Anggota LDP Jepang Usung Rencana Pusat MANGA Nasional

May 19, 2017 5:36 pm
Anggota LDP Jepang Usung Rencana Pusat MANGA Nasional

Pada tanggal 12 Mei lalu, tim proyek Komite Misi Khusus Partai Demokrat Liberal (LDP) terkait strategi Cool Japan memutuskan sebuah kebijakan baru untuk mempromosikan pembangunan fasilitas nasional baru yang akan mengumpulkan dan melestarikan gambar asli manga dan anime serta mengembangkan undang-undang terkait.

Tim tersebut mengharapkan rencana yang disebut “Inisiatif Pusat Nasional MANGA,” untuk dimasukkan dalam kebijakan dasar pemerintah Jepang untuk pengelolaan ekonomi dan fiskal, dan untuk membuka fasilitas pada tahun 2020, tahun Olimpiade Paralimpiade Tokyo. Dalam rencananya, diungkap bahwa “MANGA” adalah singkatan dari Manga, ANimation dan GAme.

Dalam garis besar rencana yang disusun pada tanggal 12 Mei itu, Pusat Nasional MANGA didefinisikan sebagai cabang Perpustakaan Diet Nasional dan membantu pengembangan sumber daya manusia yang berkaitan dengan anime dan manga. Selain itu, dana oleh pemerintah untuk jangka waktu tertentu diperlukan. Kedua fasilitas tersebut direncanakan dibangun di Tokyo, termasuk di Akihabara.

Pada bulan Oktober 2016 lalu, Hideaki Anno (Evangelion, Shin Godzilla) diundang sebagai pembicara tamu pada rapat umum tim proyek untuk mengajukan tinjauan atas rencana dan fasilitas tersebut. “Begitu banyak materi tentang animasi dan tokusatsu Jepang telah hilang setiap harinya. Saya berharap bisa melestarikan sebanyak bahan lama itu, yang merupakan harta karun kita, di tempat umum,” kata Anno kepada para anggota LDP.

Sumber: Crunchyroll