[JOI Spotlight] Spring 2017 Midseason Edition

May 21, 2017 18:49
[JOI Spotlight] Spring 2017 Midseason Edition

Pada JOI Spotlight minggu ini kita sudah memasuki paruh akhir musim ini. Beberapa anime sayangnya tidak dapat hadir karena menayangkan recap, yang menunjukkan adanya masalah pada proses produksinya. Oleh karena itu mari kita lihat berbagai seri yang produksinya masih berjalan lancar di minggu ini.

Uchouten Kazoku 06

Uchouten Kazoku 2 - 06

Kaptain

Selain bergulat dengan ikan paus, cara lain Benten untuk melepas stress adalah bergulat dengan oni dan “farming” tanduk mereka. Neraka dunia ini juga nampaknya sudah banyak berubah. Neraka yang dikunjungi Yasaburou kemungkinan besar adalah Samghata, sebuah mortar raksasa dimana penghuni dilumat dan sisa dari mereka dibuang ke lubang di tengah.

Kaisei juga nampaknya punya sentimen yang sama dengan penonton yang membenci Benten.

Little Witch Academia 19

Little Witch Academia - 19

Kaptain

Setelah hilang di beberapa episode, Diana akhirnya kembali di sebuah episode yang sinetron banget. Episode yang cukup low-tension untuk standar seri ini, kemungkinan besar untuk menghemat budget untuk Akko yang sudah pasti mengacaukan segalanya di episode selanjutnya.

Frame Arms Girl 07

hraes

My Hraesvelgr

Etherlite

Akhirnya Hraesvelgr muncul, dan imba af. Penggambaran produksi plamonya juga cukup menarik, meskipun hanya sekedar nice to know.

Kaptain

Dari semua anime “iklan” mungkin ini baru pertama kalinya proses pembuatan produknya dijabarkan, dan hal ini sangat saya hargai.

Dragon Ball Super 90

joispdbs90
bukan_randy

Episode di mana seiyuu berumur 80 tahun mengisi dua karakter yang saling bertarung dan berteriak-teriak. Seperti biasa, sistem power level di Dragon Ball Super sepertinya dipermak sehingga di mana Ultimate Gohan bisa imbang dengan Goku Super Saiyan Blue (dan sebelumnya Android No. 17 juga bisa imbang dengan Super Saiyan Blue).

Setelah 30 tahun lebih serinya (atau hampir 30 tahun sejak Gohan muncul di seri ini), akhirnya ada satu episode yang didedikasikan untuk Goku vs Gohan. Setidaknya arc “Goku ngumpulin anggota tim yang semuanya udah di-spoiler-in sama opening, eyecatch, dan berbagai materi promosinya” akhirnya bakal selesai dalam 2-3 eps lagi.

Sukasuka 6

pasted image 0

Etherlite

Semuanya semakin jelas. Apa yang terjadi pada dunia ini, apa sebenarnya Ctholly dan fairy lainnya, dan nasib mereka. Pertanyaannya apakah bisa jadi happy ending? Karena meskipun masih terus ‘diperpanjang’, situasinya tetap tidak menunjukkan akhir yang menyenangkan. I do have ideas on who’s the girl she met subconsiously though.

Signum

It’s really nice now that Willem met his old friend, namun karena prinsip yang berbeda pertemuan tersebut jadi agak, asem. Pertemuan Willem dengan musuh lamanya juga cukup light dan lucu, overall it’s a nice episode. Ctholly dan masalahnya juga cukup menarik, membuat saya bertanya-tanya tentang metode yang digunakan untuk membuat para fairy. Apakah jangan-jangan hantu yang diangkat menjadi Ctholly itu sebenarnya… agak lebih dekat kepada Willem daripada yang dia sadari.

Sakura Quest 07

sakura quest gif
Kaptain

Drunk hair down Shiori is the miracle of the universe. Untungnya konflik dari Shiori dan Maki bisa selesai dengan baik disini, montage dari masa kecil Maki sudah cukup menjual saya tentang passionnya terhadap akting, dan awalnya saya mengira beban Shiori tentang pembakaran rumah terkesan gampang diselesaikan, namun “penghormatan terakhir” dari Yoshino memperbaiki pandangan saya tentang konflik ini.

