Satu dari Empat Studio Anime Jepang Masih Terus Merugi

May 20, 2017 4:29 pm
Satu dari Empat Studio Anime Jepang Masih Terus Merugi

Walaupun kuantitas dan penghasilan dari industri anime terus naik, sayangnya berbagai peningkatan tersebut masih belum membantu para studio anime. Acara Oikonomiya milik NHK menemukan bahwa satu dari empat studio anime masih merugi.

studio anime merugi

Grafik diatas menunjukkan bahwa memasuki tahun 2015, jumlah studio anime yang merugi naik menjadi 25%. Acara tersebut juga mengunjungi asrama animator Tokyo dan mewawancarai animator disana. Ditemukan bahwa 80% animator keluar di tiga tahun pertamanya dan gaji rata-rata mereka adalah 60.000 Yen ( 7 Juta Rupiah) per bulan. Salah satu animator, Tetsuya Akutsu mengaku bahwa dia pernah menghabiskan 5 jam mengerjakan sebuah frame dan sebagai upahnya dia diberikan 200 Yen (23.000 Rupiah), melihat Tokyo sendiri adalah salah satu kota termahal di bumi bisa dimaklumi kenapa turnover dari animator sangatlah besar.

Berita bahwa studio dan animator yang situasinya buruk memang sayangnya sudah menjadi berita rutin, hanya saja melihat bahwa 25% studio anime tidak akan bisa terus bertahan kedepannya, mungkin bisa dipahami kenapa di beberapa minggu ini ada beberapa anime yang terlambat produksinya dan harus menayangkan recap, dan seri sebesar Shingeki no Kyojin hanya bisa membuat satu season akibat kekurangan staf.

Sumber: Crunchyroll