[Celebrity Sunday] Rie Kugimiya

May 28, 2017 3:00 pm
[Celebrity Sunday] Rie Kugimiya

Celebrity Sunday kali ini akan membahas seiyuu yang terkenal sebagai Queen of Tsundere. Pastinya kalian pernah mendengar suara seiyuu yang bernama Rie Kugimiya di berbagai anime atau game yang kalian nikmati.

Kugimiya lahir pada tanggal 30 Mei 1979 di Osaka, Tetapi dia besar di Kumamoto yang berada di pulau Kyushu. Kugimiya baru memutuskan menjadi seiyuu pada saat SMA. Pada saat ini, dia bergabung dengan klub siaran. Pada saat sebuah acara di sekolahnya, Kugimiya bertugas sebagai announcer. Setelah itu, teman sekelasnya memuji Kugimiya karena jago memandu acaranya. Karena ini, dia mulai tertarik dengan pekerjaan yang berbicara di depan mic. Dia juga suka membaca berbagai cerita dari dulu. Karena 2 hal ini, dia memutuskan untuk menjadi seiyuu.

celebrity-sunday-rie-kugimiya-3

Pada tahun 1997, Kugimiya mengikuti Seiyuu Summer School pertama yang disponsori oleh Nihon Narration Engi Kenkyujou. Dia berhasil memenangkan penghargaan I’m Enterprise & Watashitachi Tobimasu. Setelah itu, dia pun masuk ke agensi I’m Enterprise. Kugimiya debut pada tahun 1998 dalam game Etude Prologue ~Yure Ugoku Kokoro no Katachi~ versi PC memerankan Yuumi Saeki.

Sejak debut, dia selalu memanfaatkan suaranya yang unik. Karena itu,dia awalnya lebih sering memerankan karakter anak-anak dan juga anak perempuan berumur 10 tahun. Tetapi sejak memerankan Taiki di The Twelve Kingdoms dan Alphonse Elric di Fullmetal Alchemist, dia juga mulai sering memerankan karakter remaja laki-laki.

Sejak memerankan Shana dari Shakugan no Shana, Louise dari Zero no Tsukaima, Nagi dari Hayate no Gotoku, Taiga dari Toradora!, Aria dari Hidan no Aria, dia jadi sering memerankan heroine tipe tsundere. Karena hal ini dia mendapatkan julukan Queen of Tsundere. Meski begitu, dia juga cukup banyak memerankan karakter non-tsundere dan bervariasi contohnya Alphonse Elric, Shanon dari Umineko no Naku Koro ni, Nina dari Gundam 00, dan lainnya.

Pada tahun 2008, Kugimiya berhasil memenangkan penghargaan best supporting actress dalam Seiyuu Award ke-2. Di Seiyuu Award tahun berikutnya, dia memenangkan best actress in leading role. Akhir-akhir ini, dia juga mulai tampil di teater panggung.

celebrity-sunday-rie-kugimiya-4

Kugimiya memiliki banyak teman dekat dari agensi yagn sama dengannya, contohnya Yukari Tamura, Mai Nakahara, Kana Ueda, dan masih banyak lainnya. Dia juga cukup dekat dengan seiyuu yang sering tampil bersamanya, contohnya Hitomi Nabatame dan Shizuka Itou yang tampil bersama di Hayate no Gotoku dan Shakugan no Shana, serta Romi Paku yang tampil bersama di Fullmetal Alchemist dan Hetalia.

Salah satu kejadian unik yang pernah dialami Kugimiya mengikuti audisi untuk Toradora!. Pada awalnya, sutradara Tatsuyuki Nagai tidak suka dengan tsundere. Dia sempat berpikir untuk tidak meluluskan Kugimiya. Tetapi pada saat mendengar audisinya, sang sutadara mengatakan “Maaf, saya kalah.”

celebrity-sunday-rie-kugimiya-2

Kalian bisa mengikuti Rie Kugimiya melalui blog yang diluncurkan pada tahun 2013. Beberapa karakter yang diperankannya baru-baru ini adalah Kagura dari Gintama, Kanata dari Seikaisuru Kado, dan Vee dari Granblue Fantasy The Animation.