Signum

Drunk hair down Shiori is the miracle of the universe.

I can’t stress that enough mengingat dia salah satu best girl yang kemudian menjadi bestest P.A Works Girl hanya dalam 1 episode ini. Arc pembuatan film ini mungkin bisa menjadi salah satu arc terbaik, karena hampir semua beban dan masalah Maki terjelaskan dalam arc ini. Bagaimana saya bisa melihat sisi ‘egois’ dari Shiori dalam menutup-nutupi fakta kalau rumah yang seharusnya dibakar sudah mendapatkan ijin, dan bagaimana Yoshino yang semakin terbebani pekerjaan setiap harinya. Mungkin di arc berikutnya kita akan membahas lebih dalam mengenai Ririko.

Also, terima kasih kepada anak-anak kecil yang jadi zombie, sekarang terkonfirmasi kalau pantat Sanae itu besar.

Tiger Mask W 32

Tiger Mask W - 32

Kaptain

Konflik NJPW selesai. Kalau finisher terakhir Naoto merupakan kombinasi dari semua finisher seri ini, i will love this show forever.

Saekano flat 6

1495125120345

Karena muka seram Katou >>>>>>>>>>>>>>>>>>> muka apapun worst girl

Etherlite

Too illogical. Sejak spotlight terakhir saya tentang seri ini, ada jalan lain yang jauh lebih simple tapi tertutup begitu saja. Kamu lebih pilih scoring points with your heroine and keep the harem alive? Fine, tapi bukan berarti kerjaan ditelantarin juga. Ingat kalau Katou bisa bantu debugging, lalu para member Icy Tail juga bisa diperalat dimintai tolong. Di Nasu Kougen juga Eriri punya PC, abis ngerawat Eriri juga lu bisa pake buat kerja. They did it the last time, why can’t they do it this time?

Shingeki no Kyojin 32-33

pasted image 0 (1)

Etherlite

Armored Titan’s weakness is the joints! Lalu cuma Mikasa yang nyerang, uda gitu cuma nyerang 1 patellofemoral joint doang trus sisanya urusan Eren. Yang lain? cuma nonton sambil ngunyah popcorn. *applause* Though, good thinking from Hange dalam memprediksi dimana mereka harus mencari Eren.

Kemudian, sebelum mereka berdua jadi Titan, mereka tidak memakai vertical maneuvering gear (Connie juga sempat minta yang lain tolong mereka berdua juga karena mereka ga pakai), lalu mendadak Bertholdt bisa pake 1 & bawa Eren naik ke Armored Titan, & waktu Eren sadar, Reiner lagi pake 1 juga. Oke, they might get one from Eren, trus satu lagi dari mana? Pakainya cepet banget lagi, dari keluar dari Titan mode, semua mental, ngembat 1 set & pake, ambil eren trus loncat ke pundak Armored Titan. [/plotholes, plotholes everywhere]

Shingeki no Bahamut – Virgin Soul 07

Shingeki no Bahamut - Virgin Soul - 07

Kaptain

Saya mulai berpikir para demon kalah karena terlalu bodoh dan bukan karena manusia terlalu kuat. Pacing episode ini juga aneh, saat saya lihat adegan awalnya saya cukup bersemangat karena rencana yang jelas-jelas akan gagal ini langsung selesai, tapi kita malah dapat flashback kejadian tersebut, jadi ngapain ada flash-forward di awal?

Kemono Friends 1-12

18527639_10154398597758414_4366352454838222385_n

Signum

I’ve been binge watching this series that probably takes up the entire week worth of anime, well I haven’t skipped Granblue though. Seri ini sama sekali tidak saya harapkan untuk saya sukai, I mean, ini untuk anak kecil dan mungkin hype selama ini cuma karena karakter moe dan keimutan dari cute girls doing cute things.

Nggak salah, tapi nggak sepenuhnya benar juga. Salah satu hal yang paling saya suka dari seri ini adalah kejujurannya, semua tentang seri ini terasa innocent dan baik. It cleanse your heart somehow while keeping it a litle bit dark with all the subplots within.

Saya juga baru tahu setelah menonton kalau seri ini dikerjakan oleh 10 orang tim CG saja, dengan jajaran seiyuu-seiyuu yang masih baru. Mungkin karena itulah acara ini terlihat sangat awkward. Tapi mungkin hal itu pula yang menjadi daya tarik terbaik dari Kemono Friends. Semua ke-awkward-an tersebut terasa tidak perfect, tapi tetap terasa usaha dari mereka semua untuk membuat seri ini sebaik mungkin.

Kemono Friends mungkin salah satu acara healing terhebat yang pernah saya tonton. It’s fun, it’s innocent, it’s definitely watchable on many levels.

Granblue Fantasy the Animation 7

95a78152

Signum

Kembali agak telat dari episode 8 yang baru saja tayang tadi malam, apa-apaan ini channeling kekuatan Tiamat buat ngalahin Colossus? Woi game mechanic woi. Tapi ah sudahlah, yang penting dikasih Colo Cane gratis.

Samurai Jack 10

samurai jack 10
Kaptain

Berhubung episode akhirnya sudah tayang, saya akan sedikit memberi keleluasaan untuk bisa membicarakan “kartun barat” ini. The Evil that is Aku is undone. Season kelima ini memiliki tiga episode awal yang saya akui adalah salah satu karya animasi terbaik di industri ini, hanya sja semua subplot roman di episode selanjutnya sangat, sangat payah. Ujung-ujungnya kita malah dapat ending Gurren Lagann.

Kurangnya jatah episode bisa dibilang adalah kekurangan utamanya, saya lebih suka bila hubungan Jack-Ashi itu lebih seperti guru-murid, dan seperti yang ditunjukkan season ini, jatah 10 episode itu sangat tidak cukup untuk membuat plot roman yang memuaskan.

Samurai Jack yang sebagai seri episodik memiliki satu kualitas yang unik, dulu kalian bisa pilih episode manapun sebagai episode favorit kalian dan kemungkinan besar fanbase seri ini akan setuju atau minimal menghargai pilihan kalian, hanya saja berkat paruh akhir season kelima ini hal ini nampaknya tidak berlaku lagi. Setidaknya satu hal yang paling saya harapkan ada untuk finale seri ini terjadi, he got back, back to the past, Samurai Jack.

Fate/Grand Order

18555842_10154392895698414_8160772520376485477_n

Signum

Mana ini Kiara gak dateng-dateng ke papa, quartz udah abis tapi nggak keluar-keluar juga. On the other hand, challenge quest yang Shiki lumayan nyusahin, untung sekarang Tamamo udah jadi temen baik Merlin jadi hidup pun semakin mudah.

Etherlite

Uda nyerah Kiara ga dateng, simpen quartz buat summer aja paling… Ada yang tertarik main US version? I do recommend it for the story, it is the best component of the game so far.

Granblue Fantasy

18447305_10154398058303414_8916868677936419391_n

Signum

Soiya class! Nggak banyak yang bisa dikatakan di minggu ini, kecuali ada class baru (Taiko Master) yang cukup unik karena benar-benar memfokuskan dirinya sebagai support Ougi spam. Lalu ada juga Unite and Fight di mana kali ini benar-benar susah untuk mendapatkan honor. Apalagi kalo buat berantem sama tim lain yang memakai Summer Zoi.

Chio-chan no Tsuugakuro

chio-chan tsugakurou fi

Kaptain

Menceritakan tentang keseharian anak SMA yang terobsesi dengan game barat dan kesehariannya bersama temannya yang mencoba “tobat” dari dunia gaming, atlit yang eksibisionis, preman yang sangat heterosexual, dan berbagai karakter unik lainnya. Cara paling sederhana menjelaskan seri ini adalah “Watamote, tapi lucu dan nggak malu-maluin”. Chio sendiri sebagai tokoh utama di genre semacam ini punya kelebihan seperti “nggak terlalu tolol” dan “cukup atletis untuk masuk klub olahraga”

Untuk kalian yang pernah baca “karya lain” Kawasaki Tadataka, berbagai reaction face khas karyanya bisa banyak ditemukan juga disini.

bukan_randy

IMO jokenya kadang masih hit-and-miss, tapi sekalinya hit, bisa sangat relatable sekali karena nampaknya pengarangnya juga penggemar game-game barat di PC.

Jadi memasuki paruh kedua season ini, apa saja seri baru yang kalian ikuti ataupun menyerah nonton?

Header: Chibi