[Celebrity Sunday] Yoshitugu Matsuoka

June 4, 2017 1:53 pm
[Celebrity Sunday] Yoshitugu Matsuoka

Saat ini nama Yoshitsugu Matsuoka sudah tidak asing lagi dan sering kalian dengar di berbagai anime. Meski saat ini sudah bisa dibilang sangat terkenal, karir Matsuoka sebagai seiyuu sebenarnya belum begitu lama. Karena itu, Celebrity Sunday kali ini akan membahas seiyuu yang terkenal mengisi suara Kirito ini.

Pria kelahiran 17 September 1986 ini berasal dari Hokkaido. Pada saat umur 15 tahun dia menonton anime Neon Genesis Evangelion dan Tales of Eternia yang disarankan oleh temannya. Pada saat menonton 2 anime ini, dia terkesima dengan akting Akira Ishida yang memerankan Kaworu dan Reid. Dia baru mengetahui ada pekerjaan seiyuu.

celebrity-sunday-yoshitsugu-matsuoka-1

Awalnya, Matsuoka ingin menjadi mekanik mobil. Dia terus berpikir menjadi mekanik hingga kelas 3 SMA di musim gugur. Pada saat masih berpikir untuk menjadi mekanik, Matsuoka mulai mencari sekolah seiyuu di Hokkaido. Tetapi setelah mendapatkan saran bahwa sulit kalau tidak pergi ke Tokyo, dia pun akhir pergi ke ibu kota Jepang. Di sana, dia masuk ke sekolah Nihon Narration Engi Kenkyujou.

celebrity-sunday-yoshitsugu-matsuoka-3

Di tahun 2009, Matsuoka mengikuti audisi untuk masuk ke agensi dan berhasil diterima di I’m Enterprise. Di tahun yang sama, Matsuoka berhasil debut sebagai seiyuu di anime Higashi no Eden memerankan AKX20000. Di tahun 2011, Matsuoka pertama kali mendapatkan peran tokoh utama di Kami-sama no Memo-chou yaitu Narumi Fujishima. Di tahun ini, Matsuoka juga mendapatkan penghargaan Best New Actor dalam Seiyuu Awards ke-6.

celebrity-sunday-yoshitsugu-matsuoka-2

Di tahun 2012, karir Matsuoka langsung melejit berkat Sword Art Online, dimana dia memerankan Kirito. Tentunya berkat kesukseskan Sword Art Online, nama Matsuoka menjadi sangat terkenal. Kalian bisa mendengar suaranya hampir di semua anime. Karena ini, Matusoka memenangkan Best Actor in Leading Role dalam Seiyuu Awards ke-10 di tahun 2016.

Matsuoka cukup dekat dengan Shimazaki Nobunaga. Setelah tampil di Yowamushi Pedal, dia juga jadi dekat dengan Tetsuya Kakihara, bahkan sempat pergi beli road bike bersama. Matsuoka memiliki prinsip bahwa waktu bersama orang lain itu penting. Pergi makan bersama orang lain juga penting baginya. Matsuoka juga cukup jago masak. Bahkan pada saat serial anime Shokugeki no Soma tayang, tim yang mengerjakan anime tersebut membuat acara terpisah yang menampilkan Matsuoka memasak berbagai masakan untuk seiyuu lainnya yang mengisi suara di anime tersebut.

Beberapa karya yang Matsuoka ikut berpartisipasi adalah Dr. Love dari elDLIVE, Izumi dari Eromanga Sensei, Kirito dari Accel World Vs Sword Art Online, dan lainnya.