Pasar Game Jepang Capai 1,38 Triliun Yen, Pecahkan Rekor

June 9, 2017 14:43
Pasar Game Jepang Capai 1,38 Triliun Yen, Pecahkan Rekor

Pada hari Kamis kemarin Kadokawa telah mempublikasikan Famitsu Game Hakusho 2017, sebuah laporan mengenai tren industri game domestik dan internasional. Terungkap bahwa industri game domestik Jepang telah mencapau 1,38 triliun Yen di tahun 2016, sementara nilai pasar dari industri game global telah mencapai 8,99 triliun Yen.

trend sales penjualan pasar game

Warna krem di grafik di atas merepresentasikan penjualan game online untuk mobile dan PC, dimana platform tersebut terus tumbuh tiap tahunnya. Warna biru menunjukkan penjualan konsol yang terus turun tiap tahunnya dan warna merah menunjukkan penjualan game konsol yang juga terus turun pada dekade kemarin.

Nilai pasar dari konsol rumahan (dan game mereka) dari tahun 2015 ke 2016 turun dari 360,2 milyar Yen ke 344 Milyar Yen. Sementara, game mobile dan PC naik dari 998,9 milyar Yen ke 1,0361 triliun Yen, pencapaian satu triliun ini merupakan sebuah rekor.

Pertumbuhan aplikasi game sendiri sudah mencapai 969 milyar Yen. tumbuh sebesar 4,4% dari tahun lalu, pertumbuhan ini sudah jauh melambat dari pertumbuhan 30% dari tahun lalu. Dari sebuah survey, dikonfirmasi bahwa dari 44,5 Juta gamer Jepang, sekitar 20 Juta pemain secara ekslusif bermain game mobile saja.

Secara global, game ritel turun penjualannya, sementara penjualan secara digital naik 10%. Pasar game ritel (fisik) besarnya adalah 1,15 triliun Yen sementara game digital (yang dibeli lewat online store platform tersebut) telah mencapai 7,84 triliun Yen.

Singkatnya, sama dengan semua produk media dan konten lainnya, penjualan fisik terus turun dan penjualan digital terus naik akibat mudahnya akses terhadap jasa tersebut. Hampir setengah dari gamer Jepang juga secara eksklusif memainkan game mobile, jadi untuk kalian yang berharap game gacha meredup, kalian harus menunggu lebih lama.

Sumber: ANN
Header: Akihabaralist