[Celebrity Sunday] Kana Ueda

May 21, 2017 5:06 pm
[Celebrity Sunday] Kana Ueda

Celebrity Sunday kali ini akan membahas salah satu seiyuu yang sudah cukup veteran dan terkenal hobi bermain game dan mahjong. Dia adalah Kana Ueda yang cukup terkenal memerankan karakter dengan logat Kansai.

Ueda bisa sering memerankan karakter yang berbicara dengan logat Kansai karena dia memang besar di area tersebut. Ueda lahir di prefektur Nara pada tahun 1980. Kemudian dia dibesarkan di Osaka dan lulus Kobe College khusus perempuan fakultas sastra.

Dia pindah ke Osaka pada saat SD, dan pada saat itu dia ketagihan dengan cosplay. Dia sering tampil di doujin event di daerah Osaka dan Kyoto, dan juga Comic Market, untuk tampil sebagai cosplayer.

celebrity-sunday-kana-ueda-1

Ueda juga sempat bergabung dengan organisasi drama anak-anak dan tampil di acara teater dan musikal. Pekerjaan pertamanya adalah tampil di iklan, dan pada saat SMA dia memimpin acara musik.

Ueda juga menyukai teater Takarazuka Revue. Sejak SD, dia sudah mengikuti tempat les persiapan untuk masuk ke grup teater tersebut. Di sana, dia belajar melatih vokal, balet, dan juga menari. Dia terus belajar hingga SMA. Tetapi pada saat kelas 3 SMA, tubuhnya tidak tambah tinggi dan akhirnya menyerah untuk bergabung ke Takarazuka Revue karena salah satu persyaratannya adalah tingginya.

Pada saat SMA, dia bergabung dengan klub siaran dan juga klub musik ringan. Di klub siaran, Ueda bertugas sebagai ketuanya. Dia sering membuat tape yang diputar di siang hari. Dia juga mendapatkan lisensi radio amatir dan sempat ikut mendaki gunung Rokko untuk memasang antena. Sedangkan di klub musik ringan, Ueda bertanggung jawab atas alat musik perkusi seperti piano, drum, dan marimba.

celebrity-sunday-kana-ueda-2

Pada saat kuliah, dia sempat mengikuti audisi “Voice Artist Project” yang diadakan oleh majalah Voice Animage dan berhasil menang. Karena itu, dia pergi berlatih di Nihon Narration Engi Kenkyujou cabang Osaka sambil kuliah. Setelah selesai berlatih, dia bergabung dengan agensi Arts Vision. Di tengah kesibukan kuliah dan berlatih, Ueda juga tampil sebagai reporter dalam acara Chichin Pui Pui yang tayang di MBS TV. Setelah itu, dia pindah ke agensi I’m Enterprise hingga saat ini.

Tahun 2001 merupakan tahun debut Kana Ueda dan juga tahun kesuksesannya. Kana debut pada tahun 2001 mengisi suara Gem di drama CD Tokyo NOVA. Di tahun yang sama, Kana mendapatkan peran reguler di anime yang besar yaitu Cyborg 009 memerankan Ivan Whisky/Cyborg 001. Tidak hanya itu, dia juga debut sebagai penyanyi di tahun 2001 dengan menyanyikan lagu tema dari Final Fantasy: Unlimited.

Sebagai seiyuu, tentunya sebagian besar temannya adalah seiyuu juga. Beberapa teman dekatnya adalah Mai Nakahara, Chiwa Saitou, Rika Morinaga, Ai Shimizu, Ami Koshimizu, Rie Kugimiya, Mikako Takahashi, Shizuka Itou, Hitomi Nabatame, Masumi Asano, Mamiko Noto, Yui Horie, Yukari Tamura, Kaori Shimizu, Natsuko Kuwatani, Ryoko Shiraishi, Marina Inoue, Saki Fujita, dan masih banyak lainnya.

Salah satu hobi Ueda adalah bermain game. Karena dia sangat suka bermain Monster Hunter, dia sering melakukan Monster Hunter Gathering bersama seiyuu lainnya. Dia juga sering membuat artikel di majalah game. Bahkan dia juga mengisi suara di Monster Hunter Frontier Online dan sering tampil dalam acara TV dan event dari game tersebut.

celebrity-sunday-kana-ueda-3

Ueda juga adalah penggemar berat dari Halo 3. Dia sering bermain bersama seiyuu lainnya dengan membentuk “pasukan” dengan seiyuu Akio Suyama sebagai pemimpinnya. Tentunya kesempatan ini digunakan oleh Microsoft karena Ueda akhirnya mengisi suara di Halo 3: ODST memerankan Sadie Endesha.

Ueda juga gemar bermain mahjong. Yang mengajarkannya bermain mahjong adalah penulis novel Satoru Akahori. Dia sempat ikut kompetisi mahjong pada saat masih belum ingat cara mainnya. Hal ini terjadi karena dia awalnya ingin menonton kompetisi mahjong, tetapi salah satu pemain tidak datang dan dia ditujuk untuk kompetisinya.

Pada awalnya, Ueda sering pergi ke tempat bermain mahjong. Tetapi teman dekatnya yaitu Shizuka Itou memiliki kenalan dari kenalannya yang memberi meja mahjong otomatis ke Ueda. Informasi ini menyebar luas ke teman-teman seiyuu-nya dan menyebut rumah Ueda menjadi “Tempat Mahjong Ueda.” Dia bahkan pernah mengadakan kompetisi J-1 Grand Prix yang didukung oleh majalah Seiyuu Grand Prix untuk mencari pemain mahjong terbaik di dunia seiyuu.

Ternyata hobi bermain mahjong ini berperan penting. Dia memerankan karakter utama Saki di serial anime Saki. Karena hal ini, dia semakin terkenal di dunia mahjong.

Ueda juga bermain game bukan hanya sekedar bermain saja. Dalam eSports game fighting EVO 2016, Ueda berhasil menjadi juara 3 di seluruh dunia dalam divisi Mobile Suit Gundam Extreme Vs. Full Boost. Dia juga menjadi Queen of Seiyuu pertama dalam acara eSports Shadowverse: Strongest Deciding Match yang ditayangkan di AbemaTV.

Kana Ueda akhir-akhir ini sudah jarang mengisi suara di anime atau game karena industrinya lebih berfokus ke seiyuu-seiyuu baru. Beberapa karakter yang diperankannya akhir-akhir ini adalah Aria dari Sword Oratoria, Rin dari Fate/kaleid liner Prisma Illya, dan lainnya.

Kalian bisa mengikuti Kana Ueda melalui Facebook, Instagram, dan Twitter.