengan saudarinya yang satu ini, dalam banyak fanart, sepertinya keduanya bahkan tidak bisa terpisahkan. Saya dan Nugrahadi sepakat untuk berbagi Nagato dan dia mendapatkan Mutsu, namun mungkin itu cuma delusi kacau kami saja.

Mutsu memiliki cannon yang agak volatile (no. 3) yang mungkin dapat menembak orang-orang mencurigakan yang mendekati saudarinya. Dia memang diperlihatkan perhatian dan senyum-senyum kepada orang lain, tapi dia kadang terlihat ganas bila ada yang mau mencuri Nagato darinya. Kalau kamu admiral sih mungkin dia masih oke-oke aja, kalau kamu cuma cowok numpang lewat ya siap-siap dilewatin peluru meriam saja.

JOI - waifu wednesday nagato (4)

Selama kamu bisa mengendalikan Mutsunya sih, kamu akan punya waifu yang tangguh, tegas, disiplin, memiliki harga diri yang tinggi, tapi juga perhatian, diam-diam moe, dan suka dengan anak kecil. Mungkin kamu nantinya akan agak kebingungan karena kita belum pernah melihat Nagato memasak, tapi setidaknya tidak ada laporan lain juga yang bilang kalau Nagato tidak bisa memasak, setidaknya mungkin dia bisa belajar. Nagato juga sepertinya tipe yang akan makan ration militer tanpa pikir panjang.

Yang penting, selamat ya waifu, sekarang kamu udah dapet upgrade kai ni, sekarang tinggal saya malas atau tidak untuk membuka lagi account-nya.

Gambar: Pixiv