[JOI Spotlight] A Day Late Edition

June 5, 2017 18:48
[JOI Spotlight] A Day Late Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk minggu lalu, yang tidak dapat terposting pada hari Minggu kemarin karena berbagai alasan. Seperti biasa berbagai impresi untuk berbagai seri yang tayang pada minggu lalu dan hari ini akan kami hadirkan di bawah.

Little Witch Academia 21-22

Little Witch Academia - 21
Kaptain

There, the big reveal. Alasan kenapa Ursula tidak bisa begitu saja mengatakan “Yo, I’m Chariot”, alasan kenapa Akko dan Diana dulu kesulitan menggunakan sihir, alasan kenapa Luna Nova kekurangan penyihir baru. Dengan ini adegan pembuka seri ini berubah drastis tone-nya.

Salah satu kritik saya pada seri ini adalah penulisannya yang terlalu “aman”, namun berkat episode ini saya nampaknya harus menarik kritisi ini.

Sakura Quest 9

Sakura Quest - 09
Kaptain

Subplot Sayuri & Kumano langsung selesai begitu saja, which is fine. Sebuah subplot yang tidak memiliki klimaks yang bagus setidaknya harus cukup sopan untuk selesai secepat mungkin. Saya hanya berharap saat Sayuri bekerja jadi suster nanti dia tidak salah memberikan morphin ke pasien dan bukan paracetamol.

Fokus arc ini untungnya difokuskan pada festival Somen, sebuah proyek yang akhirnya didukung oleh kedua faksi Manoyama. Yoshino cuma jadi comic relief saja di episode ini.

Uchouten Kazoku 8-9

uchouten kazoku 9

Kaptain

Kemampuan transformasi Tanuki bergantung dengan seberapa bebasnya mereka, sehingga Kaisei yang ternyata mampu meredam transformasi Yasaburou adalah perkembangan yang sangat, sangat menarik. Entah Yasaburou melihat Kaisei sebagai tanggung jawab atau masa depan yang tidak bisa dia hindari, namun saya optimis efek ini terjadi bukan karena dia membencinya.

Sementara di sub-plot Nise Emon, entah Yasaburou memang sengaja menabrakkan Benten dan Nidaime untuk menghancurkan satu sama lain atau tidak. Yang jelas dia sudah secara spektakuler membawa kekacauan, seperti yang diminta neneknya.

Kado 8

Seikaisuru Kado - 08

Kaptain

Argumen dari Tsukai, walaupun anime ini berusaha membuatnya simpatetik, sayangnya sangat lemah. Argumen bahwa manusia harus berkembang secara “alami” tanpa intervensi eksternal susah saya setujui. Ini adalah pola pikir yang membuat manusia percaya naik kereta akan membuat manusia lebih tua karena manusia tidak didesain dengan kecepatannya.

Singkatnya, saya melihat argumen Tsukai sebagai “Hidup gue oke-oke aja, ngapain kita berkembang?”. Sebuah posisi yang gampang sekali dipegang oleh seseorang yang berkecukupan di negara yang relatif makmur.

Di sisi lain, Sansa didistribusikan dengan keamanan dan peringatan yang lebih lemah daripada situs bokep. Saya sangat berharap zaShunina, walaupun di akhir tiap episode mendukung perkembangan ini; tidak berubah menjadi antagonis. Kekuatan terbesar Kado sebagai sebuah cerita adalah kemampuannya untuk memberi teka-teki baru di tiap episodenya, bukan memberi “lawan”.

bukan_randy

Dari episode sebelumnya sudah ditampilkan kalau zaShunina juga makin lama jadi makin seperti manusia, dimulai dengan lebih banyak tersenyum, tapi iming-iming di akhir eps kali ini sepertinya menunjuk ke perkembangan yang saya juga tidak inginkan. Dan sama seperti Kaptain, saya harap argumen Tsukai bukanlah “the perfect answer“, tapi kalau melihat lagi video opening-nya, kayaknya bau-baunya bakalan mengarah ke situ =/

Tiger Mask W 34

tiger wtf

Kaptain

Final War dimulai, sehingga semua subplot roman juga diburu-buru agar selesai. Saya sangat berharap ini bukan pertarungan terakhirnya, karena tiap card yang ada karakter NJPW-nya itu adalah card dimana anime ini nggak bisa menunjukkan pertandingan yang aneh-aneh.

Frame Arms Girl 09

frame_arms_girl___09

Kaptain

Dimana staf produksi langsung menggenjot versi 2D dari para FA Girls. Dengan ini anime ini sudah memenuhi mandat “plotline umum anak sekolahan” dan bisa lanjut ke sketsa aneh-aneh lagi.

Shingeki no Bahamut – Virgin Soul 9

virgin soul 9

Kaptain

FAVAROOOOOOO is back, kualitas penceritaannya langsung naik begitu para demon dan politik ibukota nggak digubris lagi. Episode terbaru ini kurang lebih adalah reuni untuk para karakter yang “ketinggalan”.

Sukasuka 8

pasted image 0

Calm your tits, have Nygglatho’s smug face

Etherlite

Like I said last week, I don’t mind if it turns out to be a peaceful anime. Episode ini vibe love comedynya sangat kuat, tapi harus banget ya diakhiri seperti itu. It’s progressing towards bad end, and the end is in 4 episodes. Please, please, please don’t end this in tragedy.

Sakurada Reset 9

pasted image 0 (1)

Hobi ngemil tapi nutrisinya lari ke tempat yang benar semua

Etherlite

Episode yang cukup dalam, sekecil perubahan apapun yang kamu lakukan pasti ada efeknya. Bila kamu berhasil membuat seseorang bahagia, ada kemungkinan kamu merenggut kebahagiaan dari orang lain yang mungkin tidak kamu kenali. Pemahaman mereka tentang sebelum dan sesudah reset tidak akan membawa perubahan bila tidak ada yang dirubah menjadi seolah-olah terbantahkan dengan perubahan perilaku dan kematian Souma. Given that they didn’t know Souma’s ability.

After this it’s all wild theories: Souma dengan kekuatannya mungkin takut akan dikerangkeng oleh bureau seperti halnya the Witch. Sehingga memilih untuk melarikan diri menuju maut karena dia juga tahu bahwa Kei akan membawanya kembali ke kehidupan. Either way episode berikutnya adalah MEMORY in CHILDREN 3/3 yang hilang sebelumnya.

P.s. I lol’ed at the kitkat ads.

Natsume Yuujinchou Roku 8

pasted image 0 (2)

Etherlite

“There will be more tears to come.” “Those things, when the day comes, I’ll just drive them away.” It’s a bittersweet episode, portraying another level of interracial relationship. Mungkin ini episode yang paling tepat digambarkan oleh lagu endingnya.

Saekano 8

pasted image 0 (3)

Etherlite

Best Katou episode. It’s kind of ironic how she didn’t harbor any feelings for Tomoya even though they are closer than the other girls…. or did she?

Tsuki ga Kirei 8

pasted image 0 (4)

Etherlite

1st base clear! Selain itu not much to say. it’s best if it ends happily, but this is first love after all, so…

Shingeki no Kyojin 35

pasted image 0 (5)

*Ehm*

Etherlite

Yaa, Ymir-nya keburu sinting juga. Melihat preview episode depan sih masih ada harapan bisa disadarkan sama Christa, tapi fingers crossed deh. Also I lol’ed karena di akhir episode ada yang mengibarkan death flagnya sendiri.

FGO

screenshot_2017-06-02-19-48-00-206

Signum

Kenapa Ishtar tetap nggak dateng ke papa, udah ngabisin semua tiket (untungnya common sense masih nabungin quartz buat summer) tapi tetap yang datang archer aneh macem Tawara Touta. Udah NP 5 pula jadi langsung masuk burner. Mengenai event Rashomon rerun, it really felt good to finally pay her back. Tahun lalu saya kesusahan melawan Ibaraki dengan HP 6 juta, bisa ngurangin sampai 4,5 juta saja sudah untung. Itu juga kalau selamat. Tahun ini untungnya tim saya mendapatkan boost yang jauh lebih tinggi dari tahun lalu, entah kenapa melawan Ibaraki 6 juta rasanya jadi benar-benar seperti ngebully anak kecil.

GBF

18893471_1714461765238358_8907700576293275331_n

Signum

Karena banyak ngurusin F/GO, saya nggak banyak main GBF selain daily hard raid dan beberapa magna iseng di minggu ini. Tapi saya sangat menunggu-nunggu datangnya event baru Idolmaster. KARENA SHIKI!

Sekian JOI Spotlight yang utamanya untuk minggu kemarin ini. Sisi positif dari rubrik yang tidak menggunakan hari sebagai judul adalah publikasinya jadi mudah digeser-geser